Kemenperhub Resmi Buka Program Mudik Gratis

186

When you really can’t wait to go Mudik this Lebaran….

Ada Mudik Gratis, guys.
Serius. Combo nggak tuh happy-nya? Udah happy bakal ketemu dan ngumpul sama sanak saudara dan family di momen lebaran, ditambah perjalanan kamu kesananya tuh gratis, gengs. Yep, kemarin banget nih, Kementerian Perhubungan resmi membuka pendaftaran Program Mudik Gratis yang bisa kamu ikutin, guys.

WHOAAA SERIOUSLY??
Iya. Dari data yang udah dihimpun Kementerian Perhubungan, di wilayah Jabodetabek tuh ada 18,3 juta penduduk yang diperkirakan bakalan melakukan Mudik Lebaran tahun ini, di mana kalau diliat lebih jauh nationwide nih, orang-orang yang mau mudik bakalan pake mobil atau motor. Iya, secara spesifik, ada 27,32 juta penduduk yang diperkirakan bakalan mudik pake mobil terus 25,13 juta penduduk lainnya bakalan pakai motor. Nah berdasarkan perkiraan ini, Kementerian Perhubungan pun mikir, “Kalo gini ceritanya selain ruas-ruas jalan tol jadi rame dan macet nggak ketulungan, angka kecelakaan juga (amit amit) bakalan tinggi. Harus dicegah nih,” gitu.

Sooo….
That’s when Kementerian Perhubungan comes up with the idea of Mudik Gratis. Disampaikan oleh Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Suharto, pihak Kemenhub bakal menyiapkan sebanyak 585 unit bus buat memberangkatkan penumpang ke berbagai destinasi kampung halaman mereka dan 30 unit truk buat mengangkut sebanyak 900 unit motor ke destinasi pemudik itu juga. Nggak tanggung-tanggung, Suharto menyebut Kemenhub udah mengalokasikan dana sebesar Rp20 miliar buat kebijakan ini.

Kemana-mana aja itu emang?
Masih dari keterangannya kemarin, Pak Suharto menyebut ada 28 kota yang jadi tujuan Program Mudik Gratis tahun ini. Mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan kota lain di Sumatera. Kalau Jawa Barat tuh ya kayak Cirebon, Tasikmalaya. sama Garut. Terus di Jawa Tengah dan DIY tuh banyak banget, di antarannya, Tegal, Pekalongan, Pati, Blora, Klaten, Magelang, dan of course, Semarang dan Yogyakarta. Terus di Jawa Timur bus itu bakalan berhenti di Tuban, Madiun, Tulungagung, dan Surabaya. Bahkan ke Sumatera juga, tepatnya ke Lampung dan Palembang.
Advertisement

OMG so excited…
Nah jadi kalau kamu mau mudik ke kota yang disebutkan di atas, kamu bisa langsung daftar aja guys yang udah dibuka mulai dari kemaren sampai 14 April mendatang. Caranya kamu cukup install aplikasi dari Kemenhub namanya Mitra Darat terus langsung ikutin aja semua petunjuk di situ. Terus abis itu verifikasi, udah deh… kamu udah bisa ikut mudik gratis! Nah tapi kalo mau ikutan, kamu harus gercep karena ada kuotanya sebanyak 24.072 orang, dan pendaftarannya bakal ditutup once kuotanya udah terpenuhi.

Terus buat baliknya?
Nah soal itu juga. Kalau kamu mau sekalian pulang pergi lewat program ini, kamu juga kudu mendaftar bersamaan ketika kamu daftar buat mudik, guys. Dengan catatan tujuan balikmu harus sama dengan tujuan mudik. Oya, kamu juga harus aware kalau kuota 24 ribu orang itu dibagi 18 ribu buat mudik, sisanya 5 ribuan buat yang balik. Unit busnya 585 itu juga dibagi lebih banyak buat yang mudik, jadi kalau kamu mau sekalian balik pake program ini juga, kamu harus daftar dan verifikasi. Karena kalau nggak, spot-mu bakalan digantikan sama orang lain, guys.


Got it. Anything else I should know?
Btw Mudik tuh emang jadi momen yang ditunggu-tunggu yekan, kumpul keluarga di kampung halaman tepat di momen hari raya gitu yekan. Makanya banyak banget orang-orang di Indonesia, yang emang banyak banget perantau, pada rame-rame mudik. Tahun ini, jumlah Pemudik diperkirakan meningkat 14% dari tahun lalu dengan perkiraan 123,8 juta orang seluruh Indonesia. Nggak cuma via darat, via udara juga. 400 unit pesawat udah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan mudik orang-orang.
Advertisement