Pernikahan Kaesang Pangarep & Erina Gudono, Penggunaan Doktrin Senjata Nuklir di Rusia, Ledakan Tambang di Sumatera Barat, UU Perhitungan Usia Di Korea Selatan Diganti

461

Good morning

Hi everyone! We got some exciting news today! We are now on YouTube, and our new program “Catch Up! weekly” is up to watch. Our very own CEO and cofounder would be the host, so click here to check them out. Go go!

Here’s your A to Z recap on: The Royal Wedding of….

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

Congrats, Pakde. Congrats, Bu Iriana. They officially have a new member in the family, guys. Yep, weekend kemarin, Kaesang Pangarep, anak ketiga aka bungsu Presiden Joko Widodo akhirnya resmi menikah dengan sang pujaan hati, Erina Sofia Gudono. Yha namanya anak presiden niqa, pasti nggak sama dong sama nikahannya kita-kita. Dari persiapan sampai Hari-H, mulai dari ribuan anggota TNI/Polri  sampai para menteri, semuanya ikut terlibat, guys.


Tell. Me. Everything. 
Sure. Jadi sejak pertama kali mengumumkan “we’re getting married” beberapa waktu lalu, Kaesang Pangarep, anak Presiden Joko Widodo tuh langsung menyita perhatian publik lebih dari yang sebelumnya kan. Apalagi sejak foto-foto prewedding tersebar ke media sosial, makin heboh lagi tuh netizen. Semuanya pada penasaran pernikahannya kapan, rangkaiannya bakal gimana, nikahannya di mana. Nggak terkecuali, background dari calon istrinya Mas Kaesang ini sendiri pada saat itu, Erina Gudono, seperti apa juga dikepoin.

Skim me her background pls…
Well, everybody, meet: Erina Sofia Gudono. Perempuan berusia 26 tahun asal Sleman, Yogyakarta, yang merupakan anak ketiga dari pasangan (Alm.) Prof. Mohammad Gudono dan Dra. Sofiatun. Lahir dan tumbuh di keluarga akademisi, background pendidikan Erina bakal bikin kamu mikir, “Keren sih ni orang,” guys. Yep, mulai dari S1 di UGM, terus lanjut S2 ngambil Public Administration di Columbia University. Nggak cuman itu, Erina juga pernah ikutan short course di bidang business and management di Hong Kong, plus ngikuti student exchange di Showa Women’s University di Jepang. Belum selesai, selain cemerlang di akademik, Erina ini diketahui aktif juga dalam project-project sosial. Kayak kegiatan sosial Kisah Kasih yang fokus di nge-optimize UMKM di masa Covid-19. Bahkan nge-initiate sendiri sebuah movement di bidang pendidikan namanya Komunitas Sekolah Marjinal. Namanya mulai naik dikenal publik waktu jadi finalis Puteri Indonesia mewakili provinsinya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan berhasil masuk 11 besar.

Emang keren sih…
We know, rite. Apalagi di seluruh prosesi rangkaian pernikahan kemarin, all eyes were on her. A little context, pernikahan ini pake adat Jawa gitu, guys. Dimulai dari pengajian, terus dilanjutkan dengan prosesi pemasangan bleketepe yang jadi simbol pernikahan Erina dan Kaesang diharapkan bisa membuang hal buruk dan mempererat tali silaturahmi. Lanjut ke langkahan since Erina punya dua kakak dan dia yang duluan nikah, jadi mohon doa gitu deh. Terus siraman, Midodareni, sampai akhirnya akad nikah yang digelar Sabtu kemarin di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta dan Resepsi “Ngunduh Mantu” di Solo besokannya.

Gimme more detail pls. 
Sure. Jadi puncak acara ini berlangsung Sabtu-Minggu kemarin, guys. Karena ada acara ini, dari beberapa hari yang lalu, pengamanan di Yogyakarta dan Solo pun ditingkatkan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa turun langsung ngecek kondisi lapangan di mana sebanyak 10.800 personel gabungan TNI/Polri pun diturunkan untuk mengamankan lokasi. Syukurlah acara dua hari kemarin berjalan lancar, guys. Akad nikah yang khidmat, dengan saksi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dari pihak Kaesang dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dari pihak Erina. Wakil Presiden KH. Maruf Amin sendiri bertindak sebagai  khatib nikah. Kaesang dan Erina pun resmi jadi pasangan suami istri. SAH!!

SAH!!!!
Terus abis akad nikah, acara dilanjutkan dengan Tasyakuran dan Resepsi ‘Ngunduh Mantu’ yang punya beberapa prosesi didalamnya. Kayak Gepyokan, Sungkeman, Tumplak Punjen, Nyebar Udik-Udik, sampai Kirab Pengantin. Kirab Pengantin ini yang jadi highlight kemarin, guys, Di mana newly wed ini naik kereta kencana yang ditarik enam ekor kuda dari Loji Gandrung sampai ke Puro Mangkunegaraan. Keliling kan tuh, masyarakat pun jadinya excited ikut bahagia atas pernikahan ini, guys. Iya, jadi kayak pesta rakyat jatohnya. Adapun tamu undangan dalam acara Ngunduh Mantu ini diperkirakan mencapai 6.000 orang.  Udah disiapin juga shuttle bus buat mereka pergi ke lokasi acara buat menghindari kemacetan, plus harus bawa undangan. Cuman ada satu larangan aja di sini, guys. Tamu undangan yang hadir nggak boleh pakai batik motif Parang Lereng di mana motif itu supposed to dipakai sama raja dan keturunannya aja. Makanya nggak boleh dipakai sama sembarang orang.

I see. Any words?
Disampaikan langsung oleh yang punya hajat, yaitu Presiden Joko Widodo, pihaknya emang sengaja bikin pernikahan ini kental dengan adat dan budaya supaya budaya yang ada tetap terjaga, guys. In his words, Pakde bilangnya gini: “Ngunduh mantu Kaesang Pangerep dan Erina Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayan, merawat kebudayaan memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita.” Lebih jauh, Presiden Jokowi juga menyebut kecintaan pada budaya harus ditunjukkan supaya identitas dan jati diri bangsa kita tuh bisa naik lagi lewat budaya ini sendiri, gitu.

As we should, pak. Anything else I should know?
Btw di tengah kebahagiaan dan suka cita ini, adaaa aja pihak yang salty dan mempermasalahkan keterlibatan para menteri dalam Royal Wedding ini. Iya, secara Menteri BUMN Erick Thohir tuh kan dipercaya sebagai Ketua Panitia acara yah, dibantu Kapolri, Panglima TNI, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dll. Mereka bilangnya menteri itu udah keluar dari tupoksi mereka, guys. Hal ini lantas dibantah langsung oleh ybs di mana Pak Erick bilangnya Kaesang tuh udah kayak keponakan dia sendiri. Hari-hari main sama anaknya, Aga Thohir. Jadi nggak ada masalah dong. Wapres Kyai Maruf Amin juga bilangnya, “Biasanya kan emang begitu. Siapa yang dekat, yang berada di lingkungannya, itu yang dijadikan panitia.” Kyai Maruf juga menekankan kinerja para menteri ini nggak terganggu dengan keterlibatan mereka di acara pernikahan ini, gengs.

When things are getting more intense in Ukraine…

Now, there’s a possibility of nuclear war. 
Iya guys, serem banget deh. Pendudukan Rusia di Ukraina disinyalir berpotensi menggunakan senjata nuklir, setelah minggu lalu Presiden Rusia Vladimir Putin ngasih kode-kode gitu deh soal kemungkinan negaranya mengubah doktrin militer soal penggunaan senjata nuklir dalam konflik.
 
Tell me more. 
Jadi gini, sebagai negara yang punya nuklir, Rusia punya aturan dalam negerinya yang bilang bahwa mereka ngga boleh jadi negara yang pertama kali menggunakan nuklir. Artinya, penggunaan nuklir ini cuma boleh kalo udah kepepeeett banget. Tapi, ada kemungkinan hal ini berubah karena kata Presiden Putin, negaranya punya strategi untuk menggunakan senjata, di antaranya senjata nuklir sebagai bentuk serangan balasan. Putin juga ngasih perumpamaan soal AS yang punya rencana nuklir sebagai strategi mereka. Dia bilang kalo kebijakan Amerika Serikat tuh nggak ragu-ragu buat pake serangan nuklir. Sementara Rusia, pake senjata nuklir sebagai last option-nya mereka.
 
Serem…
Iya kan, nah soal ini, pejabat dekat dari Presiden AS Joe Biden sendiri tuh bilang kalo Rusia udah sempet dikasih peringatan soal konsekuensi penggunaan senjata nuklir dalam perang. Tapi, since Rusia udah kasih peringatan soal meningkatnya ancaman nuklir, Putin bilang kalo Rusia nggak jadi negara pertama yang pake senjata nuklir dalam konflik.
 
Terus, ada tanggapan nggak dari AS? 
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price lumayan tersinggung sih sama pernyataan dari Rusia. Price bilang kalo mention-mention-an soal penggunaan senjata nuklir itu sama sekali nggak bertanggung jawab. Dia juga bilang kalo penggunaan nuklir di seluruh dunia sejak Perang Dingin, termasuk China, India, AS, dan Rusia itu merupakan sesuatu yang nggak boleh diperjuangkan dan perangnya juga nggak akan pernah bisa dimenangkan.
Advertisement
 
Terus terus? 
Sebenernya, selama berlangsungnya invasi Rusia ke Ukraina ini, Putin  jarang banget nyebutin soal durasi perang yang udah berlangsung sejak 9 bulan lalu. Tapi, doi udah pernah mentioned bahwa ini kemungkinan masih berlangsung untuk beberapa waktu ke depan.
 
Anything else? 
Baru Senin kemarin, Rusia lagi-lagi ngelepasin gelombang serangan drone dan rudal yang menargetkan infrastruktur energi di seluruh Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bilang kalo serangan itu menyebabkan pemadaman listrik di beberapa daerah, termasuk Kyiv dan Odesa.

When there are soooo many sad stories going around…

Termasuk Ledakan Tambang di Sawahlunto, Sumatera Barat.
We got you. Banyak banget sad stories belakangan ini ygy. Bencana this, bencana that. Ledakan bom, dll. Nggak sedikit pula korban meninggal. Exhausted? Same. But kalian harus tahu ini, guys. Jumat kemarin di Sawahlunto, Sumatera Barat, ada satu ledakan yang terjadi di sebuah tambang batu bara. Akibatnya, korban tewas berjatuhan lagi. Mereka tertimbun sampai ratusan kilometer dalamnya.

WHAT??
 GIMANA CERITANYA?
Jadi ceritanya tuh gini, guys. Di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Sumatera Barat, terdapat situs tambang batu bara yang dikelola oleh PT Nusa Alam Lestari. Hari Jumat kemarin, pekerja di sana kerja aja kayak biasa di lubang tambang itu, guys. Eh pagi-pagi, sekitar pukul setengah 9 pagi, salah satu lubang di sana which is  lubang SD C2 atau Lori 2 tiba-tiba mengeluarkan kepulan asap dan diiringi dengan letupan kecil, guys.

Ya ampun kok bisa meledak??
Well, berita ini kan langsung menyebar cepat ygy, sampai ke Jakarta ke institusi Polri. Dikonfirmasi langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, pihaknya masih menyelidiki  penyebab ledakan ini terjadi. Tapi sejauh ini, dugaan sementara ada di kandungan gas metana yang terdapat di lubang itu, guys. Hal yang sama juga diungkap oleh Kepala Seksi Operasional Padang, Octavianto. In that sense, Pak Octa bilangnya ledakan ini terjadi diduga karena kandungan gas metana atau hidrokarbon paling sederhana yang emang berwujud gas. Gas metan ini diduga bocor dan menyebabkan kepulan asap dan ledakan tadi, guys. The thing is karena ada letupan ini, lubang itu jadi runtuh sejauh 200 meter di bawah permukaan tanah di mana di lubang yang sama, masih terdapat sejumlah pekerja. Mereka pun tertimbun di dalam situ :(.

Terus mereka gimana????
Yha langsung dievakuasi oleh Tim SAR, Basarnas, dan PT Nusa Alam Lestari. Pak Octa menyebut terdapat sebanyak 10 orang meninggal dunia, dan empat orang lainnya mengalami luka-luka. Lebih jauh, Pak Octa menyebut proses evakuasi ini nggak mudah. Karena petugas literally harus masuk ke dalam lubang tambang yang obviously minim oksigen. Tapi perjuangan mereka berhasil ketika korban terakhir aka korban ke-14 out of 14 korban berhasil ditemukan di kedalaman 281 meter dari mulut tambang dalam keadaan tewas. That being said, proses evakuasi pun udah selesai. Petugas yang kekurangan oksigen tadi pun udah diamankan dan dievakuasi.
 
Got it. Anything else?
Btw dengan adanya kejadian ledakan ini, Polda Sumatera Barat bakal membentuk tim khusus buat me-review izin usaha tambang yang ada di sana. Nggak cuman tambang batu bara, tapi juga tambang emas, dan tambang atau usaha lain. Kapolda Sumatera Barat, Irjen Suharyono bilangnya tim khusus ini dibentuk biar nggak ada lagi kejadian-kejadian kayak gini, guys. Nah setelah di-review, kalau ada yang usaha yang berlangsung tanpa izin aka ilegal, pihaknya juga udah menyiapkan berbagai langkah. Mulai dari yang light dulu kayak minta mereka ngurus izinnya dan memberhentikan aktivitas tambang sementara. Kalau masih bandel, baru dikasih peringatan. Nah kalu nggak mempan lagi, baru deh ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Who’s getting younger with no efforts?

South Koreans. 
 
Eits, tapi ini bukan gara-gara operasi plastic atau skincare seharga jutaan rupiah guys, tapi gara-gara UU baru di negara itu.
Surprised enough? Jadi gini, kemungkinan untuk jadi “lebih muda: ini dimulai ketika pemerintah Korea Selatan (Korsel) resmi menerbitkan undang-undang yang mengubah metode penghitungan usia di negara tersebut. Gara-gara UU itu, perhitungan usia warga Korsel harus pake sistem internasional. Oke oke, sebelumnya you guys need to know bahwa Korsel punya sistem hitungan sendiri dalam nentuin usia seseorang. Usia warga Korsel biasanya setahun lebih tua daripada aslinya gara-gara ketika mereka baru lahir, usia mereka udah dihitung satu tahun. Nah makanya, dengan UU yang baru ini, umur mereka jadi satu atau dua tahun lebih muda. Tapiii, aturan ini masih berlaku tahun depan, alias Juni 2023 mendatang. Keputusan ini akhirnya disahkan sebagai hasil kampanye bertahun-tahun oleh anggota parlemen yang nggak setuju sama berbagai sistem di Korsel. Tujuannya sih buat mengurangi biaya sosio-ekonomi yang nggak perlu gara-gara adanya perselisihan hukum dan sosial, terus juga biar mereka pada nggak bingung. Soalnya selama ini, orang Korsel tuh punya tiga usia yaitu usia internasional, usia Korea dan usia Kalender. Nah makanya, biar nggak kebanyakan dan malah bikin bingung, dibikin satu aja deh.

“Koruptor tak takut dipenjara, tapi takut dimiskinkan,”
 
Gitu guys kata Ketua KPK Pak Firli Bahuri pas bilang bahwa seenggaknya ada ratusan koruptor yang udah ditangkap KPK sepanjang 2022. Hal ini disampaikan Pak Firli dalam sambutannya di acara puncak Hari Antikorupsi Sedunia yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat minggu lalu. Kata Pak Firly, KPK ingin mendatangkan efek jera buat para koruptor, makanya lembaga anti-rasuah itu juga gencar melakukan penyitaan. Karena ternyata koruptor ngga takut dipenjara guys, takutnya jadi misqueen.
 
We want both, Pak. We want both.

Announcement

Thanks to Someone for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
Our YouTube channel! Please subscribe and show us some love!
Advertisement