AS Block Aplikasi Tiktok Demi Keamanan

393

What’s being blocked in a lot of places?

TikTok.
Iya nih guys, lately banyak banget negara yang udah nge-block aplikasi sharing video asal China ini dengan alasan keamanan dan spionase.

Wait. Kok bisa? 
It all started when the United States did it first. Jadi awalnya, AS melarang TikTok buat diinstal di HP kerja milik pegawai pemerintahan alias PNS. Penyebabnya ya gara-gara takut kalo aplikasi itu bisa menarik data informasi sensitif dan rahasia si pemilik hape. Soalnya kan TikTok ini emang milik perusahaan asal China, ByteDance. Makanya, pemerintah AS khawatir kalo data milik pengguna TikTok asal AS bisa ujug-ujug dibocorin ke pemerintah China. Sebenernya, upaya AS buat ngeblokir aplikasi TikTok sih udah pernah dilakuin sebelumnya sama Donald Trump pada 2020, tapi waktu itu dihalangi sama pengadilan AS.

Mayan parno yha…
Ya mayan ajasi. FYI, soal larangan pake TikTok ini sampe diatur dalam undang-undang yang dikasih nama “Restrict”, which stands for Restricting the Emergence of Security Threats that Risk Information and Communications Technology. Lewat UU ini, pemerintah AS jadi punya kuasa buat melakukan pemblokiran terhadap produsen elektronik atau perangkat lunak asing yang dianggap sebagai risiko keamanan nasional sama Departemen Perdagangan. Sebenernya, ini nggak specific buat TikTok aja sih. Cuma, TikTok jadi salah satu produk teknologi asing yang bakal diawasi banget dalam UU tersebut.

And everyone follows.. 
Nah, baru deh gara-gara aksi yang dilakuin AS tersebut, negara-negara lain mulai ngikutin. Ada Kanada, Inggris, Uni Eropa, Selandia Baru, Belgia, hingga Denmark. Semuanya juga alasannya sama, takut kalo data penggunanya kesebar ke pemerintah China.

Terus terus? 
Sebenernya, pemerintahan Presiden Joe Biden udah sempet bilang kayak, “Ya boleh w ga blokir aplikasi lo, tapiiiiii TikTok AS harus dijual ke perusahaan non-China.” Hal ini kemudian ditanggapi TikTok dengan bilang bahwa solusi itu ga menyelesaikan masalah. Nah selain alasan spionase tadi, alasan lain yang juga bikin AS khawatir adalah soal konten di TikTok yang bisa sangat berpengaruh ke kesehatan mental remaja. Soalnya, menurut laporan dari Center for Countering Digital Hate diketahui bahwa konten soal eating disorder 
Advertisement
di TikTok udah ditonton sebanyak 13,2 miliar kali. Selain itu, dua pertiga remaja di AS tuh pake TikTok, jadi ya gimana nggak makin khawatir tuh pemerintah.

Any responses from TikTok? 
TikTok bilang kalo tuduhan yang disampaikan sama negara-negara itu tuh nggak berdasar. Pihak TikTok juga bersikeras bilang, “Gue tuh ngejalanin perusahaan ini secara independen dan nggak sharing data apapun ke pemerintah China, kok. Jadi jangan pada ngaco, deh,” gitu deh gengs kira-kira.


I believe China has a say..
China juga ngedesak pemerintah AS buat ngasih bukti kalo TikTok itu mengancam keamanan nasionalnya. Menurut China sih, AS tuh lebay banget dan juga menyalahgunakan kekuasaan buat membatasi perusahaan asing, kaya ByteDance misalnya. Pihak China juga minta ke AS buat nggak lagi menekan dan mendiskriminasikan perusahaan asing yang beroperasi di sana.

Anything else? 
Masalah ini emang bikin konflik antara AS dan China tuh nggak abis-abis, sih. Bahkan, China sempet kasih isyarat soal kemungkinan perang buat melawan AS, even sampe banyak yang takut kalo ini bisa-bisa jadi perang dunia ketiga.
Advertisement