Punya Kekuatan Nuklir Terkuat Jadi Tujuan Kim Jong Un

55

Who is more ambitious than your annoying boss?

Kim Jong-un. 
Pemimpin Korea Utara ini baru aja menyatakan goal utamanya untuk punya kekuatan nuklir paling kuat di dunia.
 
WOW. 
Yup, pernyataannya itu diumumin ketika dia mempromosikan puluhan perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik terbesar Korut. Let me present to you, Hwasong-17. Mr. Kim juga bilang kalo Korea Utara lagi bangun kekuatan nuklir for the sake of melindungi martabat dan kedaulatan negara dan rakyatnya. Doi juga bilang kalo tujuan akhir negaranya adala punya kekuatan strategis paling kuat di dunia, dan punya kekuatan absolut yang belom pernah ada sebelumnya. Scary enough? 
 
Tell me more. 
Hwasong-17, yaitu rudal balistik antarbenua (ICBM) dibilang bisa mencapai Amerika Serikat dan disebut-sebut sebagai senjata strategis terkuat di dunia. Nah, dari situ Mr Kim pengen nunjukkin soal tekad dan kemampuan Korea Utara buat ngebangun tentara terkuat di dunia.
 
But.. 
Tapi peluncuran ICBM pada 18 November lalu itu udah dikecam sama anggota Dewan Keamanan PBB. Rudal itu disebut sebagai peningkatan yang serius, sekaligus jadi ancaman tegas terhadap perdamaian dan keamanan internasional. Tapi, Mr. Kim kayanya lumayan bodo amat deh soal tentangan dari dunia. Dia bilang ke ilmuwan, insinyur, pejabat militer yang terlibat dalam uji coba Hwasong-17 bahwa dia berharap mereka terus memperluas dan memperkuat pencegah nuklir dengan kecepatan yang luar biasa.
 
Anything else? 
One thing that also attracts everyone during the launching of Hwasong-17 is Mr. Kim’s daughter. Dia dan anak perempuannya yang masih remaja tiba-tiba muncul ke publik sambil mantau peluncuran Hwasong-17. Hal ini bikin warga dunia shock, secara Jong un terkenal dengan kepribadiannya yang sangat private.