Joe Biden Mengunjungi Ukraina

209

Who’s just made a surprise visit?

US President, Joe Biden
Yep, secara mengejutkan, Biden baru aja ngunjungin Kyiv, Ukraina, dan ketemu langsung sama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada 20 Februari kemaren.

Whoaa. Tell me. 
Well, kunjungan Biden ke Ukraina ini emang bener-bener bikin kaget semua orang. Selain gara-gara ini kunjungan perdana Biden ke sana semenjak invasi Rusia terjadi, kunjungan ini juga bisa dibilang bener-bener unexpected karena nggak ada warning sebelumnya dari pihak AS maupun Ukraina. Pihak Gedung Putih sih bilang kalo kunjungan kaya gini belom pernah terjadi sebelumnya, soalnya kan tau sendiri ygy kalo Ukraina masih jadi zona perang. Soalnya, kunjungan Biden ke Irak dan Afghanistan waktu perang aja didampingi sama militer AS yang super duper rame banget.

I see.. 
Adapun kunjungan Biden ini dilakukan di tengah-tengah perjalanannya menuju Polandia. Udah banyak sih yang ngira-ngira kalo Biden bakal mampir ke Ukraina. Eh, tapi kok begitu doi beneran dateng ke Ukraina, masih banyak juga yang kaget. Rute perjalanan Biden sendiri berangkat dari Pangkalan Gabungan Andrews di luar Washington, dan berangkat pukul 04.15 pada hari Minggu pake jet Angkatan Udara.
 
Go on…
Dalam melakukan kunjungan ini, Biden cuma ditemenin sama beberapa ajudan dan hanya dua orang jurnalis yang boleh ikut. Pesawat presiden menuju ke Jerman buat ngisi bahan bakar, terus terbang ke Rzeszow di tenggara Polandia. Setelah satu jam, Biden tiba di Przemysl, sebuah kota di sepanjang perbatasan Polandia-Ukraina. Perjalanan masih panjang, guys. Biden masih harus naik kereta selama 10 jam dan perjalanan itu pun dilakukan malem-malem, dengan pengamanan ketat di dalamnya.

Terus, ngomongin apa aja? 
First things first, udah pasti Biden nyampein lagi komitmen dukungan AS terhadap demokrasi, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina. Terus, Biden juga bilang kalo AS bakal kirim peralatan penting kaya amunisi artileri, sistem anti-lapis baja dan radar pengawasan udara. Nggak sampe situ aja, Biden juga janji buat ngasih bantuan ke Ukraina sebesar US$500 juta atau sekitar Rp7,5 triliun. Beliau juga menegaskan bahwa AS bakal ngasih sanksi tambahan lagi buat Rusia, terutama buat pejabat Rusia dan perusahaan yang mendukung perang.
Advertisement
 
Russia is not surprised… 
Eh tapi ternyata, Rusia udah tau dari sebelumnya lho soal kunjungan Biden ke Ukraina ini. Penasehat keamanan nasional AS Jake Sullivan, yang juga ikut sama Mr. Biden, ternyata udah ngasih tau ke Rusia bahwa Biden bakal dateng ke Kyiv. Sullivan sendiri ngaku kok kalo pihak AS udah ngasih tau pihak Rusia beberapa jam sebelum kunjungan itu dilakukan. Makanya, Juru Bicara Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov dengan santainya bilang, ”Nothing special.” Beda banget sama Zelenskyy yang absolutely happy to the max, deh.. Zelenskyy sih menyambut gembira kunjungan Biden itu ya. Dia juga bilang kalo kunjungan Biden itu sangat berarti buat warga Ukraina.

China is joining the game…
Nggak lama setelah Joe Biden sampe di Ukraina, diplomat tinggi China made a reverse direction, dengan mengunjungi Rusia. Gokil yah. Jadi penasehat Kebijakan Luar Negeri China yang baru, namanya Wang Yi baru aja tiba di Moskow dalam perjalanannya di Eropa selama delapan hari. BTW, ini jadi a strong message juga kalo AS sama China tuh ada di sisi yang berbeda. Terus, all of these trips tuh dilakuin jelang satu tahun invasi Rusia dan Ukraina. Bisa dibilang, when US is getting closer with the Ukraine, Moskow juga makin mesra juga sama Beijing.

OK. Anything else? 
FYI, gara-gara udah tau soal kunjungan Biden ke Ukraina, Rusia sih ya nggak kaget-kaget amat. Tapi, tetep aja muncul kemarahan di tengah kalangan pro-militer dan ultranasionalis. Apalagi, kunjungan Biden ini dilakukan menjelang pidato Presiden Vladimir Putin, ketika dia lagi mau bangga-banggain soal pencapaiannya.
Advertisement