AS Akan Mengakhiri Status Darurat Covid-19

207

Who’s saying goodbye to Covid-19?

United States. 
 
REALLY? 
Yep, negeri Paman Sam itu berencana untuk mengakhiri status darurat wabah Covid-19 nya pada 11 Mei mendatang, guys. Adapun Presiden Joe Biden akhirnya mengambil keputusan ini setelah mempertimbangkan banyak hal, termasuk perkembangan kasus, jumlah warga yang udah divaksin, dll. Selain soal mengakhiri status darurat, pada Senin lalu White House juga mengumumkan bahwa berakhirnya status ini juga sekaligus mengakhiri kebijakan pembatasan sosial yang pertama kali diumumkan sama pemerintahan Trump di tahun 2020.
 
Terus terus? 
With all of the restrictions lifted, akhirnya rumah sakit dan panti jompo bisa lebih fleksibel dalam menangani pasien yang memerlukan layanan mereka. Terus, Departemen Layanan Kesehatan di AS juga berjanji buat segera mengumumkan pemberitahuan ini dalam 60 hari ke depan supaya seluruh negara bagian bisa siap-siap nih, sebelum mengakhiri status darurat tersebut. Dengan begini, sistem kesehatan di sana jadi memiliki waktu buat getting back to normal.
 
Now tell me about Covid-19 in the US.
Speaking of the data, total kematian akibat COVID-19 di Amerika for the past seven days itu tercatat ada 3.448 jiwa. Angka ini lumayan turun sebanyak 2,41% dibandingkan pekan sebelumnya. Angka ini juga mencakup 41,38% kematian secara global yang mencapai 8.332 jiwa. Walaupun angkanya menurun, angka kematian di AS masih mencapai 500 jiwa per hari. Terus, kamu tentunya inget guys
Advertisement
 bahwa AS pernah jadi negara dengan kasus Covid-19 terparah dengan angka kematiannya juga pernah mencapai yang tertinggi di dunia.
 
I believe WHO has a say.
Oh ya tentu. Di minggu ini, WHO udah menyatakan bahwa Covid-19 tetap jadi darurat kesehatan global dan pandemi masih ada di titik transisi. Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga bilang kalo deklarasi darurat kesehatan masyarakat masih jadi perhatian internasional. Pak Tedros juga bilang bahwa negara-negara harus terus menggiatkan vaksinasi.
 
Anything else? 
Pak Tedros juga memberikan imbauan buat negara-negara di dunia supaya nggak lengah dalam menghadapi Covid-19. Doi mengingatkan negara-negara di dunia supaya enggak meremehkan virus ini dan semua orang tetep harus memprioritaskan layanan kesehatan ke kelompok yang paling membutuhkan.
Advertisement