Demo Pendukung Mantan Presiden Brazil

177

It’s another chaos happening in the world..To be exact, in Brazil. Gara-gara ribuan pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro, nekad menyerbu Gedung Kongres, Mahkamah Agung sampe Istana Kepresidenan.


Background please. 
Jadi, kerumunan massa yang rame-rame itu emang merupakan pendukung dari presiden sebelumnya, Jair Bolsonaro. Nah, para pendukungnya itu menyerukan intervensi militer buat menghentikan presiden terpilih, Luiz Inacio Lula da Silva. Sedikit flashback, dalam pemilu pada akhir Oktober 2022, Lula emang menang dengan skor tipis, 50,9%. Bolsonaro sendiri emang berulang-ulang sih menolak menerima kekalahannya dalam pemilu itu. Bahkan pekan lalu, doi cabut dari Brasil dan nggak mau dateng di acara pelantikannya Lula sebagai presiden Brasil.

Then, what just happened? 
Akhirnya, belum lama ini, para pendukung Bolsonaro rusuh. Mereka mendobrak pintu dan jendela demi masuk ke Gedung Kongres dan akhirnya masuk secara massal. Terus, mereka juga ngotor-ngotorin kantor anggota parlemen, merusak mimbar speaker, pokoknya chaos banget, deh. Nggak cuma Gedung Kongres aja yang dihancurkan, tapi juga mahkamah agung dan istana presiden. Jadi keinget sesuatu nggak, sih? Kejadian ini mirip banget sama insiden penyerbuan Capitol di Washington D.C pada 6 Januari 2021 oleh pendukungnya Donald Trump, who is sohibnya Bolsonaro juga.

And this is the reason.. 
Ternyata, mereka sampe senekat itu karena udah melihat Jair Bolsonaro sebagai penyelamat yang dipandang membela nilai-nilai yang mereka junjung tinggi, which is “Tuhan, tanah air dan keluarga.” Nah, mereka juga menaruh harapan sama Bolsonaro sebagai orang yang bisa mengalahkan Lula, karena dianggap sebagai ancaman terhadap nilai-nilai itu.
 
Then, what’s next? 
Presiden Lula bilang kalo dia bakal menghukum para pendukungnya si Bolsonaro ini, sih.. Soalnya, so far, Kepolisian Sipil Brasilia bilang kalo kurang lebih 300 orang telah ditangkap. Bahkan Gubernur Rio de Janeiro, Ibaneis Rocha dicopot dari jabatan selama 90 hari sama Mahkamah Agung. Hakim Alexandre de Moraes bilang bahwa dia gagal dalam mencegah kerusuhan tersebut. Presiden Lula, yang tadinya lagi berada di wilayah terdampak banjir, langsung menandatangani dekrit. Dia mengumumkan bahwa ada intervensi federal di Brasilia, dan ngasih kekuasaan khusus ke pemerintahnya untuk memulihkan hukum dan ketertiban di ibu kota. Terus, pasukan keamanan Brasil juga melakukan operasi besar-besaran.

Anything else? 
Insiden kekacauan ini pun akhirnya dapet kecaman internasional. Even, Presiden AS Joe Biden bilang kalo serangan itu keterlaluan banget. Terus, Presiden Dewan Eropa Charles Michel juga mengecam insiden tersebut secara mutlak.
Advertisement