Vladimir Putin Absen Dari KTT G20

29

Everyone’s eyes are on…

Vladimir Putin. 
Gara-gara Vladimir Putin udah confirmed ni guys, ngga ngisi RSVP aka ngga hadir di KTT G20, Nusa Dua, Bali.

Fix neh?
Iya, fix banget. Jadi kan emang dengan segala drama dan huru-hara yang diciptakannya di Eropa dan ngaruh banget sama kondisi dunia global (read: Invasi Ukraina) tentunya semua orang look forward untuk ngeliat Putin bakal hadir atau ngga di KTT G20, di mana Rusia jadi anggotanya. Setelah melalui berbagai lika-liku dan prediksi, akhirnya dipastiin bahwa kehadiran Rusia di G20 cuma bakal diwakili sama Menteri Luar Negerinya, Sergey Lavrov.

Tell me why.. 
Kalo kata Opung alias Menko Luhut B. Panjaitan, Vladimir Putin nggak bisa dateng di pertemuan puncak G20 gara-gara ada problem dalam negeri yang mesti diselesaikan. Tapi, kalo menurut mantan penasehat Putin, Sergey Markov, dia bilang kalo alasan Putin nggak dateng ke G20 itu karena masalah serius, which is ada kemungkinan besar upaya pembunuhan terhadap Putin dari dinas khusus AS, Inggris, dan Ukraina.

Terusss? 
Ternyata nggak cuma itu, Markov juga bilang kalo alasan lainnya adalah karena situasi yang memalukan. Misalnya ada beberapa aktivis sosial difabel yang menjatuhkan Putin, seakan-akan nggak sengaja tapi kemudian media-media asing bakal ngerilis foto dengan tulisan “Presiden Rusia Merangkak.” And then, masih ada kemungkinan lainnya yaitu Markov bilang bahwa penarikan pasukan Rusia dari Kherson juga jadi alasan lain kenapa Putin khawatir dateng ke Bali. On the other hand, rivalnya Putin yakni Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga akhirnya memutuskan buat nggak dateng gengs.

Terus, Indonesia gimana? 
Kalo menurut Guru Besar Hukum Internasional di  FHUI, Hikmahanto Juwana, walaupun keduanya nggak hadir, G20 tetep jadi pencapaian besar buat Indonesia. Ya emang sih, pertemuan Rusia dan Ukraina jadi pertemuan yang paling diharapkan di G20 kali ini, soalnya kan harapannya biar mereka bisa duduk bareng dan nemuin solusi buat kekacauan antara mereka.

Fyi.. 
For your info, walaupun emang Rusia cuma diwakili sama Menlunya tapi ternyata beredar kabar kalo para pemimpin negara G20 lainnya tuh nggak mau ada foto bersama alias “family photo” sebelum acara KTT dimulai. Family photo is not just something in the rundown, tapi juga jadi tradisi buat acara sebesar ini. Soalnya kan mereka bakal saling berjabat tangan dan disaksikan seluruh dunia. Tapi menurut kabar, kali ini nggak bakal ada foto bersama gara-gara kehadiran Rusia di sana.

Anything else? 
Selain Putin, dua negara lain juga nggak hadir di KTT G20 kali ini, yaitu Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva gara-gara doi baru kepilih jadi presiden dan masih dalam masa transisi. Dan satu negara lagi, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador juga nggak hadir. Meanwhile Presiden Joe Biden udah nyampe di Bali dan udah menggelar meeting yang high level, high stake, super ditunggu-tunggu, yaitu dengan Presiden China Xi Jinping. Bahas apa tuuu? Ditunggu besok ya guizee..