Keluarga Pejabat Flexing Harta, Presiden Rusia & Presiden China Bertemu, Perayaan Hari Raya Nyepi 2023, Indonesia Memiliki Sugar Daddy Terbanyak Kedua di Asia

329

Good morning

Hello there. Hope you had a great day off yesterday. Now if you are fasting, remember to take it slow. Have a rest, limit any harsh physical activities, and focus on doing good deeds, one step at a time. Happy blessed Ramadan ❤️

Here’s your A to Z recap on: Keluarga Pejabat Flexing Harta…..

Sampai Pejabatnya Dinonaktifkan.
Yoi guys. Nggak kelar-kelar deh urusan pejabat negara flexing di media sosial tuh ya, guys. Setelah kemarin yang diributin orang-orang dari Kementerian Keuangan mulu, sekarang giliran Kementerian Sekretariat Negara yang kena. Yep, tepatnya Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, atas nama Esha Rahmanshah Abrar. Atas kejadian ini, Esha akhirnya dicopot dari jabatannya.

Tell. Me. Everything. 
Sure. Kamu pasti masih inget kan gimana ceritanya harta kekayaan eks Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan II Kementerian Keuangan yang banyak dan nggak wajar itu bisa kebongkar? Yep, salah satunya adalah gara-gara anaknya, which is none other than Mario Dandy Satriyo yang juga tersangka penganiayaan sering banget flexing di media sosialnya, guys. Foto sama Harley lah, foto sama Rubicon juga ada, dan akhirnya..   Boom! Sekarang harta kekayaan Rafael jadi diusut sama Komisi Pemberantasan Korupsi aka KPK.

Terus terus?
Nah terus, setelah ribut soal flexing harta kekayaaan yang dilakukan pegawai Kementerian Keuangan, ternyata bukan cuma pegawai di kementerian pimpinan Bu Ani ini aja guys yang sering flexing sana-sini mamerin harta kekayaannya, tapi pegawai di kementerian lain juga. So now, everybody meet: Esha Rahmanshah Abrar. Esha ini Kasubbag Administrasi Kendaraan Biro Umum di Kementerian Sekretariat Negara. Namanya mulai ke-up ke publik ketika istrinya, Olivia, flexing harta kekayaannya mulai dari mobil mewah, pakaian mewah, rumah mewah, terus emas batangan, dll which nggak sesuai juga sama profilnya Esha.

HEM….
Segala kepemilikan barang mewah yang dipamerin istrinya Esha di media sosial tuh dinilai ngggak match sama profil Esha yang cuma pegawai golongan IV/a dengan gaji pokok tiga sampai lima juta aja. Hal ini bikin publik bertanya-tanya lagi dong, emang dari mana harta kekayaannya selain gaji pokok dan tunjangan. Nah setelah dicek di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, nama Esha Rahmanshah Abrar nggak ada di situ, guys. Iya, status Esha sebagai Aparatur Sipil Negara dengan golongan IV/a emang belum wajib melaporkan harta kekayaannya ke KPK.

Terus gimana dong? 
That being said, instansi tempat Esha bekerja which is Kementerian Sekretariat Negara langsung turun tangan dong. Disampaikan oleh Kepala Biro Humas Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto, pihaknya bakalan menggandeng KPK sekaligus juga Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan aka PPATK buat cari fakta dan data yang komprehensif terkait harta kekayaannya Esha. Hal ini juga sekaligus biar bisa ditindaklanjuti perolehan hartanya, di mana nanti hasilnya bakalan diumumin ke publik. In his words, Pak Eddy bilangnya, “Kemensetneg akan mengumumkan hasilnya ke publik sebagai komitmen kami untuk mendukung pemberantasan KKN dan praktik-praktik yang bertentangan dengan hukum,” katanya gitu.

Jadi gitu doang? 
Nggak dong. Selain menggandeng KPK dan PPATK, dalam kasus ini Kemensetneg tuh juga punya timnya sendiri guys, semacam tim verifikasi internal gitu untuk cari tahu harta kekayaannya Esha dan ASN lain di lingkungan Kemensetneg. Nah bersamaan dengan itu, Esha juga udah dinonaktifkan dari jabatannya secara sementara, tapi sampai sekarang masih berstatus sebagai ASN. Yha kayak Rafael kemaren sih kasusnya. Adapun keputusan nonaktif ini juga supaya proses verifikasi yang tadi diomongin bisa lebih mudah dan cepat. Nggak cuma itu, Kementerian Sekretariat Negara juga minta maaf sama masyarakat Indonesia atas kegaduhan dan ketidaknyamanan ini.

Ok anything else I should know?
Btw balik lagi ke masalah flexing alias pamer harta yang dilakukan para pejabat, ternyata belakangan ini emang banyak banget pejabat dan keluarga pejabat yang flexing dengan gaya hidup mewah dari berbagai instansi pemerintahan. Dan hal ini yang jadi concern Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam satu kesempatan di salah satu stasiun TV, Bu Ani bilangnya pamer gaya hidup mewah kayak gitu tuh nggak pantas dilakukan, secara masyarakat belum sepenuhnya pulih dari COVID-19, maka, “Kesadaran dan moralitas pribadi juga penting,” kata Bu Ani gitu.

Who just had the most anticipated meeting?

Russia’s and China’s presidents.
Iya ni guys, kayak ketemunya kamu sama mantan kamu yang udah laaaama ga kontekan, ketemunya Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow hari Senin kemarin jadi most anticipated banget by orang-orang. Secara, Jinping jadi presiden pertama yang mengunjungi Rusia sejak Putin dapet surat perintah penangkapan dari Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

HAH? Mau ngapain? 
Silaturahmi aja mo puasa. EHEHEHE ga deeeng, tapi iya guys, pertemuan ini dilakukan sebagai bentuk eratnya hubungan kedua negara. Hal ini disampaikan oleh Presiden Jinping sebelum berangkat ke Moskow, di mana beliau bilang bahwa emang sejauh ini hubungan Rusia dan China makin dekat dan kompak.

Schweeet… terus mereka ngapain aja?
Well, Xi Jinping sendiri kan tiba di Moskow pada Senin sore kemaren, terus doi langsung tuh ketemu empat mata sama Putin secara casual. Ngobrol-ngobrol santai aja sih katanya, tapi ya tetep sambil bahas-bahas isu dunia termasuk konflik di Ukraina. Baru deh Selasa pagi Xi ada pertemuan pagi sama Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin, yang katanya bakal jadi pembicaraan yang panjang. Di akhir kunjungannya, Xi dijadwalkan menghadiri makan malam kenegaraan Granovitaya Palata di Istana Kremlin.
 
Tell me more. 
You got it. Layaknya pertemuan bilateral pada umumnya, Xi bilang bahwa China dan Rusia itu share the same values. “Kita punya tujuan yang sama, upaya memakmurkan negara masing-masing dan kerja sama buat mencapai tujuan kita,” gitu ceunah kata Xi ke Putin. Xi juga bilang kalo China sangat menghargai hubungan baiknya dengan Rusia, apalagi kalo keduanya bisa kerja sama memenuhi tujuan pembangunan mereka. Xi juga bilang soal dukungannya buat Putin supaya terpilih lagi jadi presiden Rusia untuk periode kelimanya. FYI, so far Putin emang udah menjabat jadi Presiden Rusia selama 16 tahun. Ehm, jadi nggak heran deh kalo Xi sangat mendukung Rusia, wong dia juga jadi presiden terlama China yang baru masuk ke periode ketiga HEHEHE..

Bestie
 banget, nih? 
Mayan deh, guys. Xi sama Putin aja nyebut sama satu lain dengan sebutan “Dear Friend”.  Pokoknya, hubungan Xi dan Putin tuh makin erat sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Kamu juga perlu tau bahwa China jadi salah satu negara besar yang sampe sekarang nggak mengecam agresi ke Rusia soal konfliknya dengan Ukraina. Sejauh ini, China tuh bilangnya kayak, “Plz Rusia menahan diri, atau menolak kekerasan,” tapi ngga pernah yang mengecam banget gitu loh. Bahkan menjelang setahun invasi Rusia-Ukraina, China tiba-tiba aja ngerilis proposal untuk mendamaikan kedua negara. China juga makin getol buat jadi mediator perdamaian antara Rusia dan Ukraina. Makanya, proposal damai ini juga jadi salah satu topik penting dalam pertemuan keduanya.
 
Now, back to the meeting…
OK. Jadi guysmeeting ini dinilai strategis banget secara keduanya adalah tokoh kuat yang punya love-hate relationship sama dunia Barat. Terus, kunjungannya juga dilakukan pas Putin lagi super pusing sama berbagai drama dalam hidupnya belakangan ini. Mulai dari invasinya ke Ukraina yang dinilai ngga berjalan sesuai rencana, dikenain sanksi sama banyak banget negara pula, dan ehh ditambah dikasih surat penangkapan sama ICC.

Can imagine…
Ya kan? Terus, dateng deh Xi Jinping yang bilang kalo Putin itu teman baiknya. Apalagi, dua-duanya punya background yang sama, pemimpin otoriter yang sama-sama pengen melawan dominasi Amerika Serikat. Makanya, mereka berdua cocok banget tuh. Xi sama Putin sih sama-sama berharap mereka bisa segera menandatangani kesepakatan soal penguatan kemitraan komprehensif antara kedua negara. Terus juga, kunjungan Xi ke Rusia kan jadi simbol dukungan yang tegas buat Rusia, terutama ketika Putin lagi berada di bawah tekanan. Basically, mereka sama-sama anti-Barat, yang bikin keduanya makin ngerasa, “Eh kita punya lawan yang sama, nih.”
 
So, it’s a good sign? Or nah? 
Not really, gengs. Biarpun Xi Jinping bilang kalo Rusia tuh sohibnya banget, tapi China masih nggak mau ngirim bantuan militer langsung ke Moskow, karena takut memicu sanksi dari negara Barat ke perusahaan China. Jadi, walaupun mereka bilang kedua negara deket banget, di satu sisi China masih mendahulukan kepentingannya. Terus juga, sebenernya nggak ada yang tau bener-bener soal motif kedekatan keduanya. Soalnya kalo kata pengamat Stephen McDonell, Xi yang ujug-ujug dateng ke Moskow dan bilang kalo bersedia menengahi konflik antara Rusia dan Ukraina jadi ngingetin waktu Xi juga pernah menengahi kesepakatan Iran dan Arab Saudi. Setelah itu, Iran sama Saudi jadi kembali punya hubungan diplomatik, deh. Kalo emang ini bener-bener berhasil, otomatis reputasi Xi bakal makin melejit dong.
 
I believe the United States has a say.. 
Pastinya. Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby sih minta Xi buat mendesak Putin untuk menarik pasukan dari Ukraina, berhenti ngebom rumah sakit dan sekolah dan yang pasti menghentikan kejahatan perang.  Tapi at the same time, Kirby juga takut kalo China malah mengulangi seruan untuk gencatan senjata.

Anything else? 
Ternyata diem-diem, Putin tau banget nih makanan kesukaannya Xi. Soalnya, Putin selalu nyiapin es krim buatan Rusia buat Presiden Xi. Katanya sih, Xi doyan banget tuh es krim. Ini bukan yang pertama kali, sebelumnya pengusaha China kan ngasih tau ke Putin kalo es krim Rusia tuh popular di China. Eh, waktu Putin ke Beijing pada 2016, doi bawa es krim sebagai hadiah buat Xi Jinping. Terus juga, pada 2019, waktu mereka berdua ketemu di Dushanbe dalam sebuah acara, Putin tiba-tiba mengunjungi tempat nginepnya Xi dan ngasih hadiah ulang tahun berupa sekotak es krim. AAAAAAAAAA, SO SWEET
Advertisement
, deh.

When things were so quiet…..

In Perayaan Hari Raya Nyepi 2023.
Once again, Selamat Hari Raya Nyepi for all those who celebrate it! Di tengah sunyinya Nyepi yang diperingati di Bali dan Indonesia, here we bring you full recap of what happened yesterday. Mulai dari seluruh rangkaian Nyepi, sampai orang-orang yang liburan di hari kejepit ini, guysLeggooooo….

Tell me. 
Olrait. Minggu ini happy banget yah, alias banyak tanggal merahnya ehehehehe. Adapun tanggal merah yang pertama jatuh kemarin, tepat di hari Raya Nyepi, sama hari ini, in the beginning of Ramadan juga ada Cuti Bersama. Whether you go to work or not today, but here’s some information you don’t want to miss. Yep, kita bahas satu-satu yah, dari rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi yang terjadi kemarin di Bali, di mana mayoritas umat Hindu di Indonesia adanya di sana, dan di seluruh penjuru negeri in general.

Gimana Nyepi kemaren? 
Ya sepi, guys. Well, as we all know perayaan Hari Raya Nyepi tuh berlangsung selama 24 jam kan, terhitung dari dari jam 6 pagi tanggal 22 kemarin, sampai jam 6 pagi tadi, guys. Masyarakat yang ada di Bali secara keseluruhan diminta untuk nggak melakukan aktivitas di luar rumah. Nggak boleh ada keributan, nggak boleh ada yang kerja, bahkan nggak boleh ada lampu. Semuanya kudu hening dan menjadikan momen Nyepi ini sebagai momen buat merenung dan introspeksi diri gitu deh.

Bandara juga tutup dong? 
Yoi. Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga tutup selama 24 jam waktu Hari Raya Nyepi berlangsung kemarin, guys. Cuma ya gitu, disampaikan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu bakalan tetap beroperasi untuk keadaan darurat, kayak pendaratan dan keberangkatan darurat, yang gitu-gitu. Makanya, 160 petugas pun tetep stand by. Nggak cuma itu, jalan tol juga tutup, guys. Contohnya di Tol Bali Mandara yang tutup selama 32 jam terhitung dari Selasa malam kemarin sampai hari ini baru dibuka lagi.

Berarti beneran se-strict itu ya?
Emang. Bahkan ada berbagai petugas dari berbagai lembaga masyarakat yang keliling gitu buat berjaga, namanya Pecalang. Kenapa sampai dijaga se-strict itu, ya biar objektif dari Nyepi ini sendiri untuk merenung dan intropeksi diri tadi tuh bisa tercapai secara maksimal, guys, Dan hal ini berlaku buat seluruh masyarakat yang ada di Bali, termasuk para turisnya juga. Jadi kalau ada yang melanggar, yha bakal dikenakan sanksi adat sama Pecalang-Pecalang ini. Sanksinya juga macem-macem, kayak minta maaf sama warga misalnya, dll.

Talking about
 Pecalang waktu Nyepi…
Kamu harus tahu nih guys kalau Pecalang aka petugas yang mengamankan Perayaan Nyepi tuh nggak datang dari Umat Hindu aja. Kayak di Kabupaten Buleleng misalnya, Pecalangnya tuh juga ada yang berasal dari Banser-nya Nahdlatul Ulama, gengs. Yep, di Kabupaten Buleleng, sebanyak 200 personel Banser NU dikerahkan buat membantu mengamankan perayaan Nyepi di sana, dan tersebar di sejumlah desa. Terus Pecalang yang umat Hindu-nya juga bantu-bantu mengamankan salat Tarawih yang digelar kemarin. Pokoknya mereka saling koordinasi dan saling bantu deh. Ketua Pasikian Pecalang Buleleng, Made Mudita juga bilangnya, “Kami ini saudara. Sesama manusia saling membantu. Saya bangga Banser bisa membantu kami meskipun berbeda agama,” katanya gitu.

Now tell me about
 hari kejepit…
Well, kayak yang tadi dibahas, minggu ini tuh happy banget since we’re having Hari Kejepit kan ehehehe. Nah dari sini akhirnya banyak dong orang-orang yang meninggalkan Jabodetabek, khususnya yang pakai kendaraan pribadi. Jasa Marga sendiri bilangnya bakalan ada sebanyak 899 ribu kendaraan yang melintas meninggalkan Jabodetabek dari hari Selasa kemaren sampai puncak arus balik di hari Minggu ntar. Banyak banget kan kedengarannya 800 ribu, yha karena angka itu emang merupakan angka kumulatif dari kendaraan yang melintas di empat gerbang tol utama, gengs. Kayak Gerbang Tol Cikupa yang ke arah Merak, Gerbang Tol Ciawi yang ke arah Puncak, Gerbang Tol Cikampek Utama yang ke arah Trans Jawa, sama Gerbang Tol Kalihurip Utama yang ke arah Bandung.

I see…..
The same also goes on jalur kereta. Disampaikan oleh Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunnisa, kemaren tuh tercatat ada sebanyak 19.700 orang yang berangkat dari Jakarta pake kereta, guys. Di mana 11 ribu orang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 8 ribuan lainnya berangkat dari Stasiun Gambir. Jumlah ini diketahui meningkat sebesar 50% kalau dibandingkan hari Rabu biasanya, kalau kta Mbak Eva. Terus, arus balik sendiri bakal terjadi di hari Minggu dan Senin nanti guys, Mbak Eva sih bilangnya diperkirakan sekitar 20 ribu penumpang bakal tiba.

Got it. Anything else?
Btw, Hari Raya Nyepi tahun ini tuh juga bawa berkah buat 1.466 narapidana yang beragama Hindu guys, secara mereka dapat remisi hari raya juga dari Kementerian Hukum dan HAM. Secara spesifik, Koordinator Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti bilangnya sebanyak 1.463 narapidana dapat RK 1 aka pengurangan masa tahanan sebagian, sedangkan ada juga tiga orang yang langsung dapat RK II alias bebas kali ini. Rika sih bilangnya narapidana yang dapat remisi khusus ini udah memenuhi syarat substantif dan administratif, di mana ke depannya harapannya mereka bakal jadi manusia yang lebih baik lagi, dan bisa jadi bekal buat ntar waktu udah kembali ke masyarakat.

When people keep asking, “Om, beliin iPhone dong om?

To their sugar daddies,
Yang jumlahnya banyak banget itu.
Serius. Menurut survei oleh situs dating Seeking Arrengement, Indonesia tuh memiliki sugar daddy terbanyak kedua di Asia. Tau kan sugar daddy itu apa? Itu lho, pria berumur ehm kinda om om yang butuh temen dan rela ngeluarin duit buat biayain “temen”nya, atau bisa disebut sugar baby. WEW, is it an achievement? Kalo menurut survei per 2021 oleh situs kencan SeekingArrengement, jumlah sugar daddy di Indonesia tuh bisa mencapai 60.250. Gokil. Banyak banget nggak tuh? FYI, angka ini tuh mencakup 61 persen dari total 556.000 sugar daddy di 10 negara.  Sementara itu posisi tertingginya ditempati sama India, which is sebanyak 338.000. Setelah Indonesia, posisi ketiga ditempati sama Malaysia (42.500), Jepang (32.500), Hong Kong (28.600), Taiwan (27.300), Vietnam (12.000), Korea Selatan (7.000), Sri Lanka (5.000) dan Kamboja (3.500). Kok bisa sih sampe sebanyak itu? Kalo menurut sumber data yang sama, mostly negara dengan sugar daddy terbanyak itu punya penetrasi pendidikan tinggi. Misalnya aja Malaysia yang punya utang sebesar US$ 9,37 miliar (RM39 miliar). Sama juga kaya Jepang dan Korea Selatan. Tapi, pennyebab lainnya adalah kesenjangan antara si kaya dan si miskin, yang bikin banyak wanita nyari pria yang lebih tua buat menghidupi mereka. Terus juga, masuknya investor asing yang bikin bisnis di negara berkembang bikin kemungkinan makin banyak sugar daddy sugar daddy baru di negara tersebut.

“Buka puasa bersama pejabat dan pegawai pemerintah ditiadakan!”

Gitu guys bunyi arahannya Pak Presiden Joko Widodo buat para pejabat pemerintah di Bulan Ramadan tahun ini. Adapun arahan itu tertuang dalam aturan Seskab dan udah ditandatangan pula. FYI, aturan ini tuh ditujukan buat segenap pejabat, mulai dari menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri dan kepala badan/lembaga.

When suddenly you want to be pejabat and pegawai…

Announcement


Thanks to Raga for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Have a headache? This is how you should sleep.
Advertisement