Petisi Turis Untuk Suara Ayam Berkokok

238

Who’s saying “Wake me up when September ends?”

Turis Bali. 
Yang ngerasa keganggu banget sama suara ayam berkokok yang bunyi mulu ‘Kukuruyuk…” Dan bangunin mereka setiap pagi.
 
Lah????
Yoi, guys. Kalau kita mah dengar suara ayam berkokok pagi-pagi tuh biasa aja yekan. “Ohh udah pagi nih berarti,” gitu. Kalau bangun ya bangun, kalau nggak ya udah tidur lagi. Nah tapi bule di Bali ternyata culture shock sama hal ini, guys. Iya, menurut mereka suara ayam berkokok tuh annoying banget. Genggeus, berisik. Dan mereka keberatan sama adanya suara ayam berkokok ini. Ending-nya, seorang WNA asal Rusia pun akhirnya mulai bikin petisi dan kemudian disetujui sama belasan turis lainnya yang punya concern yang sama terhadap si ayam ini, gengs.
 
So it all started with…. Ayam?
Iya. Jadi si bule Rusia yang nggak diketahui namanya ini barengan sama turis lain tuh kan liburan nginap di salah satu homestay di Badung kan. Nah di sekitaran homestay itu, emang ada beberapa warga lokal yang pelihara ayam, gengs. Dari situ, ayam punyanya si tetangga homestay inilah yang dipermasalahkan sama para turis ini, gengs. Nggak tanggung-tanggung, petisi itu kemudian mereka ajukan ke Kantor Camat Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Si bule Rusia tadi bahkan datang langsung ke kantor camat dan curhat menyampaikan keluh kesahnya terkait suara ayam berkokok tadi. Laporan itu sekarang udah diproses sama Kantor Camat Kuta Selatan, di mana berdasarkan laporan tersebut, pihak Kecamatan Kuta Selatan bakal melakukan mediasi ke para bule sama tetangga yang punya ayam. Rencananya mediasi itu bakal dilakukan hari ini banget nih.
 
It’s kinda funny tho….
Wait until you hear about salah satu turis namanya William asal AS nuduh si yang punya ayam tuh sebagai pelaku judi alias sabung ayam :))). William ini sendiri sih katanya udah tinggal di sana selama empat tahun, makanya dia bisa sampe nyebut kalo si pemilik ayam tuh suka melakukan sabung ayam. Bahkan, si Mr William ini sampe nawarin uang 500 ribu rupiah ke si yang punya ayam. Terus, William juga bilangnya doi udah ngadu ke pemilik homestay
Advertisement
, Made Yadnya, and he will take care of it. Kayak, “Gue udah bayar mahal nginep di sini jadi nggak nyaman gini sama suara ayam. Yang bener aja,” gitu guys kira-kira. In that sense, William berharap ayam-ayam itu bakal dipindahin.
 
Terus si ayam gimana, tuh? 
Ayamnya sih nggak kenapa-napa kok, guys. Tapi, si pemilik ayam, Bli Wayan Agus Juli cuek bebek alias bodo amat alias nggak peduli tuh sama komplain dari para bule-bule itu. Bli Agus bilang kalo dia sih nggak mau banget ya buat mindahin ayamnya itu. Dia ngerasa dia lahir dan besar di situ, kok, jadi dia ngerasa lebih berhak dong. “Saya sih nggak peduli ya, orang kakek nenek saya udah dari zaman Belanda di sini,” katanya. Lebih jauh, Bli Agus juga bilang sebelumnya juga udah pernah dikomplain soal suara ayamnya gini sama bule Amerika pada 2020. Ya tapi, Bli Agus bodo amat juga sih soal keluhan itu.

 
Wkwkwkw. Anything else I should know? 
Fyi makin ke sini banyak pihak emang ngerasa keganggu sama kelakuan dan tingkah turis di Bali yang semakin meresahkan ini, gengs. Kayak berkendara pakai motor ugal-ugalan, pakai bikini atau shirtless nggak tau tempat, bersikap disrespect di tempat suci, sampai berbagai keonaran lainnya yang bikin rolling eyes, “Duh, here we go again.” Nah menyikapi hal ini, Dinas Pariwisata Bali menyebut mereka bakal terus koordinasi buat menertibkan turis-turis ini bareng kepolisian, dan baliho isinya imbauan dalam berbagai bahasa pun bakal dipasang biar bule-bule itu pada baca dan ngikutin ketentuan yang ada. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.” Eheheheheh.
Advertisement