Hold on to the memories ūüí≠

59

Hello

Welcome to the last newsletter of 2022! This past year has been delightful and we are just sooo looking forward to waking up with you in the upcoming year! Do you hate us? Love us? Can’t start the day without us? Let me know your thoughts¬†here. It means A LOT. Happy New Year!

For the love of Meme: Next year will be better…


When your 2023 resolution is…..To face your own fear.

Wow. Sungguh bold statement di atas yah.
Kata-kata yang biasanya sering kamu denger di seminar-seminar motivasi gitu nggak sih ini tuh? ‚ÄúHadapi rasa takutmu. Kamu pasti bisa, jadi manusia yang lebih baik lagi,” gitu-gitu kan.
Well, emang bener, guys. Kamu emang kudu bisa menghadapi rasa takutmu.
Takut ketinggian.
Takut keramaian.
Takut ketemu orang baru.
 
Nah yang harus kamu tahu adalah, wajar banget kamu menghindari hal-hal yang bakal bikin kamu ketakutan. Kayak kamu takut keramaian, ya jangan pergi ke tempat ramai. Kamu takut ketemu orang baru, yha circle-mu itu-itu aja.

But the question is
, mau sampai kapan?
Apalagi hari Minggu besok banget nih, we’re entering that very 1 Januari where tahun baru akan dimulai, lembaran baru bakal dimulai, dan pastinya kamu juga kudu move forward untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun yang baru. Salah satunya, dengan menghadapi rasa takutmu.
 
Tapi cara untuk menghadapi rasa takut ini somehow tricky banget, guys. Kalau kamu nggak yakin on what and how you’re doing, yang ada malah jadi boomerang buat dirimu sendiri dan end up membahayakanmu.
 
In that sense, here at Catch Me Up! kita bakal ceritain gimana caranya face your own fear, untuk 2023 yang lebih baik.

Caranya gini nih:

  • Bikin¬†action plan. Pelan pelan aja,¬†guys. Satu-satu. Kamu bisa mulai menghadapi rasa takutmu dengan bikin¬†action plan¬†yang jelas dan terstruktur. Kamu takut keramaian? Coba pelan-pelan dijadwalkan kumpul sama 4-5¬†people, pelan-pelan ngobrol di situ. Terus sebulan kemudian coba lagi¬†mingle¬†sama¬†circle¬†yang lebih besar. ¬†Bikin¬†do‚Äôs and dont‚Äôs-nya. Gitu terus sampai kamu nemu nyamannya berada di keramaian.¬†The same also goes to ketakutan-ketakutan yang lain. Pelan tapi pasti.
  • Coba¬†Mindfulness.¬†Well, selama kamu mencoba untuk berjuang menghadapi rasa takutmu, yang harus kamu perhatikan adalah¬†your state of mind,¬†gengs. Nah¬†in that sense, penting banget buat kamu coba¬†mindfulness¬†buat¬†living in the moment,¬†but¬†bener-bener ngerasain secara sadar apa yang lagi kamu lalui dan¬†what you‚Äôve been dealing with.¬†
  • Inhale, then exhale. Yep, nafas, gengs. Nafas. Apalagi di saat kamu lagi coba keluar dari comfort zone dan menghadapi rasa takutmu. Pasti ada¬†panic attack, anxiety, dll, Makanya di sini pernafasan tuh penting banget,¬†guys. Biar bisa calm down, dan jadinya lebih tenang. Terus dengan pernafasan, otot otot dan segala motorik kamu juga bisa lebih di-tone down. Karena pasti ¬†tegang tuh kan otot-otot ketika kamu lagi takut. Makanya penting banget nih¬†inhale exhale, biar kamu juga jadi lebih¬†relaxed.
  • Make humor about it.¬†Salah satu cara untuk menghadapi rasa takut adalah bawa asik aja. Pikirin hal yang lucu-lucunya, receh-recehnya. Hal ini bisa bantu kamu me-release¬†segala hal buruk yang mungkin kamu pikirin. Dan dengan begitu, emosi yang kebentuk juga bakalan berubah jadi¬†light. Nggak yang takut dan mencekam gitu.
  • Seek for professional help.¬†Last but not least, go looking for professional help¬†kalau kamu merasa kamu butuh untuk lepas dari rasa takutmu, bahkan udah¬†lead to anxiety, atau depresi. Tenaga profesional kayak psikolog dan psikiater bakalan punya cara untuk bantu kamu, gengs. Biar kamu juga nggak lagi-lagi terbebani.


Finally, the last weekly recs of the year! 

If you already got plans for the new year, great. But if you haven’t, we are here to recommend you things to enjoy over the weekend. Let’s go!¬†
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our¬†podcast!¬†Today we’ll talk about Rokok eceran yang dilarang di 2023, tsunami COVID-19 di China, dan Indra Bekti yang diduga kena pendarahan otak. Leggo!
  • Yang lagi liburan ato¬†staycation¬†ke Jawa, coba main ke¬†Taman Pracima Pura Mangkunegaran. Jadi di Solo ada dua keraton, nah Pura/Kraton Mangkunegaran ini yang jadi¬†venue¬†nikahannya Kaesang kemaren. Di Taman Pracima juga bisa sewa dan foto ala-ala pake adat Solo gitu gaes!!(Anonymous)
  • Sebelum menutup tahun, ini dia rekomendasi album lokal terbaik menurut gue: “Banal Semakin Binal” oleh The Jansen!!! Lagu-lagunya bagus dan puitis. Dengan gaya Mid 70s Punk jadi kaya kebawa nostalgia padahal kita engga¬†living in that era.¬†(Anonymous)
  • Halo! Datang ke sini mau bawa serial bite-sized¬†yang bisa ditonton untuk menghabiskan malam tahun baru selama¬†weekend¬†minggu depan yang adalah…¬†The Recruit¬†dari Netflix! Premisnya, serial ini menceritakan tentang¬†lawyer¬†(Noah Centineo) yang baru keterima kerja di CIA tapi udah harus ngurusin kasus berat yang mestinya nggak ditanganin sama¬†rookie. Totalnya delapan episode, alur ceritanya lumayan sat set sat set, dan meskipun mainly action, komedinya lumayan nampol!¬†Such an easy watch. My tip: please watch with no expectations, don’t look up for trailers or spoilers, you’ll find yourself having a solid good time.¬†ūüėČūüėČūüėČ (Anon)
  • Aku mau rekomendasiin album favoritku “Hard to Imagine the Neighbourhood Ever Changing” by The Neighbourhood. Semua lagunya enak nggak perlu¬†skip. Lagu yang paling jadi favoritku ada “24/7”, “Reflections”, dan “softcore”.¬†You guys can listen to it on Spotify! Happy New Year!¬†(Anonymous)
  • Aku yakin bukan cuman aku doang yang into sama per-zodiak-an duniawi ini. Dan aku yakin kalian semua udah tahu sama akunnya¬†@amrazing.¬†Well, if you don’t,¬†please look up to his account.¬†Seru banget pembahasannya, dan dari semua sisi tuh di bahas sama dia soal zodiak ini, A-Z dah kalo kata CMU hahaha. (Us)
  • Kalian harus nonton¬†Birthcare Center. Seru banget dan ngerasaa¬†proud¬†sama perjuangan ibu-ibu yang baru melahirkan, dan kerasa struggling susahnya jadi seorang ibu tuh gimana. Nonton deh.¬†(Regina)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“Although no one can go back and make a brand new start, anyone can start from now and make a brand new ending.”
-Carl Bard-

Thank you note


Thanks to Joule, Kopi, Tokyo, Kakakiva, and someone for buying us coffee today! 

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)