Hujan Salju Lebat Memakan Korban di Jepang

239

When “Let it snow” goes wrong…

In Japan.
Karena baru aja terjadi hujan salju lebat di Jepang yang udah menewaskan sedikitnya 17 orang dan lebih dari 90 orang lainnya terluka.

Noooo 🙁 tell me. 
Yep, belakangan inikan emang tengah terjadi cuaca ekstrem di berbagai belahan dunia ygy, tak terkecuali Jepang yang mengalami badai salju lebat karena musim dingin yang ekstrem. Akibatnya, banyak kendaraan dan bahkan warga setempat yang tertimbun salju hingga akhirnya meninggal. Salah satu contohnya, pejabat Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Jepang bilang bahwa ada seorang nenek-nenek usia 70-an meninggal gara-gara terkubur di salju kota Nagai, prefektur Yamagata. Di sana, saljunya menumpuk sampe lebih dari lebih dari 80 sentimeter. Makanya, pihak pemerintah pun sampe mengeluarkan peringatan supaya warganya nggak berusaha bersihin tumpukan salju sendirian.

Go on…
Terkait kondisi ini, Badan Meteorologinya Jepang udah kasih warning sejak pekan lalu kalo hujan salju di beberapa wilayah bakal ada di tingkat yang jauh di atas rata-rata. Bahkan, banyak daerah di bagian timur laut Jepang yang melaporkan intensitas hujan saljunya yang mencapai tiga kali lipat. Jepang sendiri udah mengalami kondisi cuaca yang super duper buruk dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya nih, di bulan Desember ini telah terjadi badai salju
Advertisement
 yang parah di daerah timur laut Hokkaido, sementara wilayah selatannya dilanda hujan lebat akibat topan. Terus pada Juni lalu, Tokyo juga mengalami gelombang panas yang bikin suhunya lebih dari 40 derajat celcius. Quite scary, isn’t it?   
 
Terus, kondisi di sana gimana? 
Salju tebal juga bikin rusak menara transmisi tenaga listrik di pulau paling utara Jepang. Akibatnya, 20 ribu rumah nggak bisa akses listrik waktu hari Natal kemarin, deh. Terus, perjalanan kereta api dan penerbangan juga banyak yang ditangguhkan sampe hari Minggu walaupun kemudian layanannya kembali dilanjutkan.
 
Anything else? 
Selain Jepang, wilayah New York tepatnya Buffalo juga mengalami hujan salju yang parah juga. Bahkan di sana, badai salju yang terjadi di Kanada sampe Meksiko udah menewaskan sedikitnya 50 orang secara nasional.
Advertisement