Rudal Rusia Jatuh di Polandia

29

Now, on the latest update in Poland…

Perkembangan terbaru yang mengejutkan datang dari Polandia nih, yang menyatakan bahwa pada Rabu (16/11) pagi, ada ada rudal buatan Rusia yang jatuh di timur negaranya hingga menewaskan dua orang. Tapi, after a while, pejabat AS bilang kalo rudal itu ditembakkin sama pasukan Ukraina.

HAH?  
Yep, jadi informasi awalnya, exactly after the explosion, Presiden Joe Biden juga bilang kalo nggak mungkin rudal itu ditembakin dari Rusia. Bahkan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bilang kalo itu tuh jadi momen eskalasi yang super significant. As you guys know, para pemimpin G20 kan lagi di Bali saat kejadian kemarin, jadi Joe Biden langsung ngadain pertemuan darurat bareng pemimpin G7 dan NATO.
 
What did they say? 
As the White House reported, Joe Biden langsung ngajak para pemimpin negara sekutu AS buat ngadain pembicaraan darurat setelah adanya rudal itu. Mereka yang ikut dalam dialog adalah para pemimpin Uni Eropa dan semua negara G7 kaya Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan of course AS sendiri. Kebetulan bangeeet, mereka semua emang lagi sama-sama di Bali karena KTT G20. Pihak Gedung Putih bilang kalo pertemuan itu disebut “meja bundar darurat” dan diadain super private, tanpa ada media satu pun. Soal pertemuan ini, Biden belom kasih satu kata pun tentang ledakan di Polandia ini.
 
Terus terus? 
Masih bingung kan soal siapa yang nembakkin rudal sebenernya? Kalo dari pihak Kementerian Luar Negeri-nya Polandia sih bilang kalo senjata itu dibuat di Rusia, sementara Presiden Polandia Andrzej Duda, bilang kalo itu most likely made in Russia, tapi masih diverifikasi.
 
But, thennnn… 
Nah tapiii, menurut info terbaru dari pejabat AS bilang kalo rudal itu ditembakkan oleh Ukraina, tapi niatnya menghalau serangan rudal Rusia. Namun, masih belom ada komentar dari otoritas resmi AS ataupun Ukraina soal hal ini. Fyi, since ledakannya tuh terjadi di Polandia, di mana Polandia sebagai negara anggota NATO, ini pasti bikin khawatir kalo NATO juga bakal keseret dalam perang antara Rusia dan Ukraina. Makanya, Gedung Putih super extra hati-hati buat komentar soal ini, dan nggak buru-buru nyalahin.
 
What did the President say? 
Kalo Presiden Polandia Andrzej Duda sih juga sepenuhnya mencoba buat ngeredain ketegangan. Dia bilang kalo masih belom jelas darimana asal rudal itu, dan dia juga bilang itu sebagai insiden yang terisolasi. Biden sih udah telfon Duda dari Bali, dan bilang bahwa mereka tetep harus kerja sama soal penyelidikan ini.
 
Anything else? 
Ternyata, ledakan ini juga berdampak ke Indonesia. Nilai kurs rupiah terhadap dolar AS melemah pada Rabu (16/11) pagi. Yang tadinya 0,25 persen ke posisi Rp577. Ini melemah 39 poin dari sebelumnya Rp15.538.