Manado Terendam Banjir Bandang

372

When disaster is still  in the headliness….

In Manado.
Yep, sedih banget deh, gengs. Bencana masih aja terjadi di negeri kita :(. Kali ini di Manado, Sulawesi Utara, di mana sejak Jumat lalu wilayah mereka terendam banjir bandangguys. Bahkan sampai memakan korban jiwa.

Tell me. 
Sure. Jadi as we all know curah hujan di berbagai wilayah di Indonesia tuh kan masih tinggi banget yah sekarang. Nggak terkecuali di Manado, Sulawesi Utara. Adapun starting from Jumat kemarin, puluhan kelurahan di Manado tuh udah hujan yang deras banget. Nah karena hujan deras, daerah aliran sungai yang ada di Danau Tondano tuh jadi meluap. You know what happened after this, riteCorrect, banjir pun nggak bisa lagi dihindari.

Ya ampun…
Dari laporan Badan Penanggulangan Daerah aka BPBD Manado, udah terdapat 40 titik banjir yang tersebar di 25 kelurahan di sana. Ketinggian banjirnya tuh beda-beda, gengs. Dari kisaran 300-800 cm, bahkan yang paling parah, ada di ketinggian 3 meter. Nah karena udah parah nih banjirnya, maka ribuan warga yang tinggal di kelurahan-kelurahan itu pun harus diungsikan ke wilayah yang lebih aman. Ada yang dievakuasi ke posko-posko, ada juga yang ngungsi ke rumah keluarga yang nggak kebanjiran.

:((((( 
Nah merespons hal ini, Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana aka BNPB. Letjen Suharyantovisit langsung dari Jakarta ke Manado buat ngeliat langsung kondisi di sana, plus make sure penanganan darurat di sana berjalan maksimal dan mengutamakan keselamatan masyarakat. Jadi yha gitu, sampai di sana  Letjen Suharyanto langsung rapat bareng pemerintah daerah terus langsung gercep mau jadwalin peninjauan lokasi titik banjir, sekalian bagiin bahan logistik, dsb.

But they are okay, rite?
Ya itu tadi, ada ribuan warga yang sekarang dievakuasi. Nah tapi, bersamaan dengan itu, banjir Manado ini juga memakan korban jiwa, guys :(. Iya, selain banjir kan Manado juga dilanda bencana lain kayak pohon tumbang dan tanah longsor. Nah sampai berita ini diturunkan, udah ada sebanyak lima orang yang dinyatakan meninggal dunia, guys :((. Mereka ada yang keseret arus sungai, dan tertimbun sama tanah longsor.
Advertisement

Oh nooo….
Nggak cuman itu, the fact that ratusan rumah terendam banjir di sana jadi bikin infrastrukur di berbagai titik juga ikut kena dampaknya, guys. Kayak puluhan rumah jadi rusak parah dan satu tempat ibadah jadi rusak karena terdampak gara-gara tanah longsor. Menyikapi hal ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam keterangannya menyebut pihaknya bakalan siaga dalam menanggulangi bencana ini. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyebut masyarakat kudu waspada juga. Hindari daerah-daerah yang rawan banjir dan pohon tumbang. “Semoga bencana ini bisa segera kita lewati,” katanya gitu.

Amen,. Anything else I should know?
Btw kalau udah banjir kayak gini, masyarakat kan pada heboh ya guys, semuanya pada sibuk mengamankan diri sendiri dan orang lain, nggak terkecuali keamanan dan keselamatan bagi narapidana di Lapas Kelas II A Manado. Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun menyebut petugas lapas harus menyiapkan langkah-langkah antisipasi dan make sure narapidana tadi aman. Narapidana pun diminta tetap tertib dan jaga kesehatan, jangan sampai ada gangguan kesehatan yang mereka alami pascabanjir.
Advertisement