Menteri BUMN Resmi Jadi Ketua Umum PSSI, AS Khawatir Dengan KUHP Baru Indonesia, Banjir Solo & Sukoharjo, Kurang Tidur Berisiko Lebih Besar Terkena Penyakit Kardiovaskular

205

Hello

Monday is here again, everyone. We hope you get a well-rested weekend, so you are ready to welcome the new week. Today we will catch you up! with so many things from PSSI to why you need more ZzzzZ. Yep, let’s go!

Who’s having a new role?

Erick Thohir.
Yep. Over the weekend kemarin, netizen +62 rame banget ngomongin Mas Menteri BUMN, Erick Thohir, yang resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI. Dari sini, rame banget yang ngomongin double role-nya Mas Menteri, dan drama-drama lain seputar pemilihan ini yang bikin banyak orang bertanya-tanya, “Kok bisa? Kok gitu sih?” gitu.

Spill the tea. 
Well, kayak yang pernah kita bahas sebelumnya, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia aka PSSI tuh kan kemarin lagi sibuk banget sama pergantian pemimpin di organisasi mereka yah. Ketua umum sebelumnya, Mochamad Iriawan aka Iwan Bule juga udah secara tegas nge-mention kalau dia udah nggak mau mencalonkan diri lagi dengan alasan, “I’ve had enough. Cukup deh,” gitu kan. That being said, we’re expecting a new face dong di organisasi. Tapi turns out yha wajah baru yang dimaksud yha nggak baru-baru banget, guys.

Wkwkwkw maksudnya?
Sejak dibuka pendaftarannya, ada dua strong contender buat mengisi tahta Ketua Umum PSSI. Yep, it’s none other than Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti. Selain itu ada juga Doni Setiabudi dan Arif Wicaksono. Adapun pemilihan ketua umum ini dilangsungkan dalam Konferensi Luar Biasa PSSI yang digelar hari Kamis kemarin di mana ada 86 suara yang mereka harus ‘ambil’ suaranya. Nah di akhir acara, keluar deh tuh hasilnya.

Tell me
 siapa yang menang. 
Bisa nebak nggak? Yep, you guessed it right. It’s Mas Menteri Erick Thohir, everybody. Dalam perhitungan suara, Mas Erick unggul telak dengan perolehan 64 suara, sementara Pak La Nyalla dengan 22 suara. Meanwhile, Pak Doni dan Pak Arif sendiri 0 suara, guys. That being said, Mas Erick resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, together with all the drama dan dugaan penyalahan aturan yang menghantuinya. Termasuk the fact that Mas Erick Thohir yang sekarang masih resmi menjabat sebagai Menteri BUMN.

Terus gimana dong tuh? 
Well, the fact that PSSI adalah organisasi yang ikut dibiayai pakai uang negara menggunakan APBN, maka Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Andalas, Feri Ansari menilai Erick tuh harus mundur dari jabatannya sebagai menteri, guys. Yep, hal ini juga sesuai sama Pasal 23c Undang-Undang Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Pasal itu legit menyebutkan, “Menteri dilarang merangkap jabatan sebagai: Pimpinan organisasi yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.” Bahkan di Pasal 24, menteri yang rangkap jabatan kayak gitu bisa diberhentikan sama presiden, gengs.

So, will he step out?
Nope. dalam sebuah kesempatan, Mas Erick bilang posisinya sebagai Ketua Umum PSSI tuh pure karena kecintaan dia terhadap olah raga, khususnya sepak bola, guys. Jadi yha nggak ada hubungannya sama politik. Jangan dikait-kaitin juga, “Nggak akan ada habisnya,” kalau kata Mas Erick. Mas Erick bahkan diketahui juga udah izin sama Presiden Joko Widodo soal posisi barunya ini.

I see….
Dan Dikonfirmasi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pak ET yang jadi Ketua PSSI tuh sebelumnya udah dapat restu dari Presiden Joko Widodo, guys. Pakde disebut nggak ada masalah dan fine-fine aja kalau Mas Erick rangkap jabatan both sebagai Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI. Lebih jauh, Mas Pram bilangnya Pak Jokoqi juga udah ngingetin ke Mas Erick supaya tetap bisa atur waktu dan tugasnya secara maksimal.
 
Tell me more about Mas Erick and PSSI…
Sure. Kalian harus tahu nih, guys,. Ada banyak banget PR yang harus dikerjain Mas Ketum. Yang paling deket, yha Piala Dunia U-20 beberapa bulan lagi. Selain itu, ada juga visi dan misi yang siap diwujudkan Mas Erick di masa kepemimpinannya. Mulai dari Timnas Indonesia yang berprestasi di tingkat dunia, start from level ASEAN. Terus suporter aman dalam menonton pertandingan, nggak ada lagi kejadian kayak Tragedi Kanjuruhan, kualitas wasit dan pelatih yang meningkat, biar pertandingan juga jadi lebih adil dan kualitas pemain juga meningkat, plus PSSI yang bisa dikelola dengan terbuka dan transparan, biar kepercayaan publik ke PSSI juga bakal meningkat.

Okay….
Nah ngomongin soal terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI, dalam Konferensi Luar Biasa kemarin itu, juga dipilih Wakil Ketua Umum-nya, guys yang memperebutkan posisi Waketum 1 dan 2. Ada tiga nama di situ, Menpora Zainuddin Amali, Yunus Nusi, dan Ratu Tisha. Sempat ada drama voting ulang sampai akhirnya Ratu Tisha dapat vote tertinggi dengan 54 suara dan terpilih sebagai Waketum 1, disusul Yunus Nusi dengan 53 suara. Later on Yunus Nusi dinyatakan mundur, jadi Zainuddin Amali kan yang maju gantiin dan jadi Waketum 2.

Terus terus?
Belum selesai, beb. Nggak lama kemudian PSSI kirimin update lagi di mana Ratu Tisha disahkan sebagai Waketum 2 dan Waketum 1-nya tuh Pak Zainuddin Amali. Hal ini of course bikin bertanya-tanya dong, kok bisa yang dapat vote tertinggi malah jadi Waketum 2 gitu kan? Nah disampaikan langsung oleh Ratu Tisha, sesuai Statuta PSSI, penetapan Waketum 1 dan 2 tuh nggak ditentukan sama jumlah vote tapi dari senioritas di sepak bola, guys.

HAH???
Iya. Jadi siapa yang lebih lama mengabdi untuk PSSI dan Sepak Bola Indonesia, yha dia yang terpilih jadi Wakil Ketua Umum 1. In her words, Ratu Tisha ngomongnya gini, “Diukurnya dari CV saat pendaftaran ke Komite Pemilihan dan bukan berdasarkan suara. Dilihat total pelayanan di sepak bola, itu diputuskan Komite Pemilihan,” katanya gitu. Lebih jauh, dia juga terima kasih sama para voters-nya, mulai dari Perseras Serang, Asprov DIY, terus yang dari Maluku, Sulawesi Utara, dll. Ratu Tisha juga bilang dia legowo jadi Waketum 2. Toh sama-sama berbakti buat Sepakbola Indonesia, gitu.

HMMMM. Terus Zainudin Amali?
Menpora Zainudin Amali yang ditetapkan sebagai Waketum 1 PSSI disebut siap buat menerima konsekuensi dari pilihan yang udah dibuat, termasuk kalau harus mundur dari jabatannya sebagai menteri kalau emang itu permintaan dari Presiden Joko Widodo, guys. Makanya hari ini beliau dan Mas Erick bakalan ketemu dulu sama Pak Jokowi, mau laporan dulu gitu. Secara keputusannya jug ada di tangan Pakde kan. “Apapun keputusan Presiden, itu yang akan saya jalankan,” katanya gitu.

I see. Anything else I should know? 
Btw speaking of menteri yang rangkap jabatan, bukan cuma Pak ET dan Zainuddin Amali yang diketahui merangkap jabatan jadi pimpinan di organisasi lain, guys. Ada enam nama menteri lainnya, mulai dari Menko Marves Opung Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat Ketum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, terus ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Ketum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia, ada juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menjabat Ketum Persatuan Wushu Indonesia. Oh, ada juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Ikatan Pencak Silat, ada Menkumham Yasonna Laoly di Federasi Kempo Indonesia, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Hadi Tjahjanto di Federasi Olahraga Karatedo Indonesia.

Someone is unhappy with our new KUHP..

It was United States
Yep, minggu kemarin, Menlu AS Antony Blinken bilang bahwa AS is quite worried soal Undang-Undang Nomor 1 tahun 2023 alias Kitab Undang-Undang Hukum Pidana aka KUHP yang beberapa waktu lalu disahkn Presiden Joko Widodo. Bahkan, Mister Blinken sampai nelpon Bu Menlu Retno Marsudi, guys.
 
WHAT? Tell me. 
Jadi, ceritanya kan Menlu AS Antony Blinken lagi telfonan nih sama Bu Menlu Retno Marsudi. Tapi tenang, bukan lagi sleep call, kok.. Awalnya mereka ngebahas berbagai isu sih dalam pembicaraan telfon tersebut. Mulai dari dukungan keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, bahas soal Asean Outlook on Indo Pacific, dan masih banyak lagi. Tapi, satu hal yang jadi perhatian adalah gara-gara Blinken juga bilang kalo AS tuh agak agak khawatir sama KUHP yang baru. Tapi, nggak disebutin sih pasal mana aja yang bikin AS khawatir itu..
 
Not really the first time.. 
Ternyata, ini bukan kali pertama AS protes soal KUHP yang baru disahkan Desember 2022 lalu. Sebelumnya, empat senator AS juga sempet ngirim surat ke Presiden Jokowi yang isinya protes soal KUHP baru ini. Mereka adalah Edward Markey, Tammy Baldwin, Tammy Duckworth dan Corry Booker, which is semuanya politikus Partai Demokrat. Kalo di dalam surat ini, dijelasin banget tuh pasal apa aja yang bikin mereka sampe protes. Mulai dari soal kebebasan pers, hubungan seksual di luar nikah, soal penggunaan kontrasepsi dan aborsi, sampe perluasan UU soal penodaan agama.
 
As well as the Ambassador.. 
Nggak sampe di situ aja, Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim juga ikut kasih statement soal KUHP baru ini. Bahkan, dia sampe khawatir kalo pasal-pasal yang terlalu mengenai ranah privat atau moralitas, bikin investor asing kabur alias nggak mau lagi investasi di Indonesia. Kalo menurut Pak Kim sih, mengkriminalkan keputusan pribadi individu bakal berpengaruh besar dalam keputusan banyak perusahaan buat mutusin kalo mereka bakal investasi di Indonesia apa enggak.
 
There’s another one who’s unhappy about all this thing.. 
Uni Eropa. Kalo Dubes Uni Eropa Vincent Piket sih bilang bahwa pihaknya masih terus mempelajari KUHP yang baru. Beliau juga menegaskan bahwa dia nggak pengen warganya kena dampak yang nggak adil akibat KUHP ini. Kalo yang bikin khawatir Uni Eropa sih ada beberapa, termasuk pasal kebebasan berekspresi sampe pasal moral kayak seks di luar nikah dan kohabitasi alias kumpul kebo. Soalnya, satu hal yang juga jadi perhatiannya adalah kalo warganya mulai jadi ragu-ragu buat liburan di Indonesia.
 
Ternyata PBB juga lumayan prihatin, nih.. 
Bukan cuma AS sama Uni Eropa nih yang khawatir soal UU KUHP yang baru ini. Ternyata, PBB sebelumnya juga sempet mengecam dan udah menegur pemerintah RI karena dinilai bertentangan sama kebebasan dan HAM. Ada 7 pasal yang diprotes sama PBB, which is soal ancaman kriminalisasi pers, diskriminasi terhadap kelompok LGBT, hak kesehatan seksual which is termasuk aborsi dan kontrasepsi, hak privasi soal hubungan seks di luar nikah dan aturan tinggal bareng, hak beragama, kebebasan berpendapat dan berkekspresi sama pasal yang melarang paham selain Pancasila, which is komunis.

Tell me something about KUHP.. 
Despite all controversiesKUHP ini udah disahkan sama DPR RI pada 6 Desember 2022 kemarin. UU KUHP ini resmi mengganti KUHP Hindia Belanda yang udah dipake selama ratusan tahun. For more details, UU KUHP ini terdiri dari 37 bab dan terdiri dari 624 pasal. Sebenernya, walaupun udah disahkan, UU ini masih bakal ngelewatin masa transisi selama tiga tahun sejak pengesahannya sebelum nantinya bakal resmi berlaku penuh pada 2025. Tapi guys, jangankan setelah disahkan, sejak proses pembahasan revisi sampe pengesahannya, UU ini terus aja menuai banyak protes dari masyarakat. Kalo menurut Aliansi Nasional Reformasi KUHP, ada lebih dari 14 isu yang jadi masalah terutama soal kebebasan berpendapat dan berekspresi.
 
So, is it really needed? 
Kalo kata Wamenkumham Eddy O.S Hiariej sih bilang ada tiga poin utama yang jadi alasan kenapa KUHP ini bener-bener diperlukan. Pertama, since it’s been too long. Pak Eddy bilang bahwa KUHP yang selama ini dipake itu disusun sejak tahun 1800, which means udah 222 tahun. Intinya sih, udah jadul banget lah pokoknya. Makanya perlu adanya modernisasi. Terus poin kedua, KUHP baru harus berorientasi sama hukum pidana modern. Dan yang ketiga, untuk menjamin kepastian hukum.
 
Anything else? 
Btw speaking of KUHP terbaru, di media sosial tuh netizen rame banget nyangkut pautin aturan KUHP baru ini sama vonisnya Ferdy Sambo beberapa waktu lalu. Iya, di Pasal 100 Ayat (1) KUHP disebutkan tervonis hukuman mati tuh bakal dikasih masa percobaan selama 10 tahun, termasuk di Ayat (4), hukuman mati itu bisa berubah jadi hukuman penjara seumur hidup. Bahkan KUHP yang baru diduga disahkan buat meloloskan FS dari pidana mati, guys. Nah, merespons hal ini, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menegaskan kalau isu itu nggak bener sama sekali. KUHP baru udah dirancang jauh sebelum kasusnya Sambo. Menko Polhukam Mahfud MD juga menegaskan for one more timee kalau KUHP baru ini berlaku start from tiga tahun dari sekarang, guys. Dan perubahannya harus melalui vonis hakim. Di-case nya Sambo, vonis itu nggak ada.
 
Jadi clear yah bapak-bapak ibu-ibu…..

Now, let’s get you up to speed on: Banjir Solo dan Sukoharjo….

Yang ditetapkan sebagai keadaan darurat.
Sedih banget nggak sih baca berita musibah dan bencana nggak kelar-kelar? Same, everybody. Same.  Dari  Semarang, terus ke Manado, terus Ke Makassar, sekarang balik lagi ke Jawa Tengah di mana ada banjir yang terjadi di Solo dan  Sukoharjo, Jawa Tengah yang bahkan udah ditetapkan sebagai keadaan Darurat sama BNPB, guys.

Tell me. 
Jadi as we all know curah hujan di berbagai wilayah di Indonesia tuh kan masih tinggi banget yah, salah satunya ya di wilayah Jawa Tengah, gengs yang Kamis kemarin dilanda hujan gede. Adapun karena hujan gede ini, salah satu aliran sungai di sana which is Sungai Bengawan Solo pun akhirnya meluap deh. Yep, you know what happened after that, rite? Yak, banjir, gengs. Adapun banjir ini terpusat di Solo dan Sukoharjo dan merendam sejumlah kecamatan di sana.

Ya ampun. Parah?
Mayan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah aka BPBD Solo mencatat ketinggian banjir tuh bervariasi, guys. Mulai dari 1 meter sampai 1,5 meter. Akibatnya, karena rumah-rumah warga pada kerendam, mereka pun harus dievakuasi kan. Secara spesifik, ada lebih dari empat  ribu warga yang dievakuasi pakai perahu karet ke posko yang disediakan. Terus, pemerintah setempat juga terus mengerahkan tim BPBD buat bersiaga di titik-titik rawan bencana sambil tetap melakukan pemantauan, plus kasih informasi buat warga supaya tetap waspada. Oh, talking about informasi, yang harus kalian ketahui adalah, banjir di Solo dan Sukoharjo ini udah ditetapkan sebagai Keadaan Darurat, guys.

:((( 
Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana aka BNPB, Letjen Suharyanto di mana Bupati Sukoharjo, Bu Etik Suryani dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka adalah pihak yang mengeluarkan penetapan status ini. Adapun status tanggap keadaan darurat ini sendiri berlaku sampai 14 hari ke depan, guys. Cuman ya balik lagi, harapan kita semua sih banjir bisa ditangani dengan baik dan bisa surut sebelum 14 hari itu gitu.

I see…. 
Nah tapi, seiring dengan banjir dan penetapan status tanggap darurat di Solo, salah seorang pengungsi di Pasar Kliwon tuh Jumat kemarin dinyatakan meninggal duniaguys :(. Hal ini dikonfirmasi oleh Camat Pasar Kliwon atas nama Akhmad Khaironi. Disampaikan oleh Khaironi, pengungsi yang meninggal itu diketahui emang udah sepuh, guys, 85 tahun usianya. Terus dari awal masuk pengungsian emang udah kurang sehat. Sempat mau dirawat di rumah sakit, tapi emang dia dan keluarga maunya di posko aja. Pengungsi atas nama Mbah Tamrin itu udah dimakamkan di TPU Daksinoloyo, Sukoharjo.

Terus yang lain?
Udah pada balik ke rumahguys. Iya, Thank God sekarang banjirnya udah surut per Minggu kemarin. Yep, per Minggu kemarin juga, empat ribuan warga yang stay di posko pengungsian pun pelan-pelan udah pada meninggalkan posko dan balik ke rumah untuk bersihin sisa-sisa material banjir yang masih tertinggal di dalam rumah. Terus, bersamaan dengan warga yang pelan-pelan udah meninggalkan posko, pemerintah dibantu sama sejumlah stakeholders-pun juga mulai mempertimbangkan soal apa yang harus mereka lakukan pascabanjir, guys. Terutama gimana caranya biar banjir nggak kejadian lagi di wilayah mereka.

Gimana caranya tuh? 
Salah satunya, adalah dengan menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca aka TMC buat mencegah terjadinya banjir seiring dengan curah hujan yang masih tinggi di wilayah Jawa Tengah. Penerapan TMC ini juga bakal dibantu sama BNPB dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, guys. Lebih jauh, menurut Letjen Suharyanto, penerapan TMC ini lumayan ampuh buat mencegah banjir yang diakibatkan kondisi iklim dan curah hujan yang tinggi dan sebelumnya udah diterapkan di Makassar dan beneran works. Makanya sekarang tinggal nunggu penetapan status tanggap darurat dari Pemprov. Kalau Pemprov udah nge-state keadaan darurat, udah langsung digas deh tuh TMC.
 
Got it. Anything else I should know? 
Btw talking about Pemprov Jawa Tengah, then we have to talk about Gubernur Ganjar Pranowo dan janji-janjinya waktu kampanye dulu related to penanganan banjir. Secara banjir di Jawa Tengah tuh bukan yang pertama kalinya kan. Awal tahun kemarin di Januari, juga ada banjir kayak gini di Semarang. Nah sekarang kejadian lagi di Solo dan Sukoharjo. Makanya, everyone is looking back at 2018 when Pak Ganjar kampanye soal penanganan banjir. Dia nyebutin bakalan ada program berjangka yang strategis, kayak bikin tanggul laut raksasa dll. Jadi ya gitu deh. Ehehehehe.

When you’re “Tidur Subuh Bangun Pagi” Club…..

Alias Kurang Tidur Club.

Hati-hati, guys. Dari luar orang yang kurang tidur mungkin bakalan kentara bad mood-nya, cranky-nya, ga semangatnya, tapi deep inside their body, orang yang kurang tidur tuh berisiko lebih besar terkena penyakit Kardiovaskular, lo.
 
Iya, temuan ini dikemukakan oleh satu penelitian yang ke-publish di Journal of American Heart Association beberapa waktu lalu di mana penelitinya mengungkap ada hubungan antara durasi tidur yang nggak teratur, waktu tidur yang nggak teratur, dengan Atherosclerosis. Itu loo penumpukan plak di arteri yang isinya ada kolestrol, zat lemak, kalsium, fibrin, dan zat pembekuan dalam darah.
 
Once plaknya udah numpuk, dinding pembuluh darah bakalan menebal dan aliran darah jadi berkurang, plus oksigen dan yang lainnya juga bakal berkurang. Atherosclerosis ini dikenal sebagai salah satu penyebab penyakit kardiovaskular kayak jantung koroner, serangan jantung, stroke, dsb. gengs.
 
Instead, yang harus kita lakukan adalah mengurangi variasi jam tidur dan durasi tidur, guys. Jadi coba biasain tidur jam 11 malam misalnya, terus bangun jam 7 pagi. Gituuu terus, nggak usah berubaah-ubah. Maka si Atherosclerosis jadi bisa dihindari deh, nggak ada deh penyakit kardiovaskular.

“Tunggu momentum terbaik.”
 
Lagi-lagi misterius deh, jawaban dari Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristianto pas ditanya soal siapa calon presiden dari partainya. Jadi Hari Minggu kemarin, doi ditanya wartawan soal sosok capres PDIP, tapi kata Mas Hasto nanti aja, tunggu momentum terbaik untuk diumumkan. HMMMM….
 
When you’ve been asking for a raise…

Announcement


Thanks to Indina for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Not convinced to take a walk in the morning? Read this.