Friday Pause: Science and faith 🌺

287

Hello

Yeay it’s finally Friday! Weekend is almost here, so you are allowed to take a little breather. Here, enjoy our memes, tips, and recs together with your coffee. Oh, and we got podcast too. Have a great weekend!

For the love of Meme: Docx aja deh mas. Capek.


What’s the most difficult word coming out of your mouth?If the answer is ‘Sorry’,

read this.

We feel you
. Kenapa susah banget sih minta maaf tuh yah? Kita tahu banget nih kita harus minta maaf. Tapi sekalinya ngomong tuh yang keluar malah kata-kata defensif dan 1001 alasan seolah ini nggak sepenuhnya salah kita. “Iya soalnya kan tadi blablabla”. Maksudnya tuh, SALAH YA SALAH AJA NGGAK SIH. Malah kalau kamu terus-terusan defensif dan cari excuse sana-sini tuh, respons orang jadi bakalan kayak, “Dih apaan sih ni orang.” Hemmm…..
Well, yang harus kamu tahu adalah, sikap kita yang defensif kayak tadi tuh emang ada hubungannya sama saraf di tubuh, gengs. Serius. Ada namanya disonansi kognitif di mana terdapat blind spot yang bikin kita sulit buat mengakui fakta kalau kita udah nyakitin orang lain. In that sense, emang udah setting-annya kita ngeliat diri kita as a hero of our own story gitu. Kita udah ke-setting buat ngeliat kita tuh orang baik. “Ini tuh salah orang bukan salah w,” gitu-gitu deh pokoknya. Padahal yang perlu kamu tahu, minta maaf tuh tindakan heroik tau, gengs. Kamu bisa keluar dari comfort zone kamu. Kamu bisa lepas dari segala egomu, dan kamu bakal nge-maintain relationship-mu sama orang-orang. Tapi yha balik lagi. Banyak hal yang harus diperhatikan biar nggak defensif dan diliat orang kayak, “Dih apaan sih ni orang.” Caranya gini nih:
  • Beneran mau minta maaf nggak? Atau sekadar formalitas aja, hehehehe. Kamu harus tahu bahwa jangan pernah minta maaf kalau kamu nggak benar-benar pengen minta maaf. Kamu harus paham kalau nggak semua hal tuh under your control, guys. Kamu bisa aja minta maaf, tanpa berusaha untuk take responsibility akan hal itu, Misalnya jalanan macet terus pacar kamu bete gara-gara telat. Ya bilang aja, “Sorry banget ya macet gini kamu jadi telat. Kamu pasti kesel deh.” Yep, yang di-sorry-in tuh keadaannya, guys. Bukan kamunya. Atau kamu bisa aja nggak minta maaf, tapi bilang, “Besok aku lewat jalan yang sana deh ya biar nggak macet.” Feeling-nya pasti bakalan beda. It’s called empathy.
  • Keep it simple. Yang simpel aja, tapi spesifik. Bilang kalau kamu emang ngaku salah kamu paham apa dampaknya kejadian itu, dan jelasin kejadian itu nggak akan keulang lagi beserta alasannya. Contoh, “Sorry banget gue beneran ke-skip hari ultah lo. Gue sucks banget ya. Tapi next gue gabakal lupa lagi kok. Udah gue masukin ke notif calendar.”
  • Jangan fokusnya di kamu. Yang harus diingat adalah kalau kamu lagi minta maaf, fokusnya tuh di orang yang kamu sakitin ini, gengs. Bukan kamu. Jadi jangan pernah bahas soal situasi kamu yang udah ancur banget gitu. Hal itu cuma bakal bikin kamu jadi keliatan drama banget dan bikin orang ilfeel sama kamu. Instead, kamu kudu fokus di problem yang udah kamu bikin dan mikir gimana cara benerinnya.  Dan pikirin gimana caranya permintaan maaf ini bakal bikin hubunganmu dan orang lain jadi lebih baik.
  • Make sure you fix the problem. Iya, masih nyambung sama yang atas. Soal permintaan maaf, masalah sebenarnya tuh bukan di perasaan apa yang mereka rasakan, gengs. Makanya jangan pernah bilang, “Sorry banget ya kamu jadi kesel gini.” Masalah sebenarnya tuh ada di kejadiannya, yang udah lewat, dan nggak bisa diapa-apain. Iya, kayak piring pecah dan nggak bisa bener lagi hanya dengan kata ‘Maaf’.  Kamu harus make sure kamu bisa balikin piring itu dalam keadaan semula, gengs. Fix the problem.
  • Make sure kamu tahu konsekuensinya. Konsekuensi dari permintaan maafmu dong. Karena semua orang kan berhak bereaksi atas permintaan maafmu. Yep, kamu nggak bisa expect orang bakalan langsung “Iya gue maafin” kan? Mereka bisa aja bilang, “Gue pikir-pikir dulu deh ya,” atau bahkan “Percuma minta maaf. Telat!” Bisa banget tahu, guys dan kamu pun harus terima apapun respons mereka. Tapi kalau mereka nggak respons, coba minta maaf sebanyak tiga kali, terus udah biarin. Semua orang berhak atas waktunya masing-masing.
  • Advertisement
  • Make sure kamu tahu you’re doing great. Iya, apa pun hasilnya nanti, make sure kamu tahu kalau kamu udah hebat dan keren banget karena udah berani minta maaf. “An apology is a sign of a huge strength” dan itu bener banget, gengs. Berani, murah hati, bukan malah keliat rendah dan nggak berdaya. Kamu kudu tahu kalau dengan kamu minta maaf, dan kamu udah melakukan hal yang benar dan you tried your best. Apa pun hasilnya.

Jadi, sudahkah kamu minta maaf?



Now as always, our weekly recommendation is here! 

We know, we know, it’s tanggal tua and some of you might not get your paycheck yet, so that’s why we’re here! To give you the coolest recs on everything (literally everything!) for you to enjoy during the no-spend-weekend.
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Comfort food saya di antaranya itu ada Nasi goreng dan Nasi Padang. Tapi akhirnya saya baru menemukan (mengetahui) ada kombinasi kedua makanan tersebut “Nasi Goreng Padang” yang rasanya cenderung pedas asin, kaya akan rempah-rempah, lalu disiirami kuah kari (khas Padang) yang membuat warnanya lebih merah, dan diberikan daging cincang (Dendeng) melimpah di atasnya. ~ Mitche
  • Cantaloupe album by Oslo Ibrahim. Perhaps Oslo Ibrahim is familiar for some of you guys. But, I highly recommend you guys to listen to his songs. Kebanyakan lagunya galau, tapi enak semua. Percayalah. Jangan kaget kalo gayanya tuh nyentrik abis. Berani pake baju cewek, tapi dia lakik puol. (Anon)
  • Lately aku lagi suka banget nonton sitcom Modern Family, seru banget tentang kehidupan tiga keluarga yang ada-ada aja tingkahnya. Aku biasanya bosen kalau nonton film atau series, tapi yang satu ini ga bikin bosen dan malah bikin kecanduan. Cocok banget kalo kalian lagi nyari tontonan yang lucu dan ringan. (Anonymous)
  • Thanks to someone yang udah rekomen sitcom SUPERSTORE on the last weekly recomendations (seru juga ternyata). Finally gue jadi punya something to watch setelah ngikutin 99 just finished at S8 and sadly they cancelled for S9 :(. Brooklyn nine-nine juga ga kalah seru, menceritakan para polisi (NYPD) bagian Brooklyn ke-99 dengan kelakukan yang unik setiap eps-nya memecahkan kasus dan permasalahan yang berbeda. Tetep dibalut sama comedy dengan sifat dan sikap nyelenehnya juga. Menghibur banget buat ditonton waktu santai and can be a moodbooster– this one you can find on NETFLIX too! (peraltafiance)
  • Untuk kalian yang mau belajar grammar bahasa Inggris, Engvid by Rebecca on YouTube is highly recommended!! (Anonymous)
  • Buat kalian yang lagi dalam proses menunggu someone buat ketemuan dan cerita-cerita, kalian harus dengerin Things You Don’t Know by Haley Joelle. Lagunya indah sekali, dia sampe bikin list gitu buat diceritain sama doi kalau ketemuan ntar. If it’s not love, I dont what it is deh pokoknya (Gerald)
  • Our podcast! We’re talking about Cerita Anak Pejabat yang jadi tersangka penganiayaan dan soal tilang elektronik. Leggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
” The purpose of our lives is to be happy.” 
 
Dalai Lama.

Thank you note


Thanks to Someone for buying us coffee today! 

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement