Penembakan Massal di Los Angeles

197

When the shootings happened again..

Now in Los Angeles, California. 
Kali ini, penembakan massal terjadi bertepatan sama Tahun Baru Imlek.

Tell me.

Sedih banget deh, guys. Penembakan massal yang terjadi kali ini terjadi di studio dansa, di wilayah Monterey Park, Los Angeles. Akibatnya 10 orang tewas dan 10 lainnya luka-luka. Turns out, pelakunya merupakan pria keturunan Asia. Menurut keterangan dari Sheriff Los Angeles County Robert G. Luna, pelakunya bernama Huu Can Tran yang usianya 72 tahun. Luna juga ngasih info kalo pria yang ditemukan tewas di dalam sebuah van kargo putih setelah kejar-kejaran sama polisi di wilayah Torrence, ya Tran si pelaku itu. Padahal, Torrence itu jaraknya 48 km dari Monterey Park.

Go on.

Menurut keterangan polisi, Tran adalah pria bersenjata yang sempat dilucuti senjatanya oleh sekelompok orang di sebuah studio dansa di Alhambra, California, nggak lama setelah melakukan penembakan di Monterey Park. Pihak polisi sendiri sejauh ini masih menyelidiki apa yang jadi motif penembakan itu. Pihaknya juga bilang kalo masih terlalu dini banget buat nyimpulin kalo motifnya itu kejahatan rasial.


How did this happen?
Tran sejauh ini diduga jadi pelaku tunggal dalam penembakan ini. Di rekaman CCTV, pelaku merupakan pria Asia berusia 30-50 tahun. Usai penembakan, pelaku masih sempet kabur. Terus, kepolisian akhirnya melakukan operasi pencarian besar-besaran selama 12 jam. Waktu polisi nemuin Tran, dia berada di sebuah van putih di Torrence, California. Polisi pun mengepung mobil van itu, terus polisi dikagetkan sama suara tembakan dari dalem van. Pas dicek, bener aja, Tran udah dalam kondisi tewas dan polisi pun menduga kalo dia menembak dirinya sendiri.
Advertisement

Are there any Indonesians?
Kalo menurut keterangan dari pihak Kemlu RI, menurut keterangan dari KJRI Los Angeles juga, sejauh ini nggak ada WNI yang jadi korban.

Any words?
Yep. President Joe Biden udah tau soal kejadian ini dan dia pun mengutuk keras insiden yang terjadi di Hari Imlek tersebut. Biden juga  mengarahkan penasihat Keamanan Dalam Negeri buat menindaklanjuti dan segera menyelidiki kasus ini.

Anything else?
Kalo menurut keterangan dari Ketua Kamar Dagang Cina Los Angeles Chester Chong, Monterey Park ini tuh emang dalam beberapa dekade terakhir udah jadi tujuan para imigran dari Tiongkok. Dan kalo menurut data Sensus AS, sekitar 65% penduduknya merupakan orang Asia.
Advertisement