Abby Choi Jadi Korban Pembunuhan & Mutilasi

219

Now, let’s get you up to speed on: Abby Choi’s case…

*Trigger warning: This content mentions torture and human rights violation which could be unsettling for some readers. Proceed with cautions!

I am ready. Catch Me Up! 
Sure. So, we’re going to talk about the hottest issue lately, about Abby Choi, seorang sosialita sekaligus model asal Hong Kong. Abby Choi lagi jadi perhatian banyak orang gara-gara jadi korban pembunuhan dan mutilasi. You know who did it? Keluarga mantan suaminya sendiri. Sebenernya, Abby sama keluarga mantan suami, yang namanya Alex Kwong, tuh akrab-akrab aja selama ini, bahkan Abby juga masih ngasih dukungan ke finansial ke keluarga si Alex kok.
 
So, where do we start? 
Kisah tragis Abby Choi bermula waktu dia lagi OTW buat jemput anaknya di Hong Kong Science Park pada 21 Februari 2023. Waktu itu, Abby dianterin sama sopirnya, Anthony Kwong, yang ternyata merupakan mantan kakak iparnya, kakaknya si Alex Kwong. Waktu lagi mau masuk ke mobil, eh si Alex nih tiba-tiba aja ikutan masuk ke dalam mobil. Mereka pun berdebat di dalam mobil, dan Abby pun mengalami luka.

Ya ampun…
Nah, hal ini terjadi kira-kira pukul 15.12 waktu setempat, ketika mobil tiba di Lung Mei Village yang berlokasi di Tai Po. Di Lung Mei inilah yang menjadi lokasi ditemukannya bagian tubuh Abby Choi yang dimutilasi. Moving forward, keluarga Abby mulai menelepon polisi gara-gara Abby udah nggak bisa dihubungi lagi sejak tanggal 21 itu. Di tanggal 22, keluarga Abby pun lapor polisi. Terus, polisi akhirnya menemui Anthony, si sopir. Tapi, polisi kok curiga ya sama Anthonynya. Makanya, polisi pun melanjutkan investigasi yang akhirnya mengarah ke mantan suami dan mantan ayah mertuanya Abby.

Go on.. 
Pada 24 Februari pagi, polisi menangkap Anthony dan ayahnya, yang merupakan mantan mertua Abby. Nah, siangnya, polisi pun memeriksa rumah di Lung Mei. Di sini nih, semuanya keungkap. Polisi menemukan bukti-bukti yang menguatkan kalo Abby dibunuh. Polisi nemuin gergaji, jas hujan, sarung tangan, masker sampe meat grinder di rumah itu. Ngerinya, polisi nemuin juga potongan daging manusia dan dua panci sup yang mengandung jaringan manusia.

Kedua kaki Abby juga ditemuin di dalam kulkas, tapi bagian badan dan kepalanya sempet hilang. Akhirnya, Alex pun ditangkap pada 25 Februari di Tepi Perairan Tung Ching. Diduga, Alex berusaha kabur dari Hong Kong. Masih di hari yang sama, polisi masih berusaha mencari potongan tubuh Abby di kuburan Tseung Kwan O, gara-gara keluarga Alex sempet mengunjunginya. Tapi, kepala Abby masih belum ditemukan. Ternyata, kepala Abby justru ditemukan di dalam panci rumah di Kawasan Lung Mei. Ada laporan yang bilang kalo ada yang mencoba menghancurkannya, ada juga yang bilang kalo kepalanya berusaha dimasak. Selain itu, bagian tulang iga Abby juga ditemukan di panci besar di rumah tersebut.
Advertisement
 
I still can’t wrap my head around this.. 
Same. Apalagi kalo tau motif utamanya adalah karena harta. Seorang sumber kepolisian bilang bahwa mantan mertua Abby itu nggak suka ketika tau kalo Abby mau ngejual properti mewah, yang dulu dibeli buat mertuanya itu. Anyway, identitas ayah mertuanya ini emang belum diungkap sama polisi. Jadi ceritanya, dulu si Abby pernah beli property di Kadoorie Hill di Ho Man Tin, atas nama mantan ayah mertuanya. Abby sebenernya janji bakal mindahin keluarga Kwong dan keluarganya ke lokasi lain, tapi si mantan mertuanya ini nggak terima dan akhirnya berdebatlah mereka.
 
Terus, kasusnya gimana sekarang? 
So far, polisi sih udah menangkap para tersangka dan terdakwa. Pertama, Alex Kwong, mantan suami Abby yang ditangkap ketika mencoba melarikan diri lewat dermaga Tung Chung. Kedua, mantan ayah mertuanya yang masih belum diungkap identitasnya. Terus, kakak laki-laki Alex, Anthony Kwong yang juga merupakan sopir Abby. Ibu Alex, which is mantan ibu mertua Abby juga ditangkap dan didakwa karena menghalangi kasus ini. Terus, polisi juga melaporkan telah menangkap tersangka lain, seorang wanita berusia 47 tahun bermarga Ng. Ng ini merupakan tukang pijat yang menjalin hubungan dengan ayah Alex selama sekitar enam bulan. Masih belum diketahui pasti sih apakah Ng mengetahui soal pembunuhan itu, tapi dia diduga membantu ayah Alex menghindar dari polisi. Jadi, totalnya ada lima tersangka dalam kasus ini.

 
Siapa sih Abby Choi ini sebenernya? 
Abby Choi, memiliki nama asli Cai Tin Feng yang lahir di Hong Kong, 11 Juli 1994. Doi ini model sekaligus influencer yang terkenal. Abby udah banyak muncul buat jadi model di majalah bergengsi kaya Vogue China, Elle, dan Harper’s Bazaar. As a sosialita, agenda doi ya dateng ke acara fashion ternama kaya Dior, Fendi, Hermes, dan Louis Vuitton. Bahkan sebelum menghilang dan tewas, Abby tuh sempet dateng ke acara Paris Fashion Week.
 
Anything else? 
Sebelum membunuh Abby, Alex tuh lagi nganggur alias nggak kerja. Doi juga punya track record kriminal yaitu dituding melakukan penipuan sebesai Rp9,7 miliar di tahun 2014-2015. Dia juga sempet digugat atas utang sebesar Rp3,3 miliar. Alex dan Abby menikah pada 2012 silam waktu Abby masih 18 tahun, dan diketahui kalo Abby tuh jadi mesin uangnya Alex. Even after mereka cerai, Abby masih terus membiayai kehidupan Alex dan keluarganya. Abby dan Alex sendiri memiliki dua orang anak, dan Abby juga udah nikah lagi pada 2016, sama pria bernama Tam Chuk. Tapi sayangnya, mereka belom mendaftarkan pernikahan mereka secara resmi.
Advertisement