Perayaan Imlek 2023

19

Here’s your A to Z recap on: Perayaan Imlek 2023

Gong Xi Fa Cai!!
Selamat Tahun Baru Imlek for those who are celebrating! Di Tahun Kelinci Air yang semoga bawa keberuntungan dan harapan ini, here we bring you a full recap of what happened di Perayaan Imlek tahun ini, termasuk the long weekend we’ve been excited for. Leggoooo….

Seru banget sih Chinese New Year….
We know, rite? Pesta kembang api, bagi-bagi angpao, atraksi barongsai, kumpul sama keluarga, you name it deh. Apalagi setelah berbagai pembatasan related to COVID-19 dua tahun ke belakang, perayaan Imlek tahun ini tuh jadi epic comeback-nya di mana Imlek di berbagai kota dirayain secara meriah dan gede-gedean, guys. Presiden Joko Widodo pun sempat kasih greeting lewat akin Instagram resminya, di mana tertulis: “Masa berganti, tahun berlalu, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai.” That being said, harapan itu yang tercermin pada perayaan Imlek di berbagai kota. Mulai dari Jakarta, Solo, Pontianak, dll.

Tell me. 
Sure. Kita mulai dari Jakarta yah. Di Jakarta, aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya tuh sebelumnya udah commit bakalan menjalankan tugasnya untuk make sure Perayaan Imlek tahuin ini bakalan berjalan aman, nyaman, dan kondusif, guys. Nah, commitment ini kemudian mereka wujudkan dalam bentuk upaya pengamanan di mana sebanyak 4.550 personel TNI/Polri dikerahkan. Terus bersamaan dengan itu juga dilakukan upaya sterilisasi sejumlah vihara di Jakarta. Dikonfirmasi langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, emang vihara-vihara yang besar  dilakukan sterilisasi, kalau vihara tradisional ya cukup dilakukan pemantauan aja, katanya gitu.

Sterilisasi gimana maksudnya?
Well, Irjen Fadil nggak menjelaskan lebih lanjut sih sterilisasi kayak gimana yang dimaksud dan vihara mana aja yang dilakukan sterilisasi. Tapi kalau di Jakarta, wilayah Petak Sembilan, Grogol, tuh jadi salah satu pusat perayaan Imlek di Jakarta, guys. Rame banget di sana. Selain umat Konghucu yang ibadah, Vihara Dharma Bakti yang terkenal di sana juga beroperasi selama 24 jam dan jumlah pengunjungnya pun nggak dibatasi. Tapi protokol kesehatan tetep diperhatikan sih. Masyarakat yang datang kudu pake masker dan harus dalam kondisi sehat, guys.

Masih di Jakarta…..
Yang harus kamu tahu adalah, kemarin itu kan hari Minggu yah di mana jadwalnya Car Free Day di sekitaran Bundaran HI. Nah tapi, karena bertepatan sama Imlek, Dinas Perhubungan DKI memutuskan buat meniadakan CFD deh. Dari keterangan mereka di media sosial, Dishub DKI Jakarta sih bilangnya warga kudu sering-sering mantau aja informasi terkini seputar Car Free Day ini. Most likely sih minggu depan bakalan ada lagi, guys.

Ok how about other cities?
Di kota lain perayaan Imlek-nya juga meriah, guys. Di Solo, Jawa Tengah, misalnya. Ada semacam rangkaian acara dan karnaval khusus buat menyambut Tahun Baru Imlek, namanya Grebeg Sudiro, yang dipusatkan di Balai Kota Surakarta sampai Pasar Gede Hardjonagoro, Solo dan berlangsung sampai hari ini. Isinya macem-macem, ada pertunjukan dari warga, live music, and of course, lampion dan kembang api. Well, sejak tahun lalu, Solo tuh emang dikenal sebagai salah satu kota toleran di Indonesia, guys. Termasuk toleran terhadap perbedaan agama, dan hari rayanya. Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bahkan mencuri perhatian netizen ketika kasih greeting ucapan selamat Hari Raya Imlek pake bahasa Mandarin lengkap nggak terbata-bata dan nggak ada salah pengucapan.

I see….
Terus di Pontianak, Kalimantan Barat, juga nggak kalah meriah, gengs. Ada pesta kembang api juga yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada. Selain itu, perayaan Imlek tahun ini juga diliat sebagai pergerakan ekonomi buat Pontianak, guys. Iya, disampaikan langsung oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, the fact that banyaknya masyarakat yang berkunjung ke Pontianak dan Singkawang (which is well known for their massive Imlek celebrations) bakalan bisa berdampak sama perekonomian, terutama dari sektor UMKM dan ekonomi kreatif. Banyak yang belanja, banyak yang kulineran, banyak yang beli oleh-oleh, dll. Mobilitas masyarakat tuh membantu banget buat perekonomian yekan.


Speaking of
 mobilitas masyarakat…
Kamu pasti udah tahu kan kalau berdasarkan Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi aka MenPAN-RB, hari ini tuh dijadikan Cuti Bersama Perayaan Imlek, guys. Jadi yaa..  it’s a long weekend, everybodyYep, kayak yang udah-udah, long weekend tuh pasti dimanfaatkan buat liburan kan, sekalian healing awal tahun ehehehe. In that sense, diketahui udah PT Jasa Marga mencatat udah ada lebih dari 340 ribu kendaraan udah leaving from Jabodetabek.

Wow banyak juga yha….
Yep. Pihak Jasa Marga menyebut emang ada peningkatan arus lalu lintas 7,90% dari kondisi normal, guys. Terus angka ini juga merupakan angka kumulatif dari arus lalu lintas yang terjadi di empat gerbang tol utama, which is Gerbang Tol (GT) Cikupa ke arah Merak, GT Ciawi ke arah Puncak, GT Cikampek Utama ke arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama ke arah Bandung.  Well, Jasa Marga sih bilangnya yang penting antisipasi aja sama perjalanan kalian, guysMake sure kendaraan kalian prima, kamunya sehat, BBM kendaraannya cukup, e-money-nya ada, dan always mematuhi rambu-rambu dan arahan dari petugas.

Itu sih emang always pak….
Now let’s talk about those who are flying. Iya, long weekend nggak cuman dimanfaatkan buat jalan via darat, tapi via jalur udara juga. In that sense, kemarin banget nih, udah ada lebih dari 100 ribu penumpang di Bandar Udara Soekarno Hatta, baik yang akan terbang, yaitu sekitar 49 ribu-an penumpang, dan yang datang yaitu sebanyak 53 ribu penumpang. Angka ini pun disebut masih bakalan terus bertambah karena masih fluktuatif.

Got it. Anything else I should know?
Btw seiring dengan serunya perayaan Chinese New Year di Indonesia, di China justru dibayangi sama perasaan khawatir dan ketar-ketir since COVID-19 di sana juga masih terus mengalami peningkatan. Terkait hal ini, Presiden China Xi Jinping meningkatkan pengawasan khususnya di daerah pinggiran, secara kalau Imlek tuh kan warga pada mudik yah, pada naik kendaraan, ke daerah pinggiran tadi. Ditambah dengan kebijakannya yang udah mulai dilonggarkan, makanya daerah pinggiran tuh concerning banget jangan sampai kasusnya makin parah di sana. Tapi udah ada penanganannya sih di mana pengawasan terhadap kelompok rentan di sana makin digenjot lagi, biar kasusnya juga bisa ditekan.