Pertemuan Pertama Presiden Joe Biden & Presiden Xi Jinping

29

When the most historic meeting finally took place in Bali…

Between President Joe Biden and Xi Jinping.
Iya guys, kamu pasti udah tahu bahwa pertemuan antara presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping adalah salah satu the most anticipated meeting di gelaran G20 Bali. Gimana engga? Selain merupakan dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia, keduanya juga sering banget clash dalam berbagai isu. Ditambah lagi, ini adalah pertemuan pertama keduanya sejak Biden jadi presiden. So, ini meetingnya most anticipated deh, kalah meeting kamu sama gebetan.
 
Ojo dibanding-bandingke…
Ehehehe oqela. Jadi guys, pertemuan antara Biden sama Xi ini digelar kemarin dan berlangsung selama 3,5 jam. And of course, banyak banget hal yang dibicarain sama kedua pimpinan negara tersebut. Mereka sih bilang kalo percakapannya berlangsung terbuka dan jujur soal prioritas kedua negara. Beberapa topiknya soal kepentingan dan nilai Amerika, soal hak asasi manusia universal dan membela tatanan internasional dan kerja bareng sama sekutu dan mitranya.
 
Terus terus…
Terus Biden menjelaskan, “Ya bro w sih realistis aja. Kita bahas semuanya secara terbuka, yang kita sama-sama setuju dan engga. yang pasti gue ngga cari-cari konflik.” Biden juga menegaskan bahwa untuk isu-isu yang bikin hubungan keduanya renggang belakangan ini, emang belum ditemukan titik terang. Tapi yahh at least ada concern dalam hal tersebut. Biden juga menggambarkan Xi sebagai seorang presiden yang to the point dan straightforward.
 
They also talked about Taiwannnn..
Yep, kalo soal Taiwan sih China ngga bergeming ya guys. Presiden Xi bahkan tegas mewanti-wanti Presiden Biden biar enggak bertindak kelewat batas soal Taiwan. Menurut Presiden Xi, urusan Taiwan adalah kepentingan utama China yang ngga boleh dilanggar oleh hubungan kedua negara. FYI, hubungan China dan AS belakangan ini lagi panas banget salah satunya karena kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang bikin China marah. For context, buat China, Taiwan adalah bagian dari negaranya, sedangkan Taiwan sendiri maunya merdeka. Jadi kunjungan tadi tuh udah kayak mengakui kemerdekaan Taiwan. Makanya China bete banget.
 
Got it. Terus bahas apa lagi? 
Selain itu, keduanya juga ngebahas soal situasi terkini dari Rusia dan Ukraina. Joe Biden bilang kalo penggunaan nuklir tuh nggak boleh. Terus, dia juga bilang kalo ancaman dan penggunaan senjata nuklir bener-bener nggak bisa diterima.
 
Anything else? 
Joe Biden jelas mastiin kalo semua topik pembicaraan ini nggak berhenti sampe sini aja. Dia langsung minta Menlu Anthony Blinken buat dateng langsung ke China demi ngebuka jalur komunikasi dan diskusi antara keduanya dan menindaklanjuti pembahasan di Bali itu.