Mantan PM Pakistan Ditembak Ketika Konvoi

26

When things are heating up in Pakistan…

Their ex-Prime Minister, Imran Khan just got shot.
Yup, he just got shot in the leg, waktu doi lagi mimpin protes menentang pemerintah pada Jumat kemarin.

Geez…. How come? 
Oke, jadi kejadiannya waktu Khan lagi mimpin konvoi ribuan orang yang dimulai sejak awal pekan lalu, dari Lahore ke ibu kota Islamabad. Nah, konvoi itu sendiri maksudnya buat ngedesak pemerintah federal Pakistan agar menggelar pemilu lebih cepat. Ehhh tiba-tiba ada serangan dari dua orang bersenjata yang akhirnya menewaskan satu orang dan 10 lainnya terluka. Otomatis, serangan itu bikin politik Pakistan makin panas, apalagi sejak Khan lengser pada April lalu.

Go on…
Khan sendiri hanya tertembak di bagian kaki dan kondisinya sih udah stabil. Tapi, dalam serangan yang sama ada seorang warga yang meninggal dunia dan lainnya terluka akibat serangan itu. So far sih, masih belom ada penjelasan resmi soal motif serangan tersebut, tapi sekutu Imran Khan bilang kalo itu tuh upaya pembunuhan. Dari serangan tersebut, ada dua pelaku penembakan, di mana yang satu ditembak mati dan satu lagi ditangkap otoritas setempat. Menurut laporan satu pelaku menggunakan pistol dan satu lagi menggunakan senapan otomatis.

Tell me more. 
Nah, Menteri Informasi Marriyum Aurangzeb bilang kalo satu pelaku udah ditahan. Tapi surprisingly, pelaku bilang kalo tujuan doi emang cuma buat ngebunuh Imran Khan. Jujurly, serem abis.. Dia juga bilang kalo Khan itu cuma menyesatkan orang-orang dan karena hal itulah, dia nekat buat melakukan serangan itu. Dari video yang beredar, katanya sih dia marah karena konvoi yang dipimpin Khan itu memicu keributan saat azan. Tapi, dia juga bilang kalo dia cuma sendirian, tanpa ada yang bantuin. Sementara kan ada satu lagi pelaku yang udah ditembak mati tuh, tapi pihak kepolisian masih belom kasih penjelasan resmi soal itu.

Terus ?!? 
Imran Khan sendiri sih nuding kalo dalang dari serangan itu si Shehbaz Sharif, alias PM penggantinya. Khan bilang kalo Sharif mendalangi serangan itu bareng sama Mendagri Rana Sanaullah dan seorang komandan senior tentara. Khan bilang kalo mereka bertiga emang pengen ngebunuh dia. Khan juga bilang kalo lawan-lawannya itu pengen nuduh dia menodai agama, tapi nantinya bakal nyalahin ekstremis agama karena membunuhnya. Tapi, soal ini sendiri pemerintah udah ngebantah tudingan dari Khan. Pemerintah bilang kalo upaya pembunuhan dilakukan oleh ekstremisme agama.

Anything else? 
Fyi, sebenernya Imran Khan ini dilarang maju dalam pemilu dan dilarang jadi anggota parlemen sampe lima tahun ke depan. Pengumuman dari KPU itu ditolak oleh partai Khan, Partai Tehreek-e-Insaf (PTI). Akhirnya Partai Khan nyuruh masyarakat buat unjuk rasa di jalan-jalan, sebagai tanggapan atas keputusan Komisi Pemilihan Umum tadi.