Peraturan Pemerintah Terkait Nataru 2022

351

When you’re sooooo ready to welcome holiday szn….

Here’s your starter kit.
Yep. Udah masuk minggu ketiga bulan Desember nih, guys. Gimana? Udah mulai FOMO sama konten 2022 recap orang-orang di Instagram? Udah mulai prepare liburan akhir tahun mau kemana aja? Well, baca ini deh. The latest updates terkait Peraturan Pemerintah terkait Natal dan Tahun Baru, good news and bad news. Ada semua. Leggooo…

Tell. Me. Everything. 
Sure. Kita mulai dari yang happy-happy-nya dulu yes. Kita tuh kan udah masuk tahun ketiga akhir tahunan bareng sama Covid yah, dari 2020, terus 2021, perayaan Natal dan Tahun Baru tuh disesuaikan sama kondisi pandemi kan, di mana banyak pembatasan mobilitas, ibadah gereja dibatasi, tempat wisata dibatasi, dll. Nah kali ini di tahun 2022, considering COVID-19 yang udah makin terkendali, pemerintah akhirnya meng-adjust berbagai kebijakan terkait perayaan Natal dan Tahun Baru di tahun ini, guys.
 
Gimme all the details…
All right. Disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, segala event buat menyambut kegiatan akhir tahun beneran dibebaskan, guys. Mulai dari konser musik, karnaval, semua yang baik-baik deh pokoknya diizinkan kata Pak Muhadjir. Nggak ada pembatasan, tapi yha tetep. Maskernya jangan lupa ygy. Terus make sure juga kalau kamu udah vaksin sampai dosis booster.

Sounds fun….
Dalam keterangannya, Pak Muhadjir juga bilang dengan angka kasus yang semakin melandai, kematian Covid yang rendah, dan keterisian rumah sakit juga rendah, perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini bisa dirayakan semeriah mungkin, guys. Termasuk ibadah Natal di gereja juga gitu. Kalau dua tahun lalu ibadah gereja tuh dibatasi dengan kapasitas maksimal 20% di tahun 2020 dan 40% di tahun 2021. Nah, the good news is, tahun ini, berdasarkan keputusan Menko PMK dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, ibadah di gereja sudah bisa berjalan dengan kapasitas maksimal 100%, guys.

Wohooo so good to know. 

Iya, 100% yah, bukan 120 apalagi sampe 150% alias pihak gereja nggak boleh nambah-nambahin kapasitas pake bangun tenda dll. Upayakan gunakan gedung semaksimal mungkin. Terus, aturan ini juga udah dipastikan bakal diterapkan oleh Gereja Katedral Jakarta. Lebih jauh, Misa Malam Natal dan Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta bakalan digelar dalam tiga sesi, guys. Ada yang offline dikhususkan buat lansia dan anak-anak, ada yang offline all categories tapi mulainya agak maleman jam setengah 10 malam, sama sisanya bakalan digelar secara offline dan online.


Asik dong. Tanggal 26-nya cus liburan deh tuh…
Eheheheh, here’s the thing, 26 Desember nggak liburguys. Bukan tanggal merah. Hal ini legit diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN/RB yang isinya menyatakan bahwa cuti bersama Natal di tanggal 26 Desember 2022 tuh ditiadakan, guys. That being said, since tanggal 25 tuh di hari Minggu, meaning nggak ada libur tambahan buat Natal tahun ini. Lebih jauh, Pak Muhadjir juga bilangnya cuti bersama Natal di tanggal 26 Desember tuh baru ada di tahun depan. Udah dirapatkan bareng Polri dan kementerian terkait untuk penambahan hari libur di tahun depan, katanya.

Yaelah….
Well, kalau kamu mau cuti mah cuti aja diurus di HR kantor masing-masing ygy. Tapi itu tadi, itungannya cuti, bukan cuti bersama. Beda kan, ehehehe. The same also goes for perayaan Tahun Baru. Tahun baru 1 Januari 2023 tuh kan hari Minggu yah. Nah berdasarkan keputusan SKB 3 Menteri tadi, cuti bersama di sini juga ditiadakan, guys. Jadi most likely kamu udah harus masuk ngantor di tanggal 2 itu. Meanwhile, buat anak sekolahreferring to Kalender Akademik tahun ajar 2022/2023, anak sekolah di tanggal 26 Desember tuh udah masuk libur semester alias minggu lalu juga udah dibagi rapot kan. Nah kalau buat tanggal 2 Januari, keputusannya dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan di masing-masing provinsi, guys.
Advertisement
Kayak di Jakarta, Banten, D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah,  tanggal 2 tuh udah masuk. Beda sama Jawa Barat sampe minggu depannya baru masuk lagi.


Berarti rame dong jalanan?
Nah soal ini juga. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, diprediksi bakalan ada peningkatan 44 juta orang yang melakukan mobilitas, guys. Iya, sebanyak itu. Since pandemi udah mereda dan aturannya juga dibolehin sama pemerintah. FOMO juga liburan akhir tahun yekan. Makanya, sama kayak tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Polri juga bakal menggelar Operasi Lilin buat mengamankan perayaan natal dan tahun baru. Sebanyak 116.000 personel siap dikerahkan mulai dari tanggal 22 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023 nanti. Jenderal Listyo sih berharapnya, dengan adanya operasi ini, Polri bisa kasih rasa aman dan nyaman buat masyarakat yang berkegiatan either itu ibadah atau liburan.

I see….
Nah dengan 44 juta orang yang mau melakukan mobilitas dalam masa liburan kali ini, PT Jasa Marga akhirnya bikin kebijakan merespons hal ini, guys. Dalam keterangannya, Jasa Marga bakal melakukan pembatasan di 17 ruas jalan tol untuk kendaraan angkutan barang yang melintas di sana. Adapun pembatasannya tuh berupa pembatasan waktu operasional. Jadi dimulai tanggal 22 sampai 24, lanjut di tanggal 25 sampai di tanggal 26 di jam-jam tertentu, mobil beroda tiga atau lebih nggak boleh melintas. Gitu juga dengan momen tahun baru di mana di jam-jam tertentu mulai tanggal 30 Desember sampai tanggal 2 Januari, mereka juga nggak boleh melintas.

Emang serem kalo ada truk tuh…

Apalagi dalam keadaan macet yekan? Nah seiring dengan pembatasan kendaraan angkutan barang, jangan khawatir, guys. Buat kamu yang liburan lewat jalan tol, Jasa Marga juga udah confirm nggak akan ada pembatasan penggunaan rest area. Yep, jadi kamu nggak bakal dibatasi maksimal berapa lama kudu cabut dari rest area gitu. Meskipun begitu,  dipake aja common sense-nya kata pihak Jasa Marga mah. Kalau udah cukup istirahatnya, yha lanjutin perjalanan. Gantian sama yang lain, apalagi di hari-hari puncak kemacetan di taggal 23-24 Desember dan puncak arus balik di tanggal 1-2 Januari.


Got it. Anything else I should know?
Well well well, enjoy liburan yah, guysThis is a very good sign nggak cuman buat psikologis masing-masing dari kita yang happy gara-gara bisa liburan, tapi juga buat perekonomian negara secara umum. Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro bilangnya libur Natal dan Tahun Baru kali ini tuh bisa mendongkrak pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebesar 0,2 ppt. Selain itu, ekonom dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Rully Arya Wisnubroto juga menyebut liburan natal dan tahun baru ini bakal berdampak positif ke perekonomian, di mana belanja rumah tangga jadi naik, sampai kepercayaan konsumen juga meningkat.
Advertisement