Penggunaan Plat RF Akan Diperketat

51

When you’ve heard a lot about…..

Plat RF.
Yep, plat nomor polisi RF sekarang ini emang heboh banget diomongin orang, seiring penggunaannya yang bakal diperketat sama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, guys. Iya, jadi nggak semua orang bakal bisa pake.

Plat RF tuh apa?
Well, plat RF tuh emang plat yang relatif spesial dan rahasia yang supposed to dipasang di kendaraan-kendaraan kedinasan kayak mobil polisi atau pejabat lainnya, gengs. Cuman sayangnya, beberapa waktu belakangan ini pelat RF ini sering salah tempat. Iya, banyak banget masyarakat yang kendaraannya pake plat RF ini dan sombong banget kalo di jalan. Terus, it gets worse ketika mereka pasang lampu strobo. Jadi, orang ngiranya yha mereka petugas yang lagi urgent jadi minta jalur prioritas gitu.

Kok mereka bisa dapet itu plat?
Yha beli. Sama kayak kalau beli plat nomor cantik 666 and stuff like that, plat RF ini juga bisa dibeli. But the thing is, bakal ada perbedaan mana plat RF yang beneran untuk pejabat, mana yang beli. Bedanya, kalau plat RF yang beli tuh dua tiga digit aja, kalau pejabat dll tuh bakalan empat digit. But, kalau di jalan kan sebenarnya nggak terlalu ke-notice kan dia punya empat digit atau tiga digit. Yang orang liat pertama kali pasti huruf ujungnya, si RF ini yang orang anggap sebagai mobilnya polisi. Nah makanya, buat balikin citra Polri, hal ini bakal dibenahi, guys.

Dibenahi gimana?
Dibenahi supaya pengelompokkan pelat RF ini sejalan aja sama apa yang udah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi STNK dan TNKB. Nah dalam aturan ini, ada deh tuh pengelompokan RF buat pejabat negara di atas eselon II, RFP tuh buat Polri, RFD buat pejabat TNI AD, RFU buat pejabat TNI AU, sama RFL buat pejabat TNI AL. Selain itu, ada juga plat RFS, buat para pejabat sipil, sampai  RFQ, RFO, sama RFH yang diperuntukkan buat pejabat sipil setingkat di bawah eselon II, gitu-gitu.

I see. Did anyone say anything?
Yep, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut pihaknya mendukung keputusan Kapolri buat membenahi aturan Plat RF ini, guys. Supaya itu tadi, nggak ada lagi kebingungan di masyarakat mana yang beneran polisi, mana yang beneran pejabat, mana yang masyarakat sipil. Lebih jauh, Pak Dasco juga menyebut dia yakin langkah ini udah dipikirin mateng-mateng sama Polri. Secara rencana plat RF ini mau dibenahin udah ada dari jaman Kapolri terdahulu, nah baru sekarang deh coba direalisasikan.

Got it. Anything else?
Btw plat RF tuh nggak selamanya jadi ‘raja’ di jalan tau, guys. Awal tahun kemarin aja, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya udah melakukan tilang atas ratusan kendaraan berplate RF, gengs. Pelanggarannya yha beragam, mulai dari Ganjil Genap, langgar rambu lalu lintas, pake strobo dan sirine, dst.