Friday Pause: I’ll riot with you 💥

348

Hello

It’s finally Friday! Raise your hand if you’re soooo excited for the weekend? Now hands down. Yep, today we will just have fun with our podcast here, some memes, tips and recs. Enjoy your Friday and happy weekend!

For the love of Meme: Terus bete duluan close-in satu satu…..


When you get “On and Off” to do a workout…..

Dasar aku, duh. 

Coba siapa di sini yang resolusi 2023-nya mau rajin workout dan hidup sehat? Gimana progresnya di bulan pertama kemarin, gengs?

Apakah masih setia sama resolusinya? Atau udah mulai males-malesan?
Well, PR banget emang workout tuh yah. Secara, godaannya kuat banget.
Padahal, workout dan olah raga lainnya tuh penting banget. Kamu juga pasti udah khatam banget bahwa olahraga itu punya banyak manfaat, mulai dari mengurangi stress dan anxiety, meningkatkan stamina, mood jadi lebih baik, tidur lebih teratur, dsb. Nah, biar bisa mulai get moving, dan supaya ngga males-malesan, yuk fokus aja ke hal-hal ini!
  • Dont force yourself too hard. Kamu nggak perlu nge-gym atau workout seharian puoll kok. Jangan terlalu dipaksain just for the sake of advantage dari si workout ini sendiri. Malah ntar kamunya yang kesakitan nggak bisa gerak, nah lo. Jadi ya, pelan-pelan aja. Tiga puluh menit atau sejam sehari misalnya, terus jadiin rutinitas. Hasilnya bakalan lebih berasa, lo.
  • Be good to yourself. Terus kalau kamu workout yah, aturan penting yang harus selalu kamu pegang adalah jangan pernah salahin diri kamu sendiri tentang apapun yang terjadi di masa lalu, mau itu soal badan kamu, tingkat kebugaran kamu (yang cepet cape misalnya), atau tekad kamu yang kayaknya kurang banget. Hal itu cuman bakal bikin kamu males workout lagi. Jadi, coba legowo aja. Kalo emang saat ini pace kamu kurang, atau angkat beban kamu masih ringan, ya gpp. Jadikan itu penyemangat supaya kamu makin rajin berolahraga.
  • Check your expectations. We got you, namanya workout begini kamu pasti expect-nya punya badan bagus, perut rata, otot mantep, dll kan. Nah tapi yang harus kamu ingat adalah, hasil itu nggak datang dalam semalam, guys. Kamu butuh yang namanya konsistensi. Nah kalau kamu udah konsisten nih, baru deh bakalan kerasa banget all of the hard work and efforts you put into it.

Tapi balik lagi yang namanya konsisten tuh susah banget yekan. Adaaa aja excuse-nya yang bikin kita akhirnya sering skip. Contoh:

  • “Sibuk banget akutuh.” Well, mau tahu fun fact-nya nggak? Fun fact-nya adalah, kalau kamu udah menetapkan suatu hal sebagai penting, sesibuk apapun kamu, kamu pasti nyempetin buat melakukan hal itu kan. You must make time for it. Nah makanya, sekarang tanya sama diri sendiri, “Kamu menganggap workout ini sebagai hal yang penting nggak?” Gituu. Kalau iya, ya udah sempetin aja 10-15 menit per hari. Efektif kok. Atau jadwalin di weekend sejam misalnya.
  • “Gue tuh anaknya nggak ‘olah raga’ banget gitu loh.” Well, kamu bukan satu-satuinya orang di dunia ini yang berpikiran kayak gitu, guys. But the funny thing is kamu tuh bisa banget gabungin aktivitas yang kamu suka dengan olah raga. Kayak nari misalnya, itu kan berkeringat banget tuh. Tapi seru kan? Atau sesimpel jalan kaki deh. Atau sepedaan bareng temen misalnya, Yang gitu-gitu. Fun tapi manfaat olah raga bisa tetap kamu dapatkan.
  • “Takut kenapa-napa nggak sih?” Nah ini ada benernya juga. Olah raga yang nggak ngikutin prosedur (nggak pemanasan, nggak pendinginan, terlalu maksain) tuh somehow bakalan jadi boomerang buat fisik dan tubuh kita. Apalagi kalau kamu lagi nggak dalam kondisi yang prima. Makanya, penting banget untuk memulai olah raga dengan aman, gengs. Kalau kamu ada health issues, ya kudu tanya dulu sama doktermu. Terus pemanasan kayak yang tadi dibilang, olah raganya santai dan tenang aja, jangan lupa minum air putih, dan yang paling penting, dengerin tubuh kamu. Jangan maksa. Kalau tubuh kamu udah bilang stop, ya udah stop di situ. Okay?

Nah setelah mengalahkan excuses di atas, now it’s time to make olah raga become something routine, yang kalau kamu skip sekali tuh, kayak ada yang kurang gitu. Caranya gini nih:

  • Mulai dari yang kecil. Ya balik lagi, ambi sih boleh aja. Tapi kamu harus inget, kalau kamu gagal, nyeseknya bakal dua kali lipat, gengs. Terus saking sedihnya, kamu jadi nyerah deh. Nah makanya, start something small dulu aja. Bangun dulu titik, ‘W emang harus work out nih”-nya. Dan dengan begitu, kamu jadi ke-trigger buat ngelakuin olah raga yang lebih advanced deh.
  • Self reward. Masih nyambung sama yang atas,  penting banget untuk menghargai dirimu sendiri atas segala usaha yang udah kamu lakukan dalam proses kamu olah raga. Yep, it’s by self rewards. Ya walaupun olahraga emang udah kasih kamu rewards sih, tapi kamu sendiri pun wajib kasih something in return dong. Contohnya kayak beli matras baru, biar kamu makin semangat. Atau sesimpel mandi air hangat atau ngopi di coffee shop
    Advertisement
    favorit kamu pas abis olahraga, yang gitu-gitu.
  • Anggap kayak main aja. Kalau kamu dari awal udah mikir gym tuh berat dan bikin kamu akhirnya nggak konsisten, coba ubah mindset-mu jadi mikirnya ini tuh ‘main’ aja gitu. Kalau main kan kita jadi seneng yah, jadi moodbooster kan. In that sense, kamu pun jadi lebih bersemangat buat olah raga karena mikirnya ini sesuatu yang fun dan nggak beban sama sekali. What you think matters loh.
  • Ada temennya. Iya, not gonna lie salah satu faktor konsistensi seseorang tuh diliat dari siapa partner-nya yekan. Kalau temenmu males, ya most likely kamu juga bakal ikutan males. Atau kalau partnermu semangat nih nge-gym tiap hari, kamu pun bakalan semangat juga. Tapi kalau kamu emang dari awal udah solo player nih, ya tinggal cari temen di sana nggak sih? Serius. Olah raga tuh juga bisa jadi ajang cari temen loh, lumayan kan nambah mutuals sosmed hehehehe.

Good luck, gengs. 2023 Hidup lebih sehat yahh.



Finallyyy it’s our weekly recommendation!

Welcome again! It’s our weely recs where we will share you all the fun things from podcast, videos, series, etc! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Hai Catch Me Up! reader, aku mau rekomendasiin lagu yang cocok buat menemani weekend kita semua, “Ditto” dan “OMG” dari Newjeans, lagunya enak didenger, beat lagunya ga terlalu kenceng dan ga lambat juga, lagu ini dedicated bagi orang yang lagi suka-sukanya crush on someone (Anon).
  • Holaaa, buku genre sejarah fiksi memang memiliki daya tarik tersendiri, salah satu favorit saya adalah “Cantik Itu Luka” karya Eka Kurniawan. Bercerita seputar keluarga (terkhusus) Ayu Dewi yang selalu berpikir Pragmatis Kala menghadapi tapal picik Kolonialisme. Berlatar di Halimunda dari zaman Kolonialisme Belanda, Jepang, kebengisan 65 hingga setelahnya. Ya, novel Ini memang mengandung begitu banyak kata eksplisit yang terkadang membuat beberapa orang tak lanjut menumpas habis bacaanya, Tapi bagi sebagian lain (terkhusus saya) justru itu lah yang menjadi daya tariknya sekaligus membuatnya menjadi lebih nyata ataupun membuat fantasi kita bisa terbang sebebas-bebasnya. ~ MITCHE
  • Selamat ERK Efek Rumah Kaca atas perilisan album barunya “Rimpang” !!! Selalu dengan sajian audionya yang magis dan mengikat. Gonna bless your day and ears gesss. Mantappp – alle
  • Menurutku vibes nya Januari banget. “Ground Zero” – Rahmania Astrini cocok buat kamu yang ga ragu memulai hari dg semangat baru n terus melangkah maju❤‍🔥 (Anon)
  • Aku mau rekomendasi album solo barunya YESUNG Super Junior dengan judul “SMALL THINGS“, setelah sekian lama terkenal dengan lagu lagu ballad nya, akhirnya dia masuk ke genre indie pop yang easy listening dipadu dengan suara husky-nya yang bikin adem telinga, hehe. My top three are “Small Things”, “Mermaid” and “4 Seasons”. (N)
  • Untuk kamu yang suka baca cerpen, khususnya genre speculative fiction (sci-fi, fantasy, dystopia, etc.), aku rekomen banget “Sisters of the Revolution“. Antologi cerpen fiksi spekulasi yang bertema feminisme dari 29 penulis perempuan. Salah satunya ada Ursula K. Le Guin. @woopal_na
  • Our podcast! We’re talking about sidang duplik Ferdy Sambo cs dan makanan pemicu kanker. Leggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

‘The secret of life, though, is to fall seven times and to get up eight times.’

– Paulo Coelho ‘The Alchemist.’ –


Thank you note

Thanks to Someone & Via for buying us coffee today! 
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement