Jerman Menyetujui Pengiriman Bantuan Alat Tempur Ukraina

161

Who’s showing that “Friendship stick together”?

Jerman.
Yang baru aja meng-acc pengiriman bantuan alat tempur ke Ukraina. Yoi. Namanya sahabat ya udah sewajarnya bantu satu sama lain yekan. Kayak Jerman contohnya, yang kemaren banget nih, dikonfirmasi kasih bantuan berupa tank tempur Leopard 2 buat Ukraina.

Whaaaat….
Yep, as we all know, sekarang Ukraina tuh kan masih struggling sama invasi militer yang dilancarkan Rusia ya, di mana Ukraina sebagai negara yang berperang tuh kekuatan militernya nggak sekuat itu, guys. Apalagi yang dilawan negara kaya Rusia itu. Makanya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berkali-kali meminta bantuan sama negara-negara dan organisasi internasional yang dia rasa bisa membantu. Kayak NATO, terus AS, Inggris, dan Jerman. Talking about Germany, selama beberapa waktu terakhir, Jerman tuh udah ditekan sana-sini dan dari segala arah gimana caranya Jerman bisa bantu supaya tentara Rusia bisa kabur deh. Makanya diperbantukan lah Pasukan Berlin ke situ kan, yang kemudian disuruh balik lagi sama pemerintahannya. Terus, “Apakah Jerman stop bantu Ukraine?” Ya nggak dong.
 
Terus, mereka ngapain?
Nah karena udah bikin tentaranya balik ke Jerman, Kanselir Jerman Olaf Scholz akhirnya memutuskan buat memasok tank supaya pertahanan Ukraina lebih oke lagi, guys. Adapun yang dikirim dari Berlin adalah tank tempur jenis Leopard 2, which negara-negara Eropa lainnya kayak Finlandia dan Polandia udah punya. Nah, since sekarang Ukraina yang lagi butuh, dan birokrasinya agak ribet kalau harus dari Finlandia atau Polandia, makanya tank tempur itu dikirim langsung dari Berlin deh, guys.

Seneng banget pasti Ukraine…..
Yadong. Secara Leopard diyakini para ahli bisa alat pertempuran yang paling cocok buat Ukraina soalnya bisa melaju dengan kecepatan hingga 70 km per jam. Terus, tank ini juga punya beberapa fitur perlindungan dari alat peledak, ranjau, dan tembakan anti-tank. Perawatan Leopard juga lumayan mudah dibandingkan model lain, ini bikin para ahli percaya kalo Leopard bisa ngebantu Ukraina dengan cepat.
 
I see. How did everyone respond then?
Reaksi politik akhirnya datang dari seluruh penjuru, both partai sekutu dan oposisi. Kalo pemimpin dari Partai Demokrat Kristen Jerman, Friedrich Merz bilang bahwa meskipun keputusan itu bisa aja benar, tapi Scholz terlalu ragu. Kayak nggak yakin gitu loh sama tindakannya sendiri, yang mana bisa banget jadi bumerang di kemudian hari.  Sementara kalo kata pengamat keamanan terkemuka Jerman, Ulrike Franke nulis di Twitter bahwa dia cukup terkejut sama keputusan Scholz yang dinilai begitu cepat.
 
Terus, kalo Rusia gimana?

Rusia sendiri ngancem pihak Jerman jangan berani-berani ngirim tank Leopard 2 ke Ukraina. Jubir pihak Kremlin, Dmitry Peskov bilang kalo itu cuma bakal jadi jejak buruk buat masa depan hubungan antara Rusia sama Jerman. Peskov juga bilang bantuan dari Jerman itu bikin hubungan kedua negara ada di titik terendah.

Advertisement