Friday Pause: To the moon and back 🌙

1144

Hello

How’s your second day of Ramadan? Are you get used to skipping your morning coffee by now? Well, one thing you should not skip whether or not you’re fasting is: our email and our podcast. Yep, from memes to tips and recs, all here! Let’s go!

For the love of Meme: Cats!


When you’re part of “Kesabaran Setipis Tisu Dibagi 10” Club….During this Ramadan.


How’s your Ramadan going so far, everyone? Gimana puasanya? Well, as we all know, namanya puasa tuh bukan soal menahan lapar dan haus aja yah, guys. But beyond that, puasa juga soal menahan hawa nafsu, menahan godaan, dan yang nggak kalah penting… Menahan amarah (Looking at u, orang-orang dengan kesabaran setipis tisu dibagi 10, ehehehe),
We got you, people. Manusia emang ada aja tingkahnya, dan sometimes we found it so difficult untuk sekadar hela nafas dan bilang sama diri sendiri, “Sabarrr. Lagi puasa.” Iya kan? Ehehehehe. Maunya langsung misuh-misuh, langsung ngomel, kalau perlu. Langsung teriak “AAAAAA!!!!!”
But that’s the beauty of fasting, guys. Emang harus ditahan-tahanin dan disabar-sabarin tuh selama sebulan penuh, biar ibadah kita juga makin afdol yekan ehehehehe.
But the question is, how?
Worry not, guys. Bukan Catch Me Up! dong namanya kalau nggak bisa kasih kamu tips menarik yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari, even in this Ramadan. Scroll down, kita bakalan bahas gimana caranya menahan amarah supaya kesabaran kamu bisa tebal setebal bed cover yang bakal menghangatkan hari-harimu. Leggoooo…..

  • Kenali situasinyaFirst of all, kamu mesti paham dulu situasi di mana, “Ni kalo begini ceritanya gue bakalan ngamuk dah.” Adapun situasi ini bisa diliat dari internal dan eksternal dirimu, guys. Eksternal, misalnya ketika orang lain pushing your hot button and you might not accept it, dan kemudian resonates with your inner self. Kayak jantungmu yang berdetak lebih cepat, dan nafasmu jadi nggak beraturan misalnya. Nah, kalau kamu ada di situasi kayak gitu, before you ‘explode’, kamu mending minggat aja dari situ, guysTake your moment alone, dan kendaliin dirimu.
  • Count 1 to 10. Masih nyambung sama yang atas. Orang-orang tuh punya caranya masing-masing untuk cool themselves down kan. Kayak hitung 1 sampai 10 misalnya. Serius, kalau kamu udah mulai mau marah nih, coba aja hitung satu sampai 10 dalam hati, sambil bilang, “Gapapa. Sabar, sabar. Gapapa kok.” Nah kalau udah hitungan ke-10, tarik nafas panjang terus hembuskan. Sepuluh detik untuk cooling down ini ampuh banget lo buat kamu untuk menahan amarah, gengs.
  • Exercise. Meskipun puasa, exercise nggak boleh ke-skip dong. Yang ringan-ringan aja, kayak jogging, jalan 10k steps, atau yoga perhaps? Yang harus kamu tahu adalah, exercise kayak gini nih bantu banget buat kamu me-reduce stressguys. Nah, once stress kamu juga udah ke-reduce, trigger kamu untuk marah-marah juga semakin berkurang dong. It’s up to you lagi sih anyways mau exercise di pagi hari or sore-sore sambil ngabuburit nungguin waktu buka eheheheh. Senyamannya aja.
  • Be creative. Kamu pasti tahu kan setiap orang tuh punya caranya masing-masing dan medium-nya masing-masing untuk melampiaskan rasa marah mereka. Ada yang harus sambil mukulin or mecahin barang kayak yang sekarang lagi hits, atau olahraga boxing sambil ninjuin samsak (Asal jangan orang beneran aja kamu tinju pls). Atau ada juga yang mencurahkan segala emosinya, termasuk rasa marahnya lewat tulisan, guysYep, we’re talking about those “Dear Diary” things yang menemani masa pubertas kita, or tulisan lain kayak puisi atau bahkan lagu. Dengan kamu mencurahkan segala emosimu di sana, once udah selesai tuh ada perasaan lega gitu loh yang bakal bikin perasaan kita jadi lebih baik, nggak marah-marah lagi, eheheheh.
  • Talk. Last but not least, salah satu cara yang ampuh untuk menahan dan meluapkan segala perasaan termasuk rasa marah yang ada di diri kita adalah dengan menyampaikannya langsung. Iya, sampaikan aja apa keluh-kesahmu, apa yang bikin kamu sampai ngerasa marah, tapi dengan catatan, sampaikan perasaanmu dengan tenang, without hurting anyone dan jelas. Dengan begitu, kamu juga bakal dapat perspektif baru yang bakal bikin kamu mikir, “Iya yah. Kenapa juga w harus marah yah.” Dengan begitu kedepannya kamu bakalan bisa lebih bijak deh menghadapi situasinya, jadi nggak marah-marah lagi.
  • Advertisement


Weekly recs, who ‘dis?

Welcome back again to your weekly recs! Yep, while fasting, you can always enjoy our cool tips from podcasts tips, books, anything! Let’s scroll down!

But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Buat yang mau baca novel tentang pertemanan yang penuh hikmah. Kamu bisa banget baca novel “Keajaiban Rezeki” karya Tasaro GK. Awalnya, aku juga ngira ini novel tentang keagamaan semua isinya. Ternyata nggak. Ini novel seru banget menceritakan tentang lima sekawan yang memiliki hobi dan kegiatan berbeda -beda tinggal satu rumah gitu. Setiap Sabtu malam, mereka selalu berkumpul ria. Cerita-cerita dari yang receh ampe serius. Setiap isi cerita di novelnya penuh hikmah banget deh. Kalau penasaran kalian boleh baca aja ya. (Wiwi Hartini)
  • Buat yang lagi kecewa sama manusia esp. patah hati, aku ngerekomendasiin buku “This Is Me Letting You Go.” Buku ini bikin kita belajar atas hal-hal tidak enak dihidup dengan kata-katanya yang menenangkan. 🙂 (Anonymous)
  • If you wanna learn about climate change from an alternative perspective, then consider reading “Prosperity Without Growth” by Tim Jackson. It encourages you to question why green growth might not be a solution for us. (Anon)
  • Rekomendasi vidio akun Youtube Fallexandro Ruby yang judulnya (DIBACAIN: Fokus Ke 1%, Dapet Hasil 300% — Atomic Habits (James Clear). Intinya buatlah kebiasaan-kebiasaan baik walaupun hanya 1% setiap hari. Dalam satu tahun, 1% itu bakal terkumpul & bakal bisa membuat kita 37 kali lebih baik daripada saat pertama kali kita memulai kebiasaan tersebut. Oiya, IG ku @fikrialdiansyah69
  • Buat yang sedang ngerasa that you don’t matter in this world, coba dengerin album “All The Worlds We Built” karya Vian Izak berisi songs that say you matter in a world that says you don’t… ada di semua platform populer, kok… Selamat mendengarkan!!! (Anon)
  • Akhir-akhir ini lagi suka dengerin podcast “Deep Talks with Introvert!” Berasa lagi diajak ngomong sama temen tentang keresahan-keresahan hidup di umur 20an, dan at the same time jadi reminder buat senantiasa ingat Allah 🙂 (Anonymous)
  • Our podcast! We’re talking about Dugaan Korupsi Bansos oleh Kuncoro Wibowo, Kesepakatan Baru AUKUS, dan PHK Meta. Leggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
“The best among you is the one who doesn’t harm others with his tongue and hands.”
 
-Prophet Muhammad-

Thank you note


No one bought us coffee today 🙁 

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement