Pembunuhan Satu Keluarga di Magelang, Laksamana Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI, PBB Khawatir Invasi Rusia ke Ukraina di Musim Dingin, Word of The Year 2022

500

Good morning

Today marks the last day of November and tomorrow we will be officially a month away from the New Year. Hope you’ve already met all your resolutions, and if you haven’t, it’s ok. Be kind to yourself and remember that you are enough. Listen to our podcast here, and see you tomorrow!

Let’s kick off the morning with the case of: Family murder….

In Magelang.
Belakangan ini kelakuan masyarakat +62 beneran bikin geleng-geleng kepala ygy. Tiap hari adaaa aja gitu kasus-kasus penuh plot twist terjadi di negeri ini. Kali ini, kita mau ngebahas satu keluarga di Magelang, Jawa Tengah, yang ditemukan tewas dibunuh Senin kemarin. Plot twist? Ada banget. Pelaku pembunuhan ini adalah anak kedua di keluarga itu, gengs.

HAH??? 
Ok jadi ceritanya gini, guys. Di daerah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, ada sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak. Anak pertama perempuan umurnya 25 tahun berinisial DK, dan udah kerja di PT KAI di Yogyakarta. Terus anak kedua cowok, usianya 22 tahun berinisial DDS. The problem starts with this DDS boyguys. DDS, yang kemudian diketahui bernama Dhio Daffa Syadilla itu merasa nggak diperhatiin di rumah, terus dia juga merasa nggak nyaman dan tertekan karena ayah, ibu, dan kakaknya terus-terusan ngedesak doi supaya cari kerja.

Terus terus? 
Karena terus-terusan ada di situasi nggak nyaman dan bikin dia jengkel kayak gitu, Dhio pun langsung mengambil jalan pintas dengan nekat membunuh mereka bertiga, guys. Keluarganya sendiri. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, Kombes Djuhandani Raharjo Puro dalam konferensi pers kemarin di mana setelah dilakukan proses penyidikan dan pemeriksaan terhadap Dhio. Dalam proses pemeriksaan itu, Dhio-nya sendiri udah ngaku kalau emang dia yang membunuh ayah, ibu, dan kakaknya, guys.

Gimana caranya?
Inhale, exhale. Mereka bertiga diracun sama Dhio. Well, setelah ketiga jenazah ini ditemukan, kan langsung dilakukan proses autopsi yah. Nah dari hasil autopsi tersebut, diketahui ada racun yang tergolong ganas dan mematikan buat manusia. Hal ini ketahuan dari tenggorokan sampai lambung korban yang mengalami luka bakar. Adapun luka bakar ini disebabkan oleh racun yang dikonsumsi korban. Iya, disampaikan oleh Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah, Kombes Sumy Hastry, ada dugaan racun dalam dosis banyak (Sekitar 2-3 sendok teh) yang dicampurkan ke teh atau kopi korban, terus diminum sama mereka. Kenapa bisa nggak ketahuan, yha karena meskipun dosisnya banyak, racun ini nggak ngubah rasa dan warna teh atau kopi itu waktu kecampur tadi.

OMG…
Nah, kalau ngomongin racun yang tergolong ganas dan mematikan, kan jenisnya bisa macem-macem banget yah. Ada sianida kayak yang dipakai di kasus Jessica Wongso beberapa tahun lalu, ada juga racun tikus, dll. Nah, kalau di kasus ini, berdasarkan hasil autopsi dan sisa barang bukti di TKP, racun yang berhasil diidentifikasi sama petugas tuh adalah yang jenisnya arsen, guys. Cuman masih diperiksa lagi di Laboratorium Forensik buat kepastiannya. Untuk sekarang polisi juga udah mengamankan gelas dan sendok yang sebelumnya dipakai buat minum teh dan kopi ini.

Ok tell me more about this Dhio….
Sure. Dari penuturan Agus Kustiardo, kakak kandung si bapak, si Dhio ini belakangan ini emang suka hambur-hamburin duit, guys. Di luar sifatnya yang emang suka overlap. Nah tapi kalau menurut tetangga, Dhio tuh dikenal pergaulannya bagus, guys. Keluarganya juga dikenal harmonis, nggak neko-neko, nggak pernah ada masalah sama orang. Makanya pas denger kabar Dhio ditangkap polisi, para tetangga tuh pada heboh langsung lemes gitu. “Rasanya nggak percaya,” kata para tetangga. Karena menurut tetangga si Dhio ini udah kerja, daftar di kereta api.

…..
But it is what it is kan. Setelah melakukan gelar perkara, mengumpulkan bukti, dll, kemarin banget nih, Dhio ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan ketiga anggota keluarganya. Ia dijerat dengan pasal pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup. Other than that, pihak keluarga juga udah menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada pihak kepolisian, biar proses hukum tetap berjalan, sekalipun pelakunya adalah keluarga sendiri.

Got it. Anything else I should know?
Btw sebelum polisi mengarah sama si Dhio sebagai pelaku pembunuhan dan ditetapkan sebagai tersangka, emang terdapat beberapa kejanggalan dari kasus ini, guys. Pertama, soal kondisi jenazah di TKP. Biasanya, kalau ada korban meninggal karena keracunan, bakalan ada sisa muntahan di sekitaran situ. Tapi yang ini nggak ada, clear. Terus, waktu ketiga jenazah mau diautopsi, si Dhio sempat nolak nggak mau padahal keluarga yang lain udah setuju. Tapi yha tetep dilangsungkan dong proses autopsinya. Makanya dari sini polisi udah merasa janggal, dan polisi pun dari situ keep an eye on him.

Now, let’s get you up to speed on: Laksamana Yudo Margono

Calon Panglima TNI tahun ini.
Iya, guys. Jabatan Panglima TNI yang sekarang diduduki Jenderal Andika Perkasa bakal segera digantikan. Nah Senin kemarin, DPR RI pun udah menerima Surat Presiden yang isinya nama calon Panglima TNI baru pengganti Jenderal Andika, guys. So everybody, meetLaksamana Yudo Margono.

Background pls. 
Ok. Jadi sebelumnya kamu harus tahu dulu nih bahwa Panglima TNI saat ini, Jenderal Andika Perkasa tuh bakalan masuk masa pensiun per 21 Desember nanti, guys. Karena udah pensiun, of course jabatannya sebagai Panglima TNI yang menaungi semua TNI mulai dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara kudu digantikan sama orang lain dong. Adapun sesuai peraturan perundang-undangan, pengganti Panglima TNI ini adalah orang yang ditunjuk Presiden dan harus dapat persetujuan DPR. Sesuai peraturan juga, DPR punya waktu 20 hari buat kasih lampu ijo terkait penunjukan ini dan kalau misalnya nggak approve, Presiden kudu kasih nama baru lagi sebagai penggantinya. Tapi kalau misalnya nggak ada jawaban dari DPR, Presiden berhak langsung mengangkat orang itu sebagai panglima dan berhentiin panglima yang lama. Gitchuuu….

Okay….
Nah kali ini, penunjukan itu dilakukan Presiden Joko Widodo dengan mengirimkan suratnya ke DPR RI diwakili oleh Menteri Sekretariat Negara, Pratikno. Dalam surpres itu, Presiden Jokowi menunjuk Kepala Staff Angkatan Laut, Laksamana Yudo untuk jadi The Next Panglima TNI  Surpres itu kemudian diterima langsung oleh Ketua DPR, Puan Maharani. Merespons hal ini, Mbak Puan menyebut surpres ini bakal ditindak lanjuti dengan Komisi I Bidang Pertahanan dan Komisi lain yang terkait, salah satunya adalah menggelar fit and proper test untuk Laksamana Yudo hari ini dan menggelar rapat paripurna untuk persetujuannya besok, guys.

Now skim me his CV….
Sure. Laksamana Yudo adalah pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, dan merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut tahun 1998. Memulai karier militernya sejak saat itu, udah banyak banget jabatan penting yang beliau emban, guys, Mulai dari Komandan Lanal Tual, Komandan Lanal Sorong, Komandan Satkat Koarmatim, Satkor Koarmatim, Panglima Komando Lintas Laut Militer, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan di tahun 2019. Kariernya mencapai puncak di tahun 2020, beliau diangkat jadi Kepala Staf Angkatan Laut aka KSAL. Eh nggak sampai situ, Laksamana Yudo juga ditunjuk sebagai Panglima TNI tahun ini.

But why him ya?
To answer this question, Menteri Sekretaris Negara Pratikno sih bilangnya emang nggak ada nama lain yang jadi opsinya Presiden Jokowi. Laksamana Yudo emang memenuhi syarat, di mana salah satu syarat utama buat jadi Panglima TNI adalah yang bersangkutan harus pernah menjabat sebagai kepala staf either di matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, atau Angkatan Udara. Lebih jauh, Pak Pratikno juga menyebut pertimbangan Pak Jokowi memilih Laksamana Yudo adalah biar ada rotasi matra, guys. Iya, dari Marsekal Hadi Tjahjanto yang berasal dari Angkatan Udara, terus Andika Perkasa dari Angkatan Darat, nah sekarang giliran Angkatan Laut yang naik jadi Panglima. Yha Laksamana Yudo ini.

But with all the things happening in 
TNI….
Banyak PR yang kudu dikerjain yha ehehehe. Kayak masalah di Papua, pembangunan pertahanan di IKN, interoperabilitas antar matra, dan respons strategis di Utara dan Selatan wilayah perairan Indonesia, masalah yang dihadapi otw Pemilu 2024, dan masalah-masalah lain di internal TNI. But the thing is, kalau disetujui naik jadi Panglima TNI, Laksamana Yudo juga bakalan punya waktu yang singkat since beliau bakalan pensiun per November 2023 nanti. That being said
Advertisement
, pengamat dan pakar militer bilang Laksamana Yudo tuh nggak boleh kebanyakan janji, ntar ditagih publik jadi susah sendiri, katanya gitu.

Eheheheh pasti ditagih dong. 
Lebih jauh, pengamat militer dan pertahanan, Khairul Fahmi bilangnya kalau naik jadi Panglima TNI, Laksamana Yudo cukup fokus melanjutkan kerjaan-kerjaan yang sebelumnya udah ada dari jaman Jenderal Andika, tapi belum tuntas aja. Selain itu, Khairul juga menyebut yang penting panglima TNI tuh kudu kuat secara manajerial dan bisa mikir strategically, bisa ngebangun komunikasi sosial termasuk in terms of diplomasi pertahanan. Pokoknya yang bisa bawa Tentara Republik Indonesia to world class army lah.

Ok beliau gantiin Jenderal Andika, yang gantiin beliau di AL siapa?
Nah soal itu juga. Sama kayak penetapan Panglima TNI, jabatan Kepala Staff mau itu angkatan darat, laut, dan udara juga ditentukan oleh Presiden, guys. Adapun dalam konteks ini, yang kita tunggu adalah orang yang bakal ditunjuk Pakde sebagai KSAL menggantikan Laksamana Yudo. Yang gantiin ini adalah jenderal bintang tiga atau berpangkat Laksamana Madya atau Letjen (Mar) kalau asalnya dari kesatuan marinir. Nah sekarang, di Angkatan Laut ada sembilan perwira TNI yang memenuhi kriteria itu guys, yang usianya di range 55-57 tahun, secara TNI tuh pensiunnya 58 kan. Mulai dari Laksamana Ahmadi Heri Purwono, Laksamana Herru Kusmanto, sampai Laksamana Nurhidayat. Let’s see siapa yang akhirnya ditunjuk Jokowi ygy.

Ok anything else I should know?
Btw ngomong-ngomong soal Laksamana Yudo Margono, perhatian netijen juga nggak terlepas dari sang istri, Veronica YulisFun fact is Veronica adalah anggota aktif kepolisian dengan pangkat AKBP dan bertugas di Badan Pemeliharaan Keamanan Polri. Tapi meskipun begitu, di tengah kesibukannya di kepolisian, Bu Veronica tetep aktif di kegiatan TNI AL, beliau juga devoted dalam tugasnya sebagai Ketua Umum Jalasenastri. Jadi yhaa selalu dukung misua, guysss.

When things are getting worse in Ukraine…

Since winter is coming…
Iya guys, buat kamu yang wondering, invasi Rusia ke Ukraina masih berlangsung. Dan kali ini invasinya bikin Perserikatan Bangsa-Bangsa aka PBB khawatir banget, karena winter is coming, dan infrastruktur energi di Ukraina banyak yang rusak akibat gempuran Rusia.

So?
So, banyak warga Ukraina yang harus survive tanpa listrik, penghangat even tanpa air. Hal ini tentu bahaya banget gengs, karena tanpa listrik yang bisa menyalakan heater, maka warga juga bakal beresiko mengalami kedinginan. Dalam keterangan resminya, juru Bicara PBB Stephane Dujarric bilang bahwa kondisi di dua wilayah Ukraina Selatan, yakni Kherson dan Mykolaiv tengah berada dalam status kritis karena terputusnya akses energi tadi.
 
Hiks… go on. 
Selanjutnya, Dujarric bilang bahwa ada sekitar 250ribuan orang di Mykolaiv yang mengalami terbatasnya akses atas pemanas, air dan listrik. Hal ini ditemukannya saat melakukan kunjungan ke dua kota tadi untuk memantau langsung sikon di sana. Meanwhile di Kherson, suasana juga ngga jauh beda di mana warga ngga hanya kekurangan akses listrik, namun juga berbagai kebutuhan dasar.
 
🙁 Terus gimana?
Masih dari laporan PBB tadi, kelompok relawan udah mulai menyalakan generator untuk mengembalikan listrik di Mykolaiv supaya winter-nya ngga parah-parah banget. Kalo di kota Kherson sendiri, banyak warga yang minta dukungan dari pihak berwenang buat memenuhi kebutuhan dasar mereka, khususnya pasca serangan Rusia minggu lalu yang juga membuat akses air bersih di sana jadi makin terbatas.
 
Rumit.
Iya, emang paling bener perangnya udahan ygy. However, so far para donor udah ngasih bantuan sebesar US$3,1 miliar buat Ukraina lewat PBB. Tapi, pendanaan itu masih lebih banyak diperlukan lagi, terutama selama musim dingin.
 
Got it. Anything else?
Suasana di Ukraina emang makin mencekam guys, khususnya karena musim dingin yang udah mulai datang dan diperkirakan bakal memunculkan salju tebal di sejumlah wilayah. Terus, diperkirakan medan tempur yang dingin dan berlumpur juga bakal memperlambat upaya Ukraina dalam ngerebut wilayah di timur dan selatan. Atas berbagai kesulitan ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menyebut bahwa Rusia emang sengaja memanfaatkan musim dingin sebagai senjata pembunuhan massal.

When you’ve been using the word of Gaslighting for so many context…

It is the word of the year 2022
Serius. Di era Jaksel where kalau ngomong suka campur-campur bahasa Inggris-Indonesia (kayak kita gini, ups), kamu pasti udah nggak asing sama berbagai istilah kayak social butterfly, playing victim, guilt tripping, sampai gaslighting.
 
Bahkan nggak jarang kita pake sehari-hari sama anak tongkrongan kan kata-kata itu?
 
“Gue cape banget ngadepin orang playing victim kayak lo” atau
 
“Lo tuh hobinya emang gaslighting mulu ya?”
 
Dan masih banyak lagi penggunaan kata-kata ini di berbagai konteks ygy,
 
Nah seiring dengan seringnya kata-kata ini digunakan, rupanya orang juga banyak yang cari tahu arti/makna kata-kata ini, guysAnd that’s what happened specifically to Gaslighting.
 
Secara kalau playing victim atau guilt tripping, masih bisa diartiin secara literal kan, dan masih nyambung-nyambung aja kalau disangkutin ke konteks obrolan. Tapi kalau gaslighting?
 
Makanya banyak orang yang cari tahu arti kata gaslighting ini di kamus, guys. Banyak banget. Meriam Webster Dictionary bahkan mengungkap pengguna mereka meningkat secara signifikan dan yang dicari tahu mostly yha arti kata gaslighting ini. Beneran ada yang nyari setiap harinya sepanjang tahun 2022 ini.
 
Makanya gaslighting yang artinya The psychological manipulation of a person, usually over an extended period of time, that causes the victim to question the validity of their own thoughts, perception of reality, or memories and typically leads to confusion, loss of confidence and self-esteem, uncertainty of one’s emotional or mental stability, and a dependency on the perpetrator ini dinobatkan sebagai Word of the year 2022 deh.
 
Barengan sama Top 5 lainnya mulai dari oligarch, omicron, codify, sampai queen consort.

“Tetap semangat pak, I love you.”
 
Wiwww ada-ada aja guys kejadian di negeri +62 ini. Jadi, kata-kata di atas adalah isi dari surat seorang cewek yang nge-fans sama Ferdy Sambo, namanya Syarifah Ima Syahab yang turut hadir dalam sidang lanjutan terkait pembunuhan Brigadir Joshua Hutabarat di PN Jaksel kemarin. Jadi mba ini sempet bikin heboh gara-gara doi nyamperin Sambo yang lagi mau istirahat sidang demi ngasih bantal dan surat. Pasalnya, area yang dimasuki si mba adalah area steril yang cuma boleh diakses petugas. Mbaknya mengaku, doi ngefens sama Sambo karena sangat membela sang istri.
 
….

Announcement

Thanks to Someone for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
Are you a heavy caffeine drinker? Read this first.
Advertisement