TBS Energi Utama 2030

43

Wondering what will happen in 2030?

A Better Society, amen.
Guys, pernah kebayang nggak sih, di tengah hiruk pikuk dunia tipu-tipu yang makin mengkhawatirkan ini, setahun dua tahun lagi bakal gimana ya keadaannya? Pernah kebayang nggak di tahun 2030 kamu bakal ada di mana di lingkungan yang kayak apa?
 
Jauh banget pikirannya sist…
Eits, jangan salah. Sekarang aja udah akhir tahun 2022, bentar lagi udah 2023 kan. Kalau diitung ke 2030, it’s 7 years away, gengs. Dan itu bukan waktu yang lama. Time flies so fast, rite? That being said, yha wajar aja nggak sih kalau kita udah berandai-andai dari sekarang, “Kehidupan di tahun 2030 bakal kayak apa, ya? Masih ada yang ijo-ijo aka hutan nggak ya? Air di laut atau pantai masih bersih nggak ya?” gitu.

Dipikir-pikir… Bener lagi. 
Iya kan. Secara kalau yang kita liat sekarang kan, hmm.. Ya gitu deh. Bertolak belakang banget dari kondisi ideal, rite? Makanya kondisi ini kudu diubah, gengs. Pelan-pelan, tapi pasti. Dan ini bukan kerjaannya pemerintah doang lo ya. Kita semua nih, mulai dari individu, sampai sektor industri (Looking at u, company-company nackal) harus sama-sama membangun a better society yang bakal dicapai di tahun 2030 nanti. Dasarnya pun jelas, since PBB juga dari kapan tau udah nge-launch Sustainable Development Goals, yang di-support sama Pemerintah Indonesia.
 
Ok 2030.
Yep. Now everybody, meet: TBS Energi Utama. TBS Energi Utama ini adalah salah satu company yang udah commit bakal bekerja towards a Better Society di tahun 2030 nanti dan centered on sustainability gitu, guys. Yha namanya company di mana-mana kudu wajib harus menjalankan prinsip sustainability dong ya. Tapi lewat campaign mereka called “Towards a Better Society 2030” (TBS2030), mereka ngebawa prinsip sustainability ini to another level, gengs. Yaitu dengan jadiin sustainability sebagai  daily basis praktik usaha mereka, sampai jadi DNA-nya perusahaan. Jadi nggak sekadar tempelan aja gitu.
 
Wow bold. Caranya?
Well, strategi yang mereka pake di sini nggak kalah bold, gengs. Ada tiga pilar utama di situ: Thriving Environmental, Empowered People, dan Becoming Trusted Partners. Tiga pilar utama ini kemudian di-break down lagi jadi 12 goals yang spesifik, jelas, dan bisa di-measure progresnya. Salah satu contoh dari 12 goals tadi misalnya kayak jadi perusahaan yang carbon-neutral, yang ada hubungannya sama penurunan emisi gas rumah kaca. Terus memberdayakan masyarakat dengan cara education intervention, sama menjalankan bisnis mereka ethically, dan make sure nggak ada pelanggaran di sana.
 
Sounds nice.
Dalam hal ini, TBS Energi Utama beneran nge-measure 12 goals tadi pake itung-itungan gitu, guys. Target berapa persen, berapa numbers setiap tahun, jadinya makin realistis juga “Oh iya dengan angka segini, bisa nih guys achieve di tahun 2030”, gitu. Intinya, nggak merusak lingkungan, care for people, sama sistem di perusahaan itu dijalankannya bener. Kalau udah begitu, sustainability pun bisa tercapai, dan a better society juga bisa kita lihat deh.
 
Aaa can’t wait asli. Anything else?
Well, sampai sekarang company ini lagi memprioritaskan beberapa hal, guys. Yaitu secara bertahap bertransisi ke bisnis renewable energy  dan nge-promote segala hal related ke situ, termasuk penggunaan motor listrik.
 
Panjang umur deh buat perusahaan kayak gini ygy.