Cuti Bersama Lebaran Ditambah

228

When you’re sooooo ready to go Mudik…..

Wait until you hear about:
Cuti Bersamanya Ditambahguys.
 
Seneng nggak? Seneng dong. Secara Jumat kemarin nih, pemerintah resmi memperpanjang jadwal Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 2023 guys. Dari yang awalnya 21-26 April 2023, jadi 19-25 April. Yep, ditambah 1 hari tuh. Mayan banget kan….

For real????
Iya. Jadi walaupun Sidang Isbat untuk Idulfitri 2023 belum digelar, tapi perkiraan tanggal Hari Raya Idulfitri alias Lebaran tahun ini tuh udah ketahuan even dari awal tahun kemarin, gengs. Nah, hari pertama Lebaran 2023 sendiri diperkirakan bakalan jatuh di antara 21-22 April bulan depan. PP Muhammadiyah, salah satu ormas Islam besar di Indonesia bahkan udah nge-confirm kalau Idulfitri 1 Syawal 1444 H tuh jatuh di hari Jumat, 21 April 2023. Nah menyikapi hal ini, maka pemerintah pun segera ambil ancang-ancang dong untuk persiapan Lebarannya masyarakat seluruh Indonesia, salah satunya adalah Persiapan Mudik.
 
Okay…..
Nah kamu harus tahu nih, guys kalau dari Oktober tahun lalu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas tuh udah sepakat dengan Surat Keputusan Bersama aka SKB 3 Menteri mereka bahwa Cuti Bersama dalam rangka Lebaran 2023 ini bakal dimulai dari tanggal 21-26 April nanti. Mayan banget kan tuh buat orang-orang yang mau Mudik bisa dapat cuti enam harian. Terus, isu Cuti Bersama ini akhirnya dibahas lagi di Rapat Terbatas mengenai persiapan arus mudik yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jumat kemarin, gengs.

What about that?
Well, disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Cuti Bersama yang semula dijadwalkan di tanggal 21-26 April itu bakalan ditambah sehari jadi cutinya start from tanggal 19 dan berakhir di tanggal 25 April, gengs. Yep, nambah sehari tuh cutinya eheheheh. Pak Budi sih bilangnya keputusan ini udah de facto, guys. Tinggal de jure-nya aja nanti diusulin lagi ke Presiden dan Pak Budi juga bakal rapat sama tiga menteri itu buat meng-update SKB 3 Menteri-nya.
 
Finally the good news we’ve always wanted…..
We know rite. Adapun penambahan jadwal cuti bersama ini emang diusulin langsung sama Pak Budi selaku Menteri Perhubungan dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, guys. Alasannya, yha none other than mempertimbangkan manajemen arus mudik yang bakal numpuk luar biasa di tanggal 21 April itu. Nah kalau start cutinya dimajuin sehari, orang-orang bisa start mudik di tanggal 18 sore, terus lanjut di tanggal 19, 20, dan 21. Punya waktu empat hari buat otw ke kampung halamannya, guys
Advertisement
. Jadi diharapkan nggak numpuk luar biasa deh itu arus mudik.
 
Emang bakalan banyak banget yang mudik?
Kamu pasti nggak lupa dong kalau Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di Dunia, dan the fact that mudik adalah salah satu bagian dari tradisi saat Lebaran, plus kondisi Pandemi Covid-19 yang udah semakin membaik, maka udah dipastikan bakalan banyak banget yang mudik tahun ini, gengs. Bahkan, dari data yang udah dihimpun Kementerian Perhubungan, Pak Budi Karya Sumadi menyebut bakalan ada 123 juta penduduk yang bergerak mudik tahun ini, meaning naik 47% dari total tahun lalu yang di angka 85 juta penduduk. Lebih jauh, Pak Budi juga memprediksi orang-orang bakalan Mudik most likely dengan kendaraan pribadi berupa mobil dan motor, dan bakalan numpuk di Tol Cipali dan Pelabuhan Merak.
 
Terus gimana dong tuh?
Makanya, untuk menyikapi hal ini, Kementerian Perhubungan pun bakal berkoordinasi dengan berbagai stakeholders mulai dari Korlantas sampai Jasa Marga buat melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, tapi lebih terukur dari sebelumnya di mana harapannya sih bakalan mengurangi kemacetan di arus mudik ntar, guys. Mulai dari aturan ganjil-genap, contraflow, sampai lalu lintas satu arah. Lebih lanjut, jumlah transportasi di jalur darat kayak kereta api, kapal laut, dan pesawat udara juga bakal ditambah. Tapi segala skenario ini masih ngeliat situasi dan kondisi lagi sih kalau kata Pak Budi. H-2 minggu sebelum Lebaran ntar bakal disurvei lagi buat evaluasi dan jadinya langkah apa yang bakal diambil juga lebih pasti gitu.

 
Got it. anything else I should know?
Btw kamu yang mau Mudik tahun ini udah pada book tiket belum, guys? Soalnya di tengah pemerintah yang memperpanjang Cuti Bersama ini, nggak sedikit juga netizen yang misuh-misuh soalnya udah keburu beli tiket untuk jadwal Cuti Bersama yang sebelumnya ditetapkan 3 Menteri itu, guys. “Telat banget hey,” gitu guys kira-kira keluhan netizen. Telat dan membingungkan deh pokoknya. Padahal nge-war tiket mudik juga nggak gampang yekan.
 
But on top of all, hati-hati di jalan yah buat kalian yang mudik. Hope you enjoy your long Cuti Bersama, everyone.
Advertisement