Perusahaan Donald Trum Lakukan Skema Kriminal Selama 15 Tahun

237

Who just got busted?

Donald Trump. 
Jadi, perusahaannya Donald Trump baru aja divonis bersalah gara-gara ketahuan melakukan skema kriminal selama 15 tahun buat nipu otoritas pajak demi menghindari pajak.

WHAT? Tell me. 
Yep, jadi pengadilan di Manhattan, New York menyatakan bahwa dua perusahaannya Trump, yakni Trump Organization dan Trump Payroll Corp bersalah atas berbagai tuduhan terkait pemalsuan laporan pajak dan laporan bisnis demi menghindari bayar pajak. Adapun motifnya, kedua perusahaan ini menipu otoritas pajak dalam laporannya, dan enggak membayar pajak atas kompensasi buat para jajaran eksekutifnya. Terus, keduanya juga ngasih bonus sebagai kompensasi non-karyawan dari properti yang mereka miliki, kaya resor mewah Mar-a-lago Club, tanpa dikurangi pajak. Akibat semua tindakan ini, Trump Organization dijatuhi denda sebanyak US$1,6 juta atau sekitar Rp 24 miliar.

WOW Go on. 
Walaupun denda itu nggak seberapa besar sih buat keuangan perusahaan Trump Organization, tapi hukuman itu bisa mempersulit Trump buat majuin bisnisnya dan getting loans. Selain itu, record ini tentunya jadi catatan kelam kalo doi emang mau maju di capres di 2024 mendatang.

Terus gimana? 
Kalo kata Alan Futerfas, selaku pengacara Trump, Trump organization bakal ngajuin banding karena hukum pidananya nggak jelas. Ya, intinya mereka masih belom terima sama tuduhan yang dijatuhkan. Meanwhile, Jaksa Distrik Manhattan, Alvin Bragg menyebut bahwa kasus ini tuh menunjukkan keserakahan dan kecurangan, dan Trump harus bertanggungjawab atas hal itu.
Advertisement

Nasib Trump gimana, dong? 
Sebenernya, Trump sih nggak didakwa dalam kasus ini, karena yang didakwa kan dua perusahaan tadi. Tapi, yang jelas Trump kan mau nyalonin diri jadi presiden, jadi ya pasti ini bakal kasih impact ke pencalonannya. Selain itu, keluarga Donald Trump juga nggak didakwa apapun dalam kasus ini, tapi Trump berulang kali disebut selama persidangan sama jaksa soal keuntungan yang dia kasih ke eksekutif, termasuk apartemen yang dibiayai dana perusahaan, sewa mobil sampe pengeluaran pribadi lainnya.

Anything else? 
Saat ini, Trump emang lagi menghadapi berbagai kasus hukum terkait kekayaannya maupun jabatannya dulu sebagai presiden. Misalnya aja, saat ini doi lagi ada di bawah pengawasan jaksa federal dan negara bagian atas penanganan dokumen rahasia terkait upayanya membatalkan hasil pemilu 2020. Selain itu, Trump juga lagi menghadapi gugatan perdata senilai $250 juta dari jaksa agung New York yang menyebut dia dan anak-anaknya yang udah gede, terlibat penipuan selama satu dekade.
Advertisement