Persaingat Ketat Politik Di Pemilu Sela AS

28

When tensions are heating up (again)…

In the United States. 
Because of the midterm election alias pemilu sela. Lagi-lagi, persaingan ketat politik bikin para kandidat, terutama anggota DPR harus berjuang buat dapetin suara di seluruh negara bagian, di tengah-tengah masa jabatan Joe Biden.

Before we go further…. 
Let’s talk about the midterm election itself. Pemilu sela diadakan di pertengahan masa jabatan presiden atau setiap dua tahun. Di midterm election ini, sekitar sepertiga kursi Senat, yang anggotanya 100 orang itu, diperebutkan, barengan sama 435 kursi di DPR AS. Nah, di tahun ini, to be exact yang diadakan pada Selasa (8/11) kemarin, sebanyak 435 kursi di DPR bakal diperebutkan dan 35 Senator juga akan dipilih. Di setiap negara bagian, entah banyak atau sedikit populasinya, bakal dapet dua kursi Senat, sementara kursi DPR didistribusikan ke negara bagian berdasarkan kepadatan populasinya.
 
Misalnya…
Contohnya nih ya, California sebagai negara bagian terpadat, punya 52 anggota DPR sementara Wyoming, yang penduduknya paling sedikit, cuma punya satu. Tapi, keduanya sama-sama punya dua Senator. Nggak cuma itu, jabatan gubernur, legislatives negara bagian, serta dewan lokal dan dewan sekolah juga diperebutkan di seluruh AS.

Terus, digelarnya kapan?
Biasanya, midterm election ini diadain di hari Selasa, di first week of November. Tapi, kalo Selasa itu jatuh di tanggal 1, maka midterm electionnya diadain a week later. Kalo tahun ini sendiri, hari Selasa pertama jatuh di 1 November, makanya midterm electionnya diadain di 8 November. Midterm election sendiri diadain di pertengahan masa jabatan presiden soalnya masa jabatan DPR cuma dua tahun.

Tapi emang Midterm Election nih penting?
Penting gengs, karena yaa even though ini bukan pemilu presiden, midterm election ini bakal menentukan banget posisi jabatan presiden dua tahun ke depan dan gimana dukungan yang mereka dapatkan di kongres. Selain itu, kongres juga memiliki satu peran penting yakni untuk membuat undang-undang.

Why am I hearing a lot about Donald Trump?
Yep, secara mungkin banget nih peta dukungan di kongres berubah, makanya Donald Trump dari Partai Republik jelas ngincer banget momen midterm election kali ini. Apalagi buat orang-orang yang udah bikin dia dimakzulkan dan akhirnya kalah dalam pemilu. Kemungkinan besar, Donald Trump bakal pake kandidat Partai Republik di kursi DPR buat nge-boost posisinya lagi, most likely untuk nyapres di 2024 mendatang.
 
Anything else? 
The most important things above all, ini jadi momen buat demokrasi Amerika sejak Trump nggak mau ngaku kalah dari Joe Biden dua tahun lalu. Bahkan waktu itu, pendukungnya sampe bikin kerusuhan di Gedung Capitol. Apalagi kan, sampe sekarang dia juga sebenarnya nggak pernah ngaku kalo dia kalah.