Friday Pause: Beautiful life 🌻

425

Hello

Good morning! Did you have a great sleep last night? It’s Friday so remember that you can always take it slow. You can start by praying, meditating, and of course, listening to our podcast here. Have a great weekend!

For the love of Meme: Kalau bisa mah yang paling cepet….


When you’ve been always kalap tiap buka puasa…..Read this.

Halo orang-orang yang kalau ngeliat takjil semuanya pada dibeli. Halo juga orang-orang yang kalau buka puasa langsung penuh tuh piring sama semua makanan.
We got you. Setelah seharian puasa, waktu adzan Maghrib tuh kayak the moment of pembalasan gitu nggak sih di mana ngerasanya lapar banget dan haus banget jadi dimakan semuanya tuh apa aja yang ada di meja makan? Nah terus pas udah selesai makan, DUARRR kenyang banget tsay. Sampai nggak bisa ngapa-ngapain. Bahkan bilang ke temen gini, “Bentar ya guys turunin dulu ini makanan di perut.” Terus tunggu turunnya sampai satu jam kemudian WKWKWKW. Nah kalau begitu skenarionya, berarti ada yang salah sama cara makan kamu waktu buka puasa, guys. Well, we all do sih. But here we are to learn, dan as always, Friday Pause is time for some tips, termasuk tips gimana cara makan dan minum yang benar (Yes, ada caranya, guys), ketika berbuka puasa. Biar nggak kekenyangan terus ujung-ujungnya jadi rebahan dan skip ibadah lain.
Caranya gini nih:

  • Hydrate first. Yep, ketika azan Maghrib, satu hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu before anything else adalah minum, guys. Minum air putih kalau bisa mah. Karena dengan minum, cairan yang seharian udah hilang gara-gara puasa bisa ke-restore lagi, dan kamu pun bisa terhindar dari dehidrasi. Jadi minum 1-2 gelas air sebelum makan, jangan waktu lagi makan. Terus, hati-hati juga sama minuman manis karena di situlah gula dan kalori semuanya ngumpul.
  • Jangan lupa sayur. Karena dengan sayur, kebutuhan vitamin, mineral, sama serat kamu juga bisa terpenuhi, gengs. Cara penyajiannya bisa beda-beda sih, tergantung preferensi aja. Bisa dijadiin salad, jus, atau lauk di main course. Biar ga kekenyangan, pastiin porsi saladmu lebih sedikit dari main course yah. Biar masih ada space tuh di perut ehehehehe.
  • Karbo dan protein = Wajib. Who’s with me? Ya iyalah, kalo ngga ada karbo + protein  mah nggak kenyang ya, guys. Mulai dari masi, kentang, pasta, atau bahkan roti, you name it. Telor, daging-dagingan, susu, telur, yoghurt, apa pun deh. Cuma kamu kudu aware aja sama jumlahnya, guys. Jangan sampai berlebihan dan bikin kamu jadi nggak bisa masukin apa-apa lagi ke mulutmu ehehehe. Aturannya tuh gini, porsi makan buka puasa nggak boleh lebih dari porsi lunch atau dinner-mu biasanya.
  • Hindari lemak, gula, dan garam. Kalau bisa, waktu Ramadan kayak gini tuh coba untuk masak dan makan lebih sehat, guys. Bikin atau makan olahan yang direbus atau dikukus misalnya, jangan kebanyakan gorengan WKWKWK. Jangan lupa juga tuh buah biar ada gula alami yang masuk ke tubuhmu. Terus buat gantiin garam, coba pakai bumbu atau rempah-rempah lainnya aja, gengs. Makananmu bakal nggak kalah enak kok, dan pastinya lebih sehat juga.
  • Take it easy. Last but not least, satu hal yang harus digarisbawahi ketika makan buka puasa adalah: Santai. Take it easy. Jangan mentang-mentang laper terus makannya cepet banget kayak nggak makan setahun. Karena kalau kamu makannya buru-buru, yang ada malah pencernaanmu jadi terganggu, guys. Lambungmu bisa aja bermasalah karena makan buru-buru. Jadi ya udah, santai aja. Nggak ada yang mau ngambil makanan kamu kok ehehehehe.


Now, time for your weekly recommendations!

Hi and welcome again to your favorite weekly recs. Everything is here to make your weekend less dull. Let’s go!

But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini
Advertisement
). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Biar semangat menyambut weekend, coba deh dengerin albumnya Kai – Rover. Ini lagu sekali denger langsung nempel gak pake ngga. Every beat makes us dance. Hebat kalo gak goyang denger lagu ini. Coba tonton juga mvnya pasti akan tercengang melihat stage presence dari seorang Kai. Best wishes for the weekend!🥰 – nov
  • Mumpung bulan puasa nih, buat kamu yang ingin tahu dan belajar tentang sejarah Islam melalui podcast, bisa mampir ke podcast Islamic Histories di Spotify, guys! Ini udah banyak banget episodenya, tinggal pilih aja bahasan kesukaan kamu. Bisa sambil nemenin kamu di perjalanan berangkat ataupun pulang kerja lho, seru! 😊 (Anonymous)
  • Haiii, aku mau rekomendasiin platform media sosial yang akhir-akhir ini lagi aku gunakan terus. Aku gatau kalian semua udah tau atau belum. But, in case you didn’t know (kok kayak lirik lagu ya hahaha) buat kalian yang suka baca, kalian bisa nih gunakan aplikasi iPunas, aplikasi ini dimiliki oleh Perpustakaan Nasional RI dan disana kalian bisa menemukan banyak buku yang bisa kalian baca secara online FOR FREE, woaaah jadi buat kalian yang suka baca boleh dicoba nih. Aku sendiri sudah pakai dan se-worth it itu, guys~ cara daftar dan menggunakannya mudah banget dan pastinya bikin kalian bisa baca dimana saja! (Anonymous)
  • Hallo, aku mau rekomendasiin buku yang pas buat ngabuburead di bulan Ramadan. Ini buku ditulis oleh Nauman Ali Khan judulnya “Your Sin Is Not Greater Than God’s Mercy.” Pembahasan bukunya itu nyentuh hati banget. Sampe-sampe nangis (Anon)
  • If you’re searching for something to accompany you during Ramadan, I highly suggest checking out the Yaqeen Institute’s Quran 30 for 30 seriesThey offer daily reflections on the Qur’an, and this season’s focus is on the Quranic worldview. You can catch it daily at 6pm EST (or 5am WIB) (Anon)
  • Mau rekomenin buku yang abis baca bisa munculin rasa ‘mixed-feeling’, judulnya “Metamorphosis” karyanya Franz Kafka. Sampe saat ini, masih bingung kalo harus disuruh jelasin makna buku ini, plis banget jangan biarin gue bingung sendirian! (@zukhrifaaa)
  • Our podcast! We’re talking about Indonesia batal jadi tuan rumah World Cup U-20, Demo Prancis, dan dampak positif dan negatifnya kopi. Leggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“If you look at what you have in life, you’ll always have more. If you look at what you don’t have in life, you’ll never have enough.” 
 
-Oprah Winfrey-

Thank you note


Thanks to Arfiana, Hayati and Ana for buying us coffee today!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement