PBB Khawatir Invasi Rusia ke Ukraina di Musim Dingin

220

When things are getting worse in Ukraine…

Since winter is coming…
Iya guys, buat kamu yang wondering, invasi Rusia ke Ukraina masih berlangsung. Dan kali ini invasinya bikin Perserikatan Bangsa-Bangsa aka PBB khawatir banget, karena winter is coming, dan infrastruktur energi di Ukraina banyak yang rusak akibat gempuran Rusia.

So?
So, banyak warga Ukraina yang harus survive tanpa listrik, penghangat even tanpa air. Hal ini tentu bahaya banget gengs, karena tanpa listrik yang bisa menyalakan heater, maka warga juga bakal beresiko mengalami kedinginan. Dalam keterangan resminya, juru Bicara PBB Stephane Dujarric bilang bahwa kondisi di dua wilayah Ukraina Selatan, yakni Kherson dan Mykolaiv tengah berada dalam status kritis karena terputusnya akses energi tadi.
 
Hiks… go on. 
Selanjutnya, Dujarric bilang bahwa ada sekitar 250ribuan orang di Mykolaiv yang mengalami terbatasnya akses atas pemanas, air dan listrik. Hal ini ditemukannya saat melakukan kunjungan ke dua kota tadi untuk memantau langsung sikon di sana. Meanwhile di Kherson, suasana juga ngga jauh beda di mana warga ngga hanya kekurangan akses listrik, namun juga berbagai kebutuhan dasar.
 
🙁 Terus gimana?
Masih dari laporan PBB tadi, kelompok relawan udah mulai menyalakan generator untuk mengembalikan listrik di Mykolaiv supaya winter-
Advertisement
nya ngga parah-parah banget. Kalo di kota Kherson sendiri, banyak warga yang minta dukungan dari pihak berwenang buat memenuhi kebutuhan dasar mereka, khususnya pasca serangan Rusia minggu lalu yang juga membuat akses air bersih di sana jadi makin terbatas.
 
Rumit.
Iya, emang paling bener perangnya udahan ygy. However, so far para donor udah ngasih bantuan sebesar US$3,1 miliar buat Ukraina lewat PBB. Tapi, pendanaan itu masih lebih banyak diperlukan lagi, terutama selama musim dingin.
 
Got it. Anything else?
Suasana di Ukraina emang makin mencekam guys, khususnya karena musim dingin yang udah mulai datang dan diperkirakan bakal memunculkan salju tebal di sejumlah wilayah. Terus, diperkirakan medan tempur yang dingin dan berlumpur juga bakal memperlambat upaya Ukraina dalam ngerebut wilayah di timur dan selatan. Atas berbagai kesulitan ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menyebut bahwa Rusia emang sengaja memanfaatkan musim dingin sebagai senjata pembunuhan massal.
Advertisement