Wisatawan Pulau Karimunjawa Terjebak Kehabisan Makanan

256

When your holiday on the island has gone so wrong….

Terjebak kehabisan makanan, 
dan terancam nggak bisa pulang.
 
Kasian banget kan? Ini yang kemarin dialami sama ratusan wisatawan yang lagi holiday di Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.  Berbagai pihak pun akhirnya turun tangan menyelamatkan mereka.

Ya ampun kok bisa?
Namanya akhir tahun, semua orang pengennya healing, liburan, butuh vitamin sea gitu. Salah satu destinasinya, ya ke pulau. Apalagi di Indonesia tuh punya banyak banget pulau, cantik-cantik, bagus-bagus, bikin nggak mau pulang deh pokoknya. Salah satunya adalah Pulau Karimunjawa, di Jepara, Jawa Tengah. Adapun minggu lalu, lebih dari 350 wisatawan berangkat dan liburan di Karimunjawa. Happy kan tuh, cuaca cerah, air laut oke, dll…

Yey liburan…
Cuman pas mau balik di tanggal 22 kemarin itu, cuaca mulai nggak bersahabat, gengs. Hujan deras, angin kencang, gelombang laut tinggi. Panik deh pokoknya. Mereka tambah panik waktu tahu kapal udah nggak beroperasi lagi sejak tanggal 22 itu dan bakal merapat kembali per Januari 2023. For God’s sake siapa yang nggak anxious denger kabar begitu? Apalagi masalahnya tuh bukan cuman karena mereka nggak bisa pulang, tapi nggak ada makanan, guys.

HAH??
Iya. Jadi selama ini orang-orang Karimunjawa tuh kan mengandalkan kapal dan perjalanan laut untuk supply bahan makanan mereka kan, termasuk hotel dan villa juga. Hotel dan villa bahkan udah nggak menyediakan makanan sejak tanggal 25 Desember lalu dengan alasan “Tidak ada kapal”. With that said, mereka bakalan nggak makan selama 11 hari dong?? Ini yang paling ditakutin sebenarnya, guys.

Terus gimana dong??
Makanya salah satu dari wisatawan tadi atas nama Cempaka Eka Rosendi langsung bergerak deh di sosial media. Dia ceritain semuanya di Twitter, termasuk surat dari Pejabat Bupati Jepara Edy Supriyanta yang ditujukan buat Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan supaya PT Pelni bisa ngirimin kapal buat mengevakuasi mereka semua dan ngirimin bahan makanan buat masyarakat di Karimunjawa situ, guys
Advertisement
.

Terus, ke-notice?
Alhamdulillah, ke-noticeWell, sebenarnya kapal KM Kelimutu punyanya PT Pelni tuh emang berencana mendarat di Karimunjawa tahun baru besok, guys di tanggal 31. Setelah dari Sampit, Kalimantan Timur, terus menepi ke Semarang bentar, baru ke Karimunjawa. Cuman karena ada permohonan ini, Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Jepara, dan pihak terkait pun mengusahakan supaya kapal pun bakal berangkat dan tiba di Karimunjawa lebih awal, yaitu hari ini. Yep, Kapal KM Kelimutu bakal mendarat di pulau itu ntar sore, guys. Sebanyak 356 wisatawan yang terdiri dari 40 WNA terjebak di Karimunjawa dijadwalkan bakal naik semua di kapal ini.

I see. Anything else I should know?
Well, sebenarnya kalau diitung-itung lagi, jumlah wisatawan yang kejebak di Karimunjawa tuh lebih banyak dari ini, guys. Cuman beberapa dari mereka emang udah pulang duluan pakai pesawat. Disampaikan oleh Camat Karimunjawa, Muslikin, adapun yang menumpang pakai pesawat itu ada sebanyak 13 orang di mana mereka punya budget lebih dan pengen cepet-cepet pulang karena ada perayaan Natal, guys. Tapi di luar itu, sebelum akhirnya dijemput besok, para wisatawan ini juga masih enjoy jalan-jalan dan jajan kata Pak Muslikin.
Advertisement