Badai Salju Malam Natal di Kanada & AS

199

When White Christmas has gone too wrong….

In the United States-Canada.
Kasian banget deh masyarakat Negeri Paman Sam dan Kanada ini, guys. Di saat seluruh dunia lagi bersuka cita dan penuh khidmat merayakan Natal, mereka justru lagi struggling gara-gara badai salju gede-gedean yang terjadi tepat di malam Natal. Listrik di sana bahkan terputus. Dan gara-gara badai ini, puluhan orang dinyatakan meninggal :(((

Hah gimana ceritanya?
Well, di negara empat musim, sekarang tuh kan lagi winter yah, di mana emang bertepatan sama momen Natal. Makanya di film-film natal kesukaan kamu kayak Home Alone dll, selain identik sama printilan kayak rusa, kado, dan Santa, momen natal somehow juga identik sama salju dan musim dingin, guys. Nggak terkecuali di beberapa wilayah di Amerika Serikat dan negara perbatasannya, Kanada.

Okay, terus terus?
Nah sejak minggu ketiga Desember kemarin, udara dingin udah mulai masuk tuh ke AS, gengs. Bersamaan dengan salju yang pelan-pelan juga udah mulai turun. Mulai naik turun tuh kan reaksi masyarakat di situ. Dari yang awalnya excited, terus biasa aja, terus excited lagi. Terus b aja lagi, gitu-gitu. Sampai akhirnya weekend kemarin, reaksi masyarakat mulai panik gara-gara saljunya makin lama makin lebat, bahkan sampai badai dan white-out.

BADAI?? WHITE OUT????
Iya, white out alias seluruh kota keliatannya putihhhhhh semua. Baik jalanan, bangunan, semuanya deh udah ketutup salju tebal. Dan hal ini terjadi di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, yaitu di Minnesota, Iowa, Wisconsin, Michigan, Montana, sampai New York di mana jarak pandang semuanya menunjukkan hampir 0 mil. Di New York, khususnya di district  Buffalo, saljunya tuh beneran lebat sampai 2 kaki tebalnya, disertai dengan angin kencang dan udah kejadian dari hari Sabtu, terus ke Minggu, dan cuacanya jadi jauh di bawah 0. Di Montana cuacanya bahkan menunjukkan sampai -45 derajat celcius. Minus 45 lo, guys.

Crazy….
Wait until you hear about: Orang-orang di South Dakota bahkan sampai harus bakar pakaian mereka saking uah kehabisan bahan bakar, gengs :((. Nggak sampai di situ, badai salju juga terjadi di negara tetangga AS, yaitu Kanada, tepatnya di Ontario dan Quebec. Di sana juga kondisinya nggak kalah parah, saljunya terus masuk sampai ke jalan, semua jalan, nggak terkecuali landasan penerbangan. Makanya ribuan penerbangan di AS-Kanada dibatalkan.
Advertisement

Tapi warga di sana nggak papa? 
No, they are not okay. Karena badai salju ini, saluran listrik pada terputus kan dan berakibat ratusan ribu rumah pada gelap gulita di malam Natal. Terus yang lebih parahnya lagi, gara-gara badai salju ini, sampai berita ini diturunkan, tercatat udah ada 22 orang yang meninggal, gengs :((. Makanya otoritas setempat juga mengimbau warga buat udah stay aja di rumah, jangan kemana-mana.

Iyalah….
Terus sampai sekarang, otoritas setempat khususnya di AS masih mencoba mengevakuasi orang-orang yang masih kejebak di jalanan yang ada di dalam kendaraan. Sampai sekarang situasinya juga masih sangat super concerning, gengs. This is life-threatening situation dan nggak bisa dianggap enteng sama sekali kalau kata aparat penyelamatan di sana. Apalagi diperkirakan badai saljunya bakal berlangsung sampai beberapa hari ke depan.

Ya ampun. Does anyone say anything?
Of course. Let’s hear it from the one and only, President of the United States, Joe Biden. Dalam keterangan persnya, Joe Biden menyebut ia udah koordinasi sama 26 gubernur negara bagiannya, dan pengarahan bakalan segera dilangsungkan, barengan sama National Weather Service dan institusi terkait. Lebih jauh, Joe Biden juga mengimbau supaya semua masyarakat, nggak yang muda dan yang tua, menanggapi badai ini secara serius. supaya bisa diatasi. In his words, Pak Biden bilangnya “We need to cope. They need to be able to cope if it’s necessary”.

Got it, sir. Anything else I should know?
Btw winter tahun ini tuh emang jauh lebih dingin dari winter-winter tahun sebelumnya, gengs. Bahkan winter terdingin sejak puluhan tahun yang lalu, Contoh kayak di Colorado, di mana udah mencapai -24 terdingin di state tersebut sejak tahun 1990. Tennessee juga akhirnya mencapai minus for the first time after 26 years, dan Wyoming yang mencapai rekor terdinginnya weekend kemarin dengan -42 Celsius.
Advertisement