Tewas Kecelakaan Lalu Lintas Diduga Oleh Iringan Polisi, Indonesia Jadi Ketua KTT ASEAN, Afghanistan Dilanda Musim Dingin Ekstrim, Petenis Swiss Roger Federer Upload Foto Bareng Para Personel Blackpink

480

Good morning

Another day, another story about the police controversy. This time comes from Cianjur, West Java. Since you’re probably reading this email early in the morning, we would like to remind you to proceed with caution. Because we know sometimes news like this makes you anxious, so remember that you can always come back later. Take care of your mental health first.

Here’s another story of: Korban Tewas Kecelakaan Lalu Lintas….

Yang (Again) penuh sama polemik. 
Yep. Setelah kemarin kita bahas soal Hasya, mahasiswa UI yang tewas karena kecelakaan lalin di Jakarta Selatan dan dijadikan tersangka, now we’re moving to Cianjur, Jawa Barat. Di sana, ada juga kecelakaan lalu lintas sampai korbannya tewas, guys :(. Nah yang bikin rame adalah,  mobil yang diduga nabrak ini berasal dari iring-iringan pejabat polisi, guys.

WHATTT??
Iya. Now everybody meet: Selvi Amalia Nuraeni. Selvi adalah seorang mahasiswa di Universitas Suryakencana, Cianjur. Pada 20 Januari lalu, waktu Selvi lagi bawa motor di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Karangtengah, Cianjur, everything was normal sampai angkot di depannya Selvi berhenti secara mendadak. Otomatis Selvi kaget dong, dan nggak bisa menghentikan motornya secara proper. Akhirnya jatuh dia, motornya jatuh ke sisi kiri, Selvinya ke sisi kanan.

Oh noo… Terus terus?
Nah little did they know ternyata saat itu ada iring-iringan pejabat polisi dari arah berlawanan, guys. Terus Selvi yang masih tersungkur di aspal tadi tiba-tiba aja kelindes kepalanya sama sebuah mobil Audi A8 yang diduga dikawal sama polisi ini. Adapun mobil sedan itu emang sempat berhenti di mana banyak warga juga datangin si supir dan minta pertanggungjawaban. Tapi setelah dilihat-lihat lagi, itu Audi masih mulus. Nggak ada lecet, nggak ada penyok, ban aman, dll. Makanya karena merasa dia nggak salah, ditinggalin lah TKP itu. Makanya banyak yang bilang kejadian ini adalah tabrak lari, gengs.

TU ORANG SIAPAAA?
Well well well, masih dari penuturan saksi, sedan Audi A8 itu diisi sama satu orang supir, terus ada perempuan, dan anak kecilnya. Nah perempuannya ini yang diketahui bernama Nur  jadi spotlight tersendiri  di mana dia ngaku merupakan istri seorang polisi berinisial D yang hari itu lagi tugas dalam iring-iringan. “Saya istrinya, iya polisi. Inisial D,” katanya gitu.  Adapun menurut penuturan Nur, dia emang udah janjian sama suaminya di satu tempat makan dan jalan kesananya barengan ngikut iring-iringan atas izin suaminya. Nggak menyela, nggak maksa masuk iring-iringan.

HEMMMM….
Tapi plot twist-nya adalah, setelah dilakukan penelusuran oleh pihak Polres Cianjur, Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, akhirnya mengkonfirmasi kalau Mbak Nur ini bukan istri polisi kayak yang dia sampaikan, guys. Mbak Nur disebut cuman sebatas ‘kenal’ aja sama salah satu anggota polisi, yang mana nggak diketahui apakah ada di iring-iringan itu atau nggak. Lebih jauh, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan juga menyebut kendaraan yang nabrak Selvi sampai tewas itu bukan bagian dari iring-iringan polisi. “Mobil itu menyusup,” kata Brigjen Ramadhan gitu.

Ya ampun….
Belum selesai, beb. Nggak berhenti di situ. Pihak keluarga Selvi ternyata nggak terima sama keterangan polisi di atas. Iya, dari bukti berupa CCTV yang udah mereka kumpulkan, pihak keluarga yang diwakili kuasa hukum Yudi Junadi menyebut nggak ada mobil Audi A8 di TKP. Yang ada tuh Toyota Innova warna hitam yang disebut Yudi merupakan bagian dari iring-iringan polisi tadi. Nah si Toyota Innova ini juga yang disebut menabrak Selvi sampai tewas. Yudi bahkan bilang ada goresan bekas gesekan di bumper depan sebelah kanan. Cuman yha gitu, kepolisian kekeuh menyebut yang nabrak itu Audi A8.

Lah….
Iya. Di satu sisi, polisi juga menemukan bukti goresan di bumper depan yang diduga merupakan bekas kecelakaan di Audi A8 yang diisi sama Nur dan dua orang lainnya tadi, gengs. Lebih jauh, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo bahkan menyebut bekas kecelakaan itu udah disesuaikan sama keterangan sembilan orang saksi, yang terdiri tujuh orang yang ngeliat langsung, dan dua saksi mahkota, which is Nur dan si anak perempuan itu berinisial DS. Nur bilangnya emang dengar suara benturan ‘Bruk!’ gitu, terus ngak lama dia ngerasa itu mobil kayak ngelindas sesuatu. Terus DS juga bilangnya gitu. Dan waktu dia ngeliat ke belakang, ada perempuan pake jilbab hitam udah kegeletak di jalan, katanya.

I see….. Terus pihak keluarga gimana dong tuh?
Yha Yudi dan pihak keluarga sih tetap kekeuh kalau yang menabrak itu adalah Toyota Innova hitam, berasal dari rombongan iring-iringan.  Dan menyebut emang ada goresan bekas kecelakaan di mobil itu. Nah buat membuktikannya supaya ketahuan jelas siapa yang nabrak, bukti goresan yang ada di Mobil Toyota itu bakal diserahkan ke Pusat Laboratorium Forensik biar dilakukan proses pemeriksaan, gengs. Biar ketahuan juga siapa yang sebenarnya nabrak Selvi.

So any updates now?
Yep, Sugeng Guruh Gautama, supir mobil Audi A8 yang ngebawa Nur dan DS tadi akhirnya ditetapkan polisi sebagai tersangka. Adapun penetapan ini udah berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi, olah TKP, scientific investigation, dan pemeriksaan Labfor, semuanya merujuk pada mobil Audi A8 itulah yang udah menabrak Selvi sampai tewas, guys. Nah setelah ditetapkan sebagai tersangka, hari Minggu kemarin tanggal 29 Sugeng pun akhirnya menyerahkan diri ke Polres Cianjur dan dilakukan pemeriksaan ever since. AKBP Donni bilangnya emang belom dilakukan penahanan, guys karena harus nunggu pertimbangan penyidik dulu katanya. Tapi yang pasti, dengan Sugeng menyerahkan diri ke polisi, meaning dia bakalan mengikuti proses hukum secara kooperatif lah.

Got it. Anything else I should know?
Btw kecelakaan lalu lintas bahkan sampai menyebabkan nyawa melayang tuh emang masih jadi salah satu PR yang kita kudu sama-sama beresin yah, guys. Nggak cuman di jalan tol di mana angka kecelakaan tinggi di sana, tapi di jalanan umum juga. Di libur Nataru kemarin aja, tingkat kecelakaan lalu lintas udah meningkat sebesar 11% dibanding Nataru 2019 (before this pandemic happens). Cukup concerning, bukan? Makanya. Hati-hati di jalan ya, guysStay safe!

Who’s ready for another big event?

Us, Indonesians.
Yoi, gengs. Setelah sukses menggelar KTT G20 November tahun lalu, tahun ini kita dipercaya buat jadi Ketua ASEAN dan meaningKTT ASEAN 2023 bakal digelar di Indonesia. Makanya, sebagai kick off, kemarin banget nih, Presiden Joko Widodo sepedaan di sekitaran Bundaran HI.

Hold on.
 Ketua ASEAN tuh maksudnya gimana?
Iya, namanya aja udah Association of Southeast Asian Nations, yang mana merupakan asosiasi, di mana butuh ketua dong, biar jadi nahkodanya nge-promote sekaligus meningkatkan kesejahteraan ASEAN, membangun community, dan aktif plus tanggap buat nge-lead penanganan setiap isu yang mempengaruhi ASEAN. Sekaligus juga jadi tuan rumah menyelenggarakan KTT ASEAN di tahun itu, guys. Tapi nggak kayak Ketua BEM atau ketua OSIS yang ketuanya dipilih berdasarkan pemungutan suara, Ketua ASEAN tuh sistemnya rolling gitu berdasarkan abjad dalam Bahasa Inggris.

I see….
Nah tahun lalu kan Ketua ASEAN tuh Kamboja aka Cambodia yah. Meaning dari C, tahun ini langsung loncat ke I. Indonesia. Makanya dalam KTT ASEAN 2022 lalu yang digelar di Phnom Penh, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen secara simbolis menyerahkan palu keketuaan ke Presiden Joko Widodo deh. Rangkaian pertemuan pemimpin ASEAN akhir tahun nanti rencananya bakal digelar di berbagai titik, mulai dari Jakarta
Advertisement
 sampai Golo Mori, Nusa Tenggara Timur.  Terus, Keketuaan ASEAN di Indonesia akhirnya dimulai dengan kick off yang digelar kemarin, gengs.

Tell me.
Kick off bukan sembarang kick off, Presiden Joko Widodo kemaren tuh gowes di sekitaran Bundaran HI, gengs. Di situ ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, ada Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, sampai Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Nggak cuman itu, para duta besar negara-negara ASEAN dan non ASEAN juga pada hadir  Seru deh pokoknya, Pakde bahkan sempat nyapa warga yang datang ke sana, sekaligus juga menyampaikan apa yang mau Indonesia bawa dalam keketuaan kali ini.

Nah gimana tuh?
Menurut Pakde, tahun ini tuh tantangannya most likely sama kayak tahun lalu di mana presidensi G20 juga ada sama Indonesia. Kayak krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, semuanya ada. Nah dari spirit itu, Pak Jokowi menyebut ASEAN bakalan masih relevan dan penting buat masyarakat, kawasan, dan dunia. Lebih jauh, beliau juga menjelaskan kalau apa yang dilakukan ASEAN sekarang tuh bisa banget meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan masih bisa berkontribusi buat perdamaian dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

Okay….
Nah dengan spirit itulah, akhirnya dalam keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini, dipilih tema“ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di masa keketuaan ini Indonesia pengen nunjukin sekaligus make sure kalau berbagai hal yang tadi dijelasin, guys, kayak pertumbuhan ekonomi, perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan kawasan. Supaya bisa kasih dampak buat masyarakat ASEAN and beyond kata Bu Retno. Biar masyarakat ASEAN makmur, guys.

Amen. Anything else? 
Fyi, you should know bahwa karena KTT ASEAN 2023 ini, Indonesia dan India tuh sampai tukeran jatah dalam presidensi G20 kemarin. Iya, jadi sebenarnya tahun lalu presidensi G20 ada di India, tahun ini baru kita. Cuman karena tahun ini ada KTT ASEAN di Indonesia, maka negosiasi lah dan akhirnya menghasilkan KTT G20 tahun lalu tuh diadain di sini, tahun 2023 ini baru di India.

It’s freezing, TOTALLY.

In Afghanistan. 
Yep, kasian deh guys warga sana. Udah konflik ga berkesudahan, miskin, kini mereka dilanda musim dingin ekstrim yang mencapai -33 derajat Celcius telah menewaskan lebih dari 160 orang.

How come?!? 
Yha of course karena musim dingin yang udah terjadi di Afghanistan sejak 10 Januari kemarin. It’s even the coldest winter in Afghanistansince 15 years ago. Akibatnya, 160 orang tewas. Awalnya, badan penanggulangan bencana di Afghanistan melaporkan kalo jumlah korban tewasnya meningkat sebanyak 88 orang dalam seminggu terakhir. Dan totalnya sekarang, mencapai 166 orang. Kalo menurut keterangan dari pejabat kementerian Abdul Rahman Zahid, which is part of Taliban, kematian yang terjadi itu disebabkan oleh banjir, kebakaran dan kebocoran pemanas gas. Ga cuma warga, tapi juga 80 ribu ternak mati akibat cuaca dingin dan sekitar 100 rumah hancur.

🙁
Iya sedih kan. Padahal ga pake musim dingin aja, Afghanistan ini udah ada dalam kondisi yang ambyar banget karena konflik berkepanjangan dan kemiskinan tadi. Tapi, since pemerintahannya udah dipegang sama Taliban, banyak negara dan kelompok bantuan yang  jadi menangguhkan bantuan untuk negara ini. Terus kan baru aja, Taliban yang kini memerintah di Afghanistan juga mengeluarkan kebijakan yang melarang pekerja LSM perempuan bekerja. Jadinya banyak lembaga yang nggak bisa melanjutkan program kemanusiaan mereka di sana.

Geez….
Ya tapi meskipun udah ambyar gitu, Taliban is still being Taliban yang super fundamentalis. Meski warganya udah banyak yang meregang nyawa, pemerintah Taliban bersikeras nggak akan merubah kebijakannya yang sangat diskriminatif, khususnya ke perempuan. Penjabat Menteri Penanggulangan Bencana Mullah Mohammad Abbas Akhund bilang bahwa dekrit kebijakan itu nggak bakal dicabut. Pihaknya masih bersikeras kalo komunitas internasional harus menerima budaya Islam Afghanistan.

How’s the response? 
Sampe sekarang, PBB masih berusaha buat cari celah dalam mengakali larangan ini. Kepala bantuan PBB, Martin Griffiths, lagi cari dispensasi terhadap larangan bekerja bagi sukarelawan perempuan. Dia menyebut musim dingin di Afghanistan jadi malapetaka bagi keluarga di Afghanistan, bahkan ketika selama ini PBB juga berupaya memenuhi kebutuhan di sana.
 
OK. Anything else?
Sebenernya, sebelum adanya musim dingin ini, Afghanistan udah menderita berbagai krisis. Sebelumnya, Afghanistan menderita krisis kelaparan besar. Badan-badan bantuan udah kasih peringatan kalo lebih dari separuh populasi Afghanistan, yang jumlahnya sekitar 38 jiwa menghadapi kelaparan, bahkan 4 juta anak menderita kekurangan gizi.

When Blackpink is in Federer’s area…

Khususnya di Instagram.
 
Yoi guys, kamu perlu tahu nih bahwa akun Instagram petenis legendaris asal Swiss Roger Federer mendadak meledak setelah doi meng-upload foto bareng para personel Blackpink secara lengkap. Diketahui, Federer dan para personil Blackpink ini ketemu di sebuah acara fashion di Paris pada Minggu (29/1) lalu. Melihat postingan ini, warganet khususnya para Blink langsung heboh dong, mereka kemudian menghujani postingan Federer dengan comments dan likes, di mana likes-nya mencapai lebih dari 1,1 juta. Federer even couldn’t imagine this happening.
 
FYI guys, setelah pensiun dari dunia tenis pada September tahun lalu, Federer emang jadi lebih fokus ke dunia fashion. Makanya, di acara itulah dia bisa ketemu sama members dari Blackpink ini.  Sebelum sama Federer, Lisa Blackpink juga sempet bikin heboh lewat postingannya waktu foto sama bintang sepakbola terkenal PSG, Neymar. Neymar akhirnya nge-repost postingan dari Lisa. Akhirnya, postingan Neymar juga langsung diserbu sama netizen.

“Itu pertanyaan aneh.” 
 
Wkwkwk gitu guys kata Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Pacul pas ditanya soal calon presiden 2024 dari partainya. Jadi emang saat partai lain udah mengumumkan capresnya, PDIP ini masih silent aja guys, makanya banyak yang bertanya-tanya kan, secara mereka partai pemenang pada pemilu lalu. Eh tapi kalo kata Bambang Pacul sih pertanyaannya aneh. Wkwkwkwk.
 
Yuk guys, cosplay jadi Bambang Pacul pas ditanya “kapan nikah” pas lebaran nanti…

Announcement

Thanks to Someone for buying us coffee today!


(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
If you’re trying to lose some weight, try these morning routines.
Advertisement