Roberth Rouw Tertawakan Kepala BMKG Saat Gempa

65

When Bawah Meja is being the highlight….

Due to the latest earthquake.
Ok. Jadi Gempa Cianjur yang kerasa getarannya sampai Jabodetabek tuh kan sampai sekarang masih jadi headline di mana-mana ygy. Nggak terkecuali ibu bapak di DPR RI yang lagi rapat bareng…. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika aka BMKG waktu gempa terjadi. Nah pas ini, berbagai macam sifat dan sikap manusia pun muncul di situ, guys.

Sikap gimana?
Well jadi gini ceritanya. Waktu gempa yang terjadi Senin siang kemarin itu, masyarakat kan pasti lagi melakukan berbagai aktivitas yah. Termasuk bapak ibu wakil rakyat ini. Mereka juga lagi qerja rapat membahas masalah negara, guys. Adapun salah satu rapat yang digelar adalah antara Komisi V bersama BMKG, BNPB, dan Basarnas membahas masalah kebencanaan yang akhir tahun ini banyak banget terjadi di Tanah Air. Nah waktu Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw buka rapatnya, then the earthquake happened di mana getarannya kerasa sampai Senayan, pas di tempat mereka rapat.

Ya ampun….
Nah sebagaimana orang yang udah punya knowledge terkait mitigasi bencana gempa, Kepala BMKG, Bu Dwikorita Karnawati yang hadir di situ langsung reflek berlindung di balik meja dong.  Orang-orang juga udah mulai panik kan di situ. Tapi belom pada masuk ke bawah meja, dan ada satu yang masih santuy duduk di kursinya. Yep, Pak Roberth Rouw, yang bahkan sempat ketawa-ketawa lucu gitu terus nge-joke, “Ini BMKG bikin gempa ini hahahaha.”

HAH GIMANA?

Iya beliau bilang gitu guys, terus nggak lama Bu Rita take the lead kan ngomong di mic supaya semuanya berlindung di bawah meja. Pak Roberth selaku pimpinan rapat pun akhirnya nyuruh orang-orang yang ada di ruangan itu buat ikut arahan Bu Rita, Kepala BMKG, buat masuk ke bawah meja. Nah one thing caught his attention is, selain Bu Rita, pihak BMKG yang lain, BNPB, sama Basarnas tuh nggak ada yang berlindung di bawah meja juga. Kontras banget sama sikap Bu Rita. Hal ini kemudian dikomenin sama Pak Roberth.

Apa katanya?
In his words, Pak Roberth bilang, “Ini lihat ini. Harus ikut Kepala BMKG. Kepala Basarnas belum ikut, Kepala BMKG udah duluan masuk meja.” Cuman yha gitu, karenaa udah kepalang panik (Iyalah namanya gempa), Bu Rita took the mic lagi buat langkah evakuasi dan rapat pun di-skors sama Pak Roberth. Nah sikap Pak Roberth ini ternyata diliat-liat lagi dinilai nggak tepat, guysMeanwhile, Pak Roberth-nya sendiri bilang dia ketawa karena emang nggak tahu kalau ada gempa kudu berlindung di bawah meja. Jadi kayak menertawakan diri sendiri dan temen-temennya sesama anggota dewan gitu deh, guys.

HMMMM…
Makanya di situ beliau juga menyampaikan mitigasi bencana mulai dari what to do and how we do it kalau lagi ada gempa either itu di bangunan tinggi atau di bangunan rendah tuh penting bukan cuma buat masyarakat tapi juga buat anggota DPR. Karena menurut beliau, hal ini tuh penting buat keselamatan anggota DPR. “Ini menjadi suatu catatan kita, ketua untuk juga sampaikan kepada Pamdal kita di DPR ini untuk ketika gempa seperti apa, supaya tenaga ahli, sekretariat di gedung DPR ini tahu seperti apa yang harus dilakukan,” katanya

Okay. Anyone saying anything?
Ada. Tindakan Pak Roberth Rouw tadi ini kan dinilai kurang tepat sama banyak pihak ygy. Nah merespons hal ini, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut nggak ada unsur kesengajaan dalam tindakan tersebut. Sebatas spontan aja, gitu. Karena emang jarang banget lagi rapat terus tiba-tiba masuk ke kolong meja despite itu emang SOP dalam mitigasi bencana. Makanya nggak perlu diperpanjang. “Intropeksi, agar tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini,” katanya gitu. Pak Robeth juga nggak diberi teguran, secara itu ranahnya Mahkamah Kehormatan Dewan aka MKD. Speaking of MKD, Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman bilangnya hal itu emang spontanitas Pak Roberth Rouw. Jadi kalau dianggap nggak pas dan nggak sesuai protokol, beliau cukup minta maaf aja karena nggak semua orang paham protokol situasi gempa, katanya.

Got it. Anything else?
Again, buat kamu yang sehari-hari ada di gedung tingkat tinggi, penting banget untuk kamu tahu kalau sebaiknya nggak usah keluar ketika lagi ada gempa ygy. Cukup berlindung di bawah meja atau lainnya buat melindungi kepala kamu dari apa aja yang bisa jatuh dari atas. Kalau kamu lagi deket sama daratan, then go cari tempat lapang. Oya, dari tadi talking about gempa Cianjur, saat ini udah tercatat 271 orang meninggal, sedangkan 151 orang masih dinyatakan hilang. Angka ini masih bakal terus di-update since pencarian dan proses evakuasi juga masih terus dilakukan.