Pembatasan COVID-19 di China Dilonggarkan Minggu Lalu

212

When the lockdown is easing down…

In China. 
Iya nih, guys. Finally, setelah hampir tiga tahun dikunci alias lockdown dengan aturan super ketat, aturan pembatasan COVID-19 di China pun dilonggarkan per minggu lalu.
 
WHOA. Really? 
Yep. Setelah lockdown yang super panjang, pemerintah China pada Rabu minggu lalu akhirnya ngumumin perubahan besar soal penanganan pandemi. Ini artinya pemerintah udah mulai nggak ketat-ketat amat soal zero covid policy. Dalam pengumuman terbarunya, Dewan Negara China meluncurkan 10 pedoman pelonggaran pembatasan baru, mulai dari ngebolehin karantina di rumah dan menghapus aturan kode QR kesehatan yang sebelumnya wajib digunakan di mana-mana.
 
Tell me more. 
Selain kode QR yang dihapus, sama izin karantina di rumah, beberapa perubahan lainnya termasuk memastikan fungsi di masyarakat tetep berjalan normal. To be specific, area yang nggak memiliki risiko tinggi COVID-19 nggak boleh dibatesin pergerakannya. Terus kalo dalam kebijakan zero covid policy sebelumnya diatur bahwa semua aktivitas masyarakat bener-bener harus terhenti, maka di aturan yang baru ini usaha atau bisnis masyarakat udah boleh berjalan. Jadi, lockdown cuma diizinin di area yang berisiko tinggi, itu pun mesti buru-buru dicabut seandainya nggak ada kasus baru dalam lima hari berturut-turut.
 
Nice…
Selain itu, pihak berwenang juga dilarang buat ngeblokir tangga darurat, pintu masuk apartemen atau gedung dan gerbang lainnya, jadi warganya masih bisa mengungsi dan cari pertolongan medis lain jika diperlukan. Yep, warga China emang jadi lebih sensitif semenjak kejadian kebakaran di wilayah Xinjiang, yang gara-gara aturan lockdown,
Advertisement
 petugas pemadam kebakaran jadi nggak bisa ngebantu korban untuk dievakuasi dan akhirnya memakan korban jiwa. Karena kejadian inilah, ribuan orang di China pun turun ke jalanan yang berkembang jadi protes yang meluas. Nah, itu juga tuh salah satu trigger yang nyebabin pemerintah akhirnya ngelonggarin aturan lockdown.
 
I see. Anything else?
Nah balik lagi ke aturan baru, kini warga China kalo mau ke luar kota juga lebih gampang. They no longer need to show the negative result ketika mereka melakukan perjalanan. Kalo sebelumnya sih boro-boro banget, perbatasan provinsi ditutup, dan bikin perjalanan domestik jadi susah banget dalam beberapa tahun ke belakang. Selain itu, aturan baru juga mengatur soal ke sekolah dan kampus, di mana fasilitas kaya kantin, perpustakaan dan tempat olahraga udah dibuka lagi. Terus, sistem pembelajaran offline juga sepenuhnya bakal diterapkan.
Advertisement