Kurang Hidrasi Mempengaruhi Kesehatan Fisik

227

Raise your hand if you always missed out drinking water during the day…

Now hands down
Jangan lagi ya guys, soalnya hasil penelitian terbaru menemukan bahwa kurangnya hidrasi bisa sangat memengaruhi Kesehatan fisik kita.

Tell me more. 
Jadi, based on the research from National Institute of Health yang dipublikasikan dalam jurnal eBioMedicinedisebutkan bahwa minum cukup air itu bisa berkontribusi atas rendahnya resiko penyakit kronis, resiko kematian, hingga risiko penuaan dini. Jadi in a nutshell, hidrasi yang tepat tuh bisa memperlambat penuaan plusss memperpanjang usia karena kamu jadi bebas dari penyakit.

WOWWW….
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan eksperimen sebelumnya dimana ditemukan bahwa dengan sedikitnya cairan yang masuk ke dalam tubuh tikus, kadar natrium serum meningkat sebanyak 5 milimol per liter. Ini bisa mempersingkat masa hidup mereka sampe enam bulan alias 15 tahun hidup manusia. Natrium serum sendiri bisa diukur dalam darah dan jumlahnya bakal meningkat ketika kita minum sedikit cairan.
 
I see…
Nah, penelitian ini menganalisis hal tersebut pada manusia. Data penelitian ini dikumpulkan selama lebih dari 30 tahun dari sebanyak 11.255 orang dewasa kulit hitam dan putih di Amerika Serikat.  Dari data ini ditemukan bahwa mereka yang memiliki kadar natrium serum di atas batas normal memiliki hasil kesehatan yang lebih buruk daripada mereka yang berada di bawah batas normal. Selain itu, mereka juga punya risiko 50% lebih tinggi buat jadi lebih tua secara biologis, dan 21% risiko kematian dini lebih tinggi.
Advertisement
 
Anything else?
Well, yang perlu kamu tahu juga, ada sekitar setengah populasi manusia di dunia yang tidak memenuhi rekomendasi asupan air dalam satu hari. Kalo kata Natalia Dmitrieva, seorang peneliti di Laboratorium Pengobatan Regeneratif Kardiovaskular di National Heart, Lung and Blood Institute, itu bisa berdampak besar secara global. Sebenernya, ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selain minum air, termasuk konsumsi buah dan sayuran yang punya kandungan air tinggi. Catet ya guys, National Academy of Medicine merekomendasikan wanita buat mengonsumsi 2,7 liter cairan per hari sedangkan pria 3,7 liter cairan setiap harinya.
Advertisement