Greta Thunberg Ditahan Polisi di Jerman

289

Who’s just got arrested?

Greta Thunberg, in Germany. 
Yep. Greta Thunberg, the young climate activist, baru aja jadi headline setelah ditahan polisi di Jerman karena terlibat dalam aksi protes di tambang batu bara desa Lutzerath, Jerman bagian barat.
 
Before we continue, please tell something about her. 
Greta Thunberg  adalah aktivis iklim yang emang sering jadi kontroversi atas berbagai aksi beraninya. Gadis kelahiran Stockholm ini mulai dikenal ketika dia melakukan aksi mogok sekolah untuk memprotes berbagai kebijakan terkait iklim di tahun 2018. Terus, Greta juga dikenal atas gerakan Fridays for Future demi menyelamatkan iklim di mana dia selalu bolos sekolah setiap hari Jumat dan mendatangi gedung parlemen di Swedia dan membawa tulisan “Skolstrejk för Klimatet” (Mogok Sekolah untuk Iklim).
 
OK…
Fyi, gadis kelahiran 2003 ini mengidap sindrom Asperger atau gangguan spektrum autisme (ASD). Kondisi ini membuat seseorang punya cara interaksi sosial yang berbeda, tapi perkembangan bahasa dan kecerdasan sama seperti orang pada umumnya. Nah, namanya makin dikenal ketika dia diundang menjadi pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB pada 2018. Sampe akhirnya, di usianya ke-16, dia juga pernah dapet gelar Person of The Year dari majalah TIME pada tahun 2019.
 
Back to the case… 
Oke, balik lagi soal Greta yang ditangkap di Jerman. Ternyata, ini gara-gara Greta dan sejumlah aktivis lain mencoba buat maju ke lubang batu bara. Bahkan, ini kali kedua buat Thunberg ditahan di lokasi tersebut. Desa Lutzerath sendiri emang udah lama jadi problem isu iklim karena posisi tambangnya yang terbuka dan rencananya bakal diperluas lagi. Hal inilah yang kemudian menuai kontroversi karena dinilai sebagai kerusakan lingkungan. Untuk menangani masalah ini, pemerintah Jerman sampe menurunkan 1.000 polisi ke lokasi sejak pekan lalu.
Advertisement
 
Panas ya beb…
Yoi. FYI guys, sebenernya lokasi keberadaan tambang tersebut udah lama enggak ditinggali sama penduduk karena rencana perluasan tambang batu bara sejak 2017. Tapi dalam dua tahun belakangan ini, ratusan aktivis mulai menempati rumah-rumah yang kosong, yang seharusnya membuka jalan buat perluasan tambang. Even though sebagian besar bangunan telah dibersihkan, beberapa aktivis nekat buat tinggal di rumah pohon, atau bahkan lubang yang digali ke tanah.
 
Balik lagi soal Greta Thunberg.. 
Greta sendiri sempat dibawa oleh polisi buat keluar dari area bahaya itu. Soalnya, sebelumnya polisi juga udah kasih peringatan kalo pendemo bakal disingkirkan secara paksa kalo mereka nggak menjauh dari tepi ambang. Tapi, nggak lama kemudian Greta Thunberg akhirnya dibebaskan setelah identitasnya diperiksa bersama aktivis iklim lainnya. Yang menarik, Greta kelihatan nyantai banget waktu ditangkep sama polisi. Bahkan, dia senyum-senyum aja waktu lagi digendong sama dua petugas polisi.
Advertisement