Indonesia Batal Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

240

What is canceled?

Our country, Indonesia. 
Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Yep
. Kamu nggak salah baca. We’ve arrived at the end of the topic, everybody. War is over. Semalem banget nih, FIFA akhirnya mengumumkan bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

WHATTTT???
Well well well, kamu pasti udah tahu kan kalau belakangan ini, masyarakat negara +62 tuh ribut banget ngomongin soal Piala Dunia U-20 yang harusnya bakal digelar di Indonesia Mei mendatang. Adapun yang diributin tuh soal salah satu pesertanya, guys. Yep, the one and only, Israel. Keikutsertaan Timnas Israel yang merupakan satu dari 24 peserta timnas di event FIFA kali ini tuh rame banget ditolak berbagai kalangan mulai dari ormas yang melakukan aksi unjuk rasa, sampai partai politik dan pejabat publik mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Gubernur I Wayan Koster bahkan tegas menolak Timnas Israel datang dan tanding di wilayahnya dan ended up FIFA ngebatalin drawing aka pengundian pembagian grup yang harusnya digelar 31 Maret besok di Stadion I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Okay…..
Saking ramenya penolakan ini sampai FIFA ngebatalin agenda begitu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga barengan sama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia aka PSSI pun langsung gercep mencoba mengatasi masalah ini kan. Jadi, Kemenpora tuh langsung melakukan komunikasi sama FIFA dan coba kasih alternatif kayak waktu penyelenggaraannya dimundurin, dll. Ketua PSSI Mas Erick Thohir juga bahkan sampai terbang langsung ketemu sama Presiden FIFA, Gianni Infantino supaya ada solusi terbaik. Nah, waktu Mas Erick ketemu sama Gianni Infantino di Doha, Qatar, FIFA came up with the toughest decision: Membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

WOW…..
Yes. Bukan sekadar satu agenda aja yang dibatalin guys, tapi secara keseluruhan Indonesia batal menjadi tuan rumah dalam event akbar sepakbola ini. And that’s it. That’s the end of the topic. Dalam keterangannya, Mas Erick bilangnya dia udah berusaha semaksimal mungkin. Udah cerita ke Mister Gianni apa yang dititipin Presiden Joko Widodo, fans sepakbola Indonesia, para pemain Timnas Indonesia U-20, dan supporter setia sepakbola. Cuma balik lagi, FIFA sebagai lembaga tertinggi sepakbola dunia dengan 211 anggota termasuk Indonesia yha nggak bisa dibantah. Dan Indonesia harus tunduk sama keputusan itu, kata Mas Erick.
Advertisement

Sampai batal jadi tuan rumah banget?
Emang nggak bisa dilanjut lagi, guys. Adapun dalam keterangan resminya, host country baru untuk Piala Dunia U-20 bakal segera diumumkan as soon as possible di mana date of tournament sampai saat ini still remains unchanged. Masih tetap bakal start di 20 Mei mendatang. Terus, meskipun batal jadi tuan rumah, FIFA commit tetap bakalan bantu assist PSSI terkait transformasi sepakbola Indonesia pasca-Tragedi Kanjuruhan yang terjadi 1 Oktober lalu. FIFA bakalan terus being present lah buat PSSI, dan FIFA sama PSSI juga bakalan terus koordinasi.

Ada sanksi ga tuh?

Nah soal itu juga. Dari kemaren kan emang kita ketar-ketir banget sama sanksi yang bakal dijatuhkan sama FIFA buat Indonesia kan, bahkan worst case-nya disebut Indonesia bakal dikucilkan di sepakbola dunia. Plus, kemungkinan nggak bisa tanding di SEA Games dan Piala AFF juga ada banget. Nah, dikonfirmasi langsung dalam keterangannya semalam, FIFA menyebut potential sanctions untuk PSSI dan Indonesia bakalan diputuskan nanti. So let’s see deh yah.


I believe anyone has a say?
Yep. Kalau kata Mas Erick Thohir selaku Ketua PSSI, kita kudu tegar, guys. In his words, Mas Erick bilangnya, “Saya minta semua pecinta sepak bola tetap dengan kepala tegak atas keputusan berat FIFA ini. Sebab saya berpendirian. Karena itu, ini saatnya harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras dalam transformasi sepakbola, menuju sepakbola bersih dan berprestasi.”


Sip deh. Anything else I should know? 
Guys, we need to talk about this. Marah ya udah marah. Kecewa ya udah kecewa. Tapi kalau diliat di media sosial, banyak banget netizen yang sampai bashing media sosialnya orang-orang yang kemaren obvious menolak keikutsertaan Timnas Israel dan berujung Piala Dunia U-20 jadi batal digelar di Indonesia, terutama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.  Always remember kata Mas Erick barusan untuk menghargai keputusan FIFA ini dengan tegar dan kepala tegak. Stay strong, everyone. We got this.
Advertisement