Indonesia Jadi Ketua KTT ASEAN

252

Who’s ready for another big event?

Us, Indonesians.
Yoi, gengs. Setelah sukses menggelar KTT G20 November tahun lalu, tahun ini kita dipercaya buat jadi Ketua ASEAN dan meaningKTT ASEAN 2023 bakal digelar di Indonesia. Makanya, sebagai kick off, kemarin banget nih, Presiden Joko Widodo sepedaan di sekitaran Bundaran HI.

Hold on.
 Ketua ASEAN tuh maksudnya gimana?
Iya, namanya aja udah Association of Southeast Asian Nations, yang mana merupakan asosiasi, di mana butuh ketua dong, biar jadi nahkodanya nge-promote sekaligus meningkatkan kesejahteraan ASEAN, membangun community, dan aktif plus tanggap buat nge-lead penanganan setiap isu yang mempengaruhi ASEAN. Sekaligus juga jadi tuan rumah menyelenggarakan KTT ASEAN di tahun itu, guys. Tapi nggak kayak Ketua BEM atau ketua OSIS yang ketuanya dipilih berdasarkan pemungutan suara, Ketua ASEAN tuh sistemnya rolling gitu berdasarkan abjad dalam Bahasa Inggris.

I see….
Nah tahun lalu kan Ketua ASEAN tuh Kamboja aka Cambodia yah. Meaning dari C, tahun ini langsung loncat ke I. Indonesia. Makanya dalam KTT ASEAN 2022 lalu yang digelar di Phnom Penh, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen secara simbolis menyerahkan palu keketuaan ke Presiden Joko Widodo deh. Rangkaian pertemuan pemimpin ASEAN akhir tahun nanti rencananya bakal digelar di berbagai titik, mulai dari Jakarta sampai Golo Mori, Nusa Tenggara Timur.  Terus, Keketuaan ASEAN di Indonesia akhirnya dimulai dengan kick off yang digelar kemarin, gengs.

Tell me.
Kick off bukan sembarang kick off, Presiden Joko Widodo kemaren tuh gowes di sekitaran Bundaran HI, gengs. Di situ ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, ada Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, sampai Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Nggak cuman itu, para duta besar negara-negara ASEAN dan non ASEAN juga pada hadir  Seru deh pokoknya, Pakde bahkan sempat nyapa warga yang datang ke sana, sekaligus juga menyampaikan apa yang mau Indonesia bawa dalam keketuaan kali ini.
Advertisement

Nah gimana tuh?
Menurut Pakde, tahun ini tuh tantangannya most likely sama kayak tahun lalu di mana presidensi G20 juga ada sama Indonesia. Kayak krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, semuanya ada. Nah dari spirit itu, Pak Jokowi menyebut ASEAN bakalan masih relevan dan penting buat masyarakat, kawasan, dan dunia. Lebih jauh, beliau juga menjelaskan kalau apa yang dilakukan ASEAN sekarang tuh bisa banget meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan masih bisa berkontribusi buat perdamaian dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

Okay….
Nah dengan spirit itulah, akhirnya dalam keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini, dipilih tema“ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di masa keketuaan ini Indonesia pengen nunjukin sekaligus make sure kalau berbagai hal yang tadi dijelasin, guys, kayak pertumbuhan ekonomi, perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan kawasan. Supaya bisa kasih dampak buat masyarakat ASEAN and beyond kata Bu Retno. Biar masyarakat ASEAN makmur, guys.

Amen. Anything else? 
Fyi, you should know bahwa karena KTT ASEAN 2023 ini, Indonesia dan India tuh sampai tukeran jatah dalam presidensi G20 kemarin. Iya, jadi sebenarnya tahun lalu presidensi G20 ada di India, tahun ini baru kita. Cuman karena tahun ini ada KTT ASEAN di Indonesia, maka negosiasi lah dan akhirnya menghasilkan KTT G20 tahun lalu tuh diadain di sini, tahun 2023 ini baru di India.
Advertisement