Perkiraan Hujan Ekstrem & Badai di Jabodetabek, Presiden Jokowi Resmi Melarang Penjualan Rokok Ecer, Aksi Penambakan di Paris, Kemungkinan 180 Orang Pengungsi Rohingya Tenggelam

378

Hello

Rise and shine for all of us who are still trying to get the job done in this time of the year. We know we have better and more relaxed things to do but just… hang in there. Get your warm blanket and if you are WFH-ing today (as you should) don’t forget to take a breath and relax. You can also listen to our podcast here. You got this.

When you’ve been worried about the weather…..

Happening today.
Yep. Stay safe buat kalian semua dimanapun berada, guys. Khususnya Jabodetabek. Karena hari ini, diperkirakan bakalan ada hujan ekstrem bahkan badai yang terjadi di Jabodetabek.
 
WHAT??
Iya, ceritanya tuh gini, as we all know dan rasain sendiri, akhir tahun ini cuaca emang lagi parah banget. Hujan mulu, hujannya hujan deras pula, bahkan sampai banjir di beberapa titik di berbagai daerah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika aka BMKG sendiri melaporkan curah hujan masih bakal tinggi sampai 1 Januari mendatang. Nah khusus di Jabodetabek, ada itungan dan perkiraannya lagi nih, gengs.

Tell me.
Well, disampaikan oleh salah satu peneliti Riset Iklim dan Atmosfer dari Badan Riset dan Inovasi Nasional alias BRIN, namanya Erma Yulihastin, bahwa di Jabodetabek ada potensi hujan ekstrem yang menyebabkan banjir besar bahkan sampai badai, gengs. Lebih jauh, Bu Erma bilangnya badai itu akan mulai dari Banten, terus lanjut ke Jakarta sampai Bekasi bakalan jadi sentral tempat serangan badai itu.

KAPAN???
Tetap tenang, saudara-saudara. Menurut Bu Erma, hujan ekstrim dan badai itu diperkirakan bakalan kejadian hari ini banget. Yep, statement Bu Erma ini sendiri udah berdasarkan analisa data yang dihimpun dari Satellite Early Warning System atau Sadewa di mana badai bakal bergerak dari laut terus pindah ke darat lewat jalur barat dengan angin baratan yang bawa si hujan dari laut tadi, guys. Terus dari arah utara juga ada angin yang kencang.

Gimme all the details….
You got it. A little context about Sadewa, si Sadewa ini tuh sistem informasi peringatan ini buat bencana-bencana yang related to atmosfer, gitu-gitu, pake penginderaan jauh. Nah di Sadewa, kamu bisa liat the latest update berbasis pengamatan termasuk kondisi awan, curah hujan, dll.  Nah kondisi perkiraan pemodelan pergerakan awan juga bisa diliat di Sadewa ini, guys. Kondisinya lengkap semua tercantum di website mereka, Sadewa.brin.go.id.

Yang hari ini juga ada?
Ada dong, lengkap update per-jam-nya ada di situ. Adapun buat hari ini, pemodelannya kayak gini nih: Mulai dari jam 7 ntar, awan hujan masih ada di Samudera Hindia, terus satu jam berikutnya awannya udah mulai bergerak ke daratan. Bergerak terus, sampai di jam 10, awannya udah masuk ke wilayah Bogor. Terus bergerak sampai di jam 12, awannya udah masuk ke Depok dan Cikarang. Sepanjang sore pokoknya bergerak terus dah tuh awan. Masuk wilayah Rangkasbitung, Purwakarta, dan bergerak secara masif di wilayah lain di Jawa Barat.

Okelah, awan hujan. But badai??
Nah iya. Bu Erma jelasinnya gini guys. Sejak Selasa dini hari kemarin, kita semua perlu waspada sama pembentukan ‘tol hujan’ laut which is inilah yang merupakan badai. Lebih jauh, tol hujan ini namanya badai squall line di Samudera Hindia, yang udah gabung sama badai konvektif skala meso. Meskipun begitu, kata Bu Erma tol hujan ini kebentuknya di darat, guys. Yang intinya ada di wilayah Banten dan sekitarnya.

Baru tahu ada namanya ‘Tol Hujan’…
Iya kan. Nah tol hujan ini juga ada jalannya. Jalan tol hujan inilah yang jadi penghubung buat suplai kelembaban dari laut ke darat. In that sense, si tol hujan inilah yang buka jalan buat badai masuk dan menimbulkan banjir di wilayah Jabodetabek. Badai yang kebentuk juga sifatnya long-lasting alias bisa bertahan lama, lebih dari enam jam lah.  Makanya warga Jabodetabek, Jawa Barat, dan sekitarnya, diminta waspada dan bersiap terkait bencana ini.

I believe the government has a say….
Of course. Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kemarin banget tuh udah rapat bareng pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana, guys. Kepala BNPB, Suharyanto dari awal emang udah wanti-wanti Pak Heru supaya ambil sikap, secara, diketahui DKI Jakarta emang termasuk dalam list provinsi dengan potensi bencana yang tinggi. Makanya, dari pertemuan itu, akhirnya Pemprov DI Jakarta sepakat buat melakukan berbagai langkah pencegahan banjir. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan pompa air di Waduk Pluit. Tujuannya, yha biar bisa mempercepat pengurangan banjir, guys.

Jakarta dan Banjir. 
Emang nggak bisa terpisahkan yakan? Yang harus kamu tahu adalah langkah pencegahan banjir jangka panjangnya juga ada, yaitu dengan membangun tanggul di daerah rawan banjir sepanjang 11 kilometer yang dijadwalkan bakalan kelar di 2027 mendatang. Tapi kalau ngomongin present aka masa sekarangnya nih, terkait perkiraan hujan ekstrem beberapa hari ke depan, Pak Heru menyebut perusahaan di Jakarta mending WFH aja.  Biar bisa lepas dari macet, bencana, pemborosan bahan bakar, dan lain-lain.

Got it. Anything else I should know?
Fyi bukan cuma Jakarta dan Indonesia yang lagi dilanda curah hujan tinggi, guys. Hal serupa juga kejadian di Jeddah dan Mekkah, Saudi Arabia. Kalau di Jeddah kan emang udah sebulanan ini dilanda banjir bandang, nah kalau di Mekkah, mulai banjirnya tuh sejak hari Kamis lalu di mana ada hujan deras semaleman dan terjadilah banjir. Banjirnya lumayan gede, sampai kendaraan di jalanan pada ikut kena arus. Sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi apakah Masjidil Haram dan Kabah juga ikut terkena dampak dari banjir ini.

When you looovveeee beli rokok eceran….

Asal tetap nyebat. 
Wait until you hear about:

Per 2023 nanti, Presiden Joko Widodo resmi melarang penjualan rokok secara ecer, guys. Aturan ini pun mengundang banyak pro dan kontra dari masyarakat.

Hold on, I need some background. 
Sure. Jadi ceritanya tuh gini, guys. Sebelumnya kan produk tembakau kayak rokok dan bahan yang mengandung zat adiktif ini udah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 yah. Segala ketentuan soal rokok udah diatur legit deh dalam PP ini. Nah belakangan ini, rame lagi soal isu Presiden Joko Widodo yang bakal meng-update peraturan pemerintah buat 2023 nanti, termasuk soal si rokok ini.

Di-update gimana?
Yep, jadi dalam Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2022, ada satu pasal yaitu di pasal 6 yang menjelaskan soal masyarakat yang masih bisa beli rokok secara ecer. Wellin case kalau kamu nggak tahu, selama ini masyarakat kita tuh emang biasa beli rokok ecer. Kayak kalau satu bungkus tuh harganya 30 ribu 16 batang, itu rokok juga bisa dibeli seharga 10 ribu aja cuman dapetnya 5-6 batang. Atau beli setengah bungkus tapi harganya lebih murah. Nah ini yang sekarang coba dihindari sama Pak Jokowi lewat peraturan ini, gengs.

Alasannya?
Yha biar menjaga kesehatan masyarakat. In his words, Presiden Joko Widodo bilangnya kebijakan Indonesia tuh kali ini baru sebatas larangan beli rokok batangan aja, meanwhile di negara lain tuh udah fully prohibited tuh jualan rokok. Lebih jauh soal rokok batangan, beberapa waktu lalu pemerintah kan juga udah coba puter otak dengan naikin cukai tembakau dengan tujuan supaya harga rokok jadi meningkat dan masyarakat jadi nggak beli lagi kan, nah tapi ternyata hal itu nggak mempan, guys, karena warga masih bisa beli rokok eceran dengan harga yang lebih murah. Apalagi disampaikan oleh Wakil Presiden KH. Maruf Amin, rokok eceran ini banyak banget dibeli sama anak-anak :((. Makanya untuk menjaga kesehatan mereka, terbitlah aturan ini.

Pls save our children…
.
Yep. Keputusan Pak Jokowi ini juga disetujui oleh para pakar kesehatan, termasuk Guru besar FKUI dan dokter spesialis paru Prof. dr. Tjadra Yoga Aditama. Menurut Prof. Yoga, kebijakan ini tepat banget buat mengurangi angka perokok, khususnya perokok remaja. Selaras dengan Prof. Tjandra, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia juga menyampaikan larangan rokok ecer ini juga bakal bikin tarif kenaikan cukai rokok beneran works, karena kalau beli satu bungkus kan terasa tuh mahalnya. Meanwhile kalau belinya eceran, masyarakat miskin dan anak-anak tetep bisa beli.

Are we talking about rokok only or…?
Nggak cuma soal rokok dan aturan larangan dijual dalam bentuk ecer, balik lagi ke keputusan presiden tadi, keputusan ini juga mengatur soal ketentuan lainnya, guys. Kayak persentase gambar dan tulisan peringatan di bungkus rokok tuh bakalan ditingkatkan, nggak cuman di bagian atas itu aja. Terus buat kamu yang prefer rokok elektronik aka vape, juga ada ketentuan soal itu.

Tell me what it is. 

Untuk rokok elektronik, bakalan ada pelarangan iklan, promosi, dan sponsorship segala produk tembakau termasuk si vape ini di media teknologi informasi. Larangan ini bakalan disertai dengan pengawasan baik di media online maupun offline, dan bakalan ada penegakan dan penindakan terkait hal ini nantinya, gengs. Adapun pihak yang ditunjuk buat melakukan penegakan dan penindakan adalah Kementerian Kesehatan, yang kemudian diiyain sama Kemenkes.


I see. Anything else I should know?
Fun fact perokok di usia muda di Indonesia tuh beneran banyak dan mengkhawatirkan, guys. Yang lebih memprihatinkan lagi, dari data yang dihimpun Kementerian Kesehatan, rokok banyak dijual di sekitaran sekolah dan 78 persen penjualannya emang lebih terjangkau, dan dijual eceran. Makanya negara kita emang kudu take actions, contohnya kayak New Zealand yang resmi melarang penjualan rokok ke anak-anak kelahiran setelah 2008. Biar generasi bangsa juga bisa terselamatkan.

Something just shocked everyone..

About what happened in Paris. It’s because of the brutal shooting in Paris, yang mengakibatkan tiga orang meninggal dan tiga lainnya terluka.

Tell me what happened. 
Jadi Paris baru aja dibuat gloomy dengan aksi penembakan yang pelakunya adakah seorang kakek-kakek berusia 69 tahun. Dia merupakan pensiunan masinis yang ternyata, punya sejarah kekerasan rasis dan pelanggaran senjata. He is identified as William M. Kejadiannya bermula ketika pria itu melepas tembakannya di pusat budaya Kurdi dan salon di Paris pada Jumat (23/12). Awalnya sih, masih belum diketahui jelas apakah pelaku itu menargetkan orang asing, to be specific orang Kurdi.

Ternyata oh ternyata… 
Usut punya usut, ternyata pelaku juga pernah melakukan kejahatan kriminal. Dia pernah menikam dua orang migran di sebuah kamp migran di Paris tahun lalu. Nggak cuma itu, dia juga diduga merusak beberapa tenda di kamp migran di taman Bercy di Paris Timur pada 8 Desember 2021. Di tahun 2016, pelaku juga pernah dihukum atas kekerasan bersenjata oleh pengadilan di Seine-Saint-Denis. Selanjutnya setahun kemudian, dia dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan karena memiliki senjata api.

Back to the shooting… 
Setelah penembakan, kakek itu dibawa ke rumah sakit buat dapet perawatan karena luka serius di wajahnya. Terus setelah penyelidikan, Jaksa bilang kalo tersangka penembakan itu mengaku kalo dia emang benci sama orang asing. He also admitted that penyebabnya adalah kejadian perampokan di rumahnya, yang akhirnya bikin dia benci banget sama orang asing. Juga, selama interogasi, pria itu juga ngaku kalo dia depresi dan cenderung kepingin bunuh diri. Jaksa bilang kalo dia berencana bunuh diri dengan peluru setelah serangannya itu. Tapi, pelaku keburu ketangkep.

And the problems grew bigger.. 
Masalahnya nggak jadi soal penembakan aja. Setelah kejadian, pemerintah Turki akhirnya manggil Dubes Prancis atas propaganda anti-Turki yang diduga dilakukan sama pelaku penembakan. Dubes Prancis juga dipanggil oleh Kemlu Turki karena dianggap gagal menghentikan propaganda hitam oleh Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Also the demonstration.. 
Dan kemudian, demo pun terjadi di Paris. Jelas, masalah utamanya ya penembakan itu tadi. Demo pun berlangsung di sekitar Kurdish Center dan dihadiri ratusan orang Kurdi buat memprotes penembakan bermotif rasisme. Demo juga diwarnai bentrokan antara demonstran dan aparat keamanan, yang sampe lempar-lemparan batu dan pembakaran tempat sampah. Atas hal ini, polisi sampe harus pake gas air mata buat meredam aksi massa. Akhirnya, 11 petugas pun terluka akibat bentrokan.

Anything else? 
Media Prancis melaporkan bahwa pelaku masih menunggu persidangan atas serangan tersebut. Terus, Presiden Emmanuel Macron juga turun tangan dan mengutuk insiden yang terjadi lewat akun Twitternya. Sebenernya, penembakan di Kurdish Center ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, di Januari 2013, tiga aktivis perempuan Kurdi juga ditembak mati di sana.

Who’s just had the deadliest year?

Rohingya Refugees.
 
Iya, sedih deh, guys. Setelah kemarin kita dikejutkan dengan penemuan lebih dari 50 orang pengungsi Rohingya di pantai Aceh, kini kita kembali dibikin miris dengan kemungkinan tenggelamnya kapal laut yang membawa 180 orang pengungsi Rohingya di sekitar Laut Andaman atau Bay of Bengal. Karena tragedi inilah, The UN High Commissioner for Refugees (UNHCR) menyatakan bahwa tahun 2022 merupakan tahun paling mematikan buat para pengungsi Rohingya. Adapun awalnya, kapal laut yang sejak awal dianggap ngga layak untuk berlayar ini berangkat dari Bangladesh pada akhir November lalu, dan mulai lost contact pada Desember awal. Menurut Jubir UNHCR Babar Baloch, bisa dipastikan bahwa 180 orang di atasnya meninggal, meskipun pihaknya tetap berharap semoga para pengungsi itu safe somewhere out there. Baloch menambahkan bahwa pengungsi Rohingya yang kabur dari kamp menggunakan kapal laut jumlahnya bertambah hingga lima kali lipat di tahun ini, dengan tujuan negara-negara di Asia Tenggara maupun Australia. Namun dengan kondisi kehidupan yang ngga layak on board, mayoritas para pengungsi tadi ngga sampai ke tujuan dan justru mengahadapi resiko kematian karena dehidrasi hingga kelelahan.

“Mungkin… ya nanti.”
 
Gitu guys kata presiden Pak Joko Widodo pas ditanya soal isu reshuffle menteri yang lagi rame banget berhembus di Kabinet Indonesia Kerja saat ini. Jawaban itu Pak Jokowi sampaikan pas diwawancara wartawan dengan didampingi sama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) di Jawa Barat kemarin.
 
When the deadline is up and your boss asks for your work result…

Announcement

Thanks to Abhumsaa and Oscar for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
Wondering what to do during the New Year’s weekend? Try these games.
Advertisement