Kontroversi World Cup Qatar 2022, Roberth Rouw Tertawakan Kepala BMKG Saat Gempa, Booster 2 Sudah Bisa Digunakan Warga Indonesia, Rabu Jadi Hari Libur Nasional di Arab

48

Hello

Rise and shine. Welcome to Thursday where weekend is just a day away. So hang in there. Today we’ll talk to you about the controversies surrounding the World Cup, further updates on gempa, fourth booster and some winning celebration. Scroll down!

When the football szn has started…

It is full of controversies.
Yep guys, if you are into football, kamu pasti ngeh bahwa Piala Dunia Qatar 2022 saat ini lagi bergulir. Nah, despite rame-rame maskot yang lucu, pertandingan seru, dan stadion yang super megah, kamu harus tahu nih bahwa sebenernya banyak banget kontroversi atas penyelenggaraan World Cup Qatar tahun ini.

Really?
Yep, dimulai dari dipilihnya Qatar sebagai tuan rumah sejak 12 tahun lalu yang menuai pro dan kontra. Waktu itu, di tahun 2010, FIFA menganugerahkan turnamen tersebut untuk digelar di Timur Tengah, which is kalo sesual jadwal maka turnamennya akan diselenggarain pas musim panas. Namanya musim panas apalagi di gurun gitu, tentu suhunya bisa panas banget, yakni melebihi 40 derajat celcius. Hal ini kemudian menuai pro dan kontra khususnya dari negara-negara Eropa.
 
Go on…
Terus di tahun 2015, FIFA ngerekomendasiin agar Qatar jadi tuan rumah Piala Dunia untuk waktu yang lebih singkat, dan di bulan-bulan yang lebih dingin around November dan Desember. Tapi, yang jadi pertimbangan adalah bentrok sama liga-liga utama Eropa. In the end, ini jadi pertama kalinya buat Piala Dunia dipindahin dari slot regulernya which is Juni-Juli, ke bulan November. Jadi dari mulai timingnya aja udah huru-hara gitu guys.
 
Tell me more. 
Persoalan lainnya adalah masalah dugaan korupsi. Penyelenggara Piala Dunia 2022 udah ngebantah tuduhan dari Departemen Kehakiman AS soal dugaan suap yang dibayarkan buat penentuan tuan rumah, 12 tahun lalu. Namun tetap muncul kecurigaan dan desas-desus sejak pemungutan suara di tahun 2010, ketika eksekutif FIFA memberikan slot Piala Dunia dari Rusia ke Qatar. Terkait dugaan ini, CEO Qatar 2022 Nasser Al Khater sampe bilang ke media kalo negaranya diperlakukan dan diawasi secara nggak adil selama beberapa tahun.
 
Terus soal kesejahteraan buruh migran…
Masalah lainnya adalah soal kritik dari kelompok hak asasi manusia atas perlakuan Qatar terhadap pekerja migran yang merupakan salah satu kelompok populasi terbesar di sana. Jadi kalo menurut laporan Amnesty International, hak-hak pekerja yang membangun berbagai infrastruktur pildun itu ngga cuma terpinggirkan, tapi juga udah dilanggar. Mulai dari ditahannya gaji mereka, sampe sikon kerja yang ngga aman aka berbahaya. Atas dugaan ini, pemerintah Qatar menjelaskan bahwa sistem perburuhannya masih dalam proses. Mereka juga membantah tuduhan yang bilang kalo ribuan pekerja migran di sana terjebak dan dieksploitasi.
 
Now on: LGBT dan Hak Perempuan.. 
Isu LGBT udah pasti illegal di negara Muslim yang masih konservatif itu. Makanya, sejumlah pemain sepak bola agak khawatir soal supporter mereka yang bakal dateng ke acara tersebut, apalagi mereka yang merupakan kaum LGBT. Tapi, penyelenggara Piala Dunia sih berulang kali bilang kalo everyone could come. Terlepas dari orientasi dan latar belakang seksual mereka, siapa aja boleh dateng ke turnamen tersebut. Eh tapi tiba-tiba, dua minggu banget sebelum putaran final digelar, Khalid Salman, duta Piala Dunia Qatar bilang kalo homoseksualitas itu merupakan kerusakan pikiran. Bahkan, dia bilang kalo siapa pun yang dateng ke Qatar harus bisa terima aturan di sana.
 
Terus soal alkohol.. .
Piala Dunia Qatar ini akan menjadi yang pertama kalinya digelar di negara mayoritas Muslim dengan kontrol ketat soal alkohol. Buat turnamen kali ini, Qatar bahkan melarang penjualan bir di stadion. Hal ini kemudian jadi tantangan tersendiri buat pihak sponsor dan penyelenggara, khususnya yang didukung sama produsen bir.
 
Anything else? 
David Beckham, yang jadi Duta Piala Dunia Qatar ternyata juga dikritik sama banyak pihak. Menurut kelompok hak asasi, perannya jadi Duta tuh nggak fair dan kurang sportif, gara-gara dapet bayaran yang gede.

When Bawah Meja is being the highlight….

Due to the latest earthquake.
Ok. Jadi Gempa Cianjur yang kerasa getarannya sampai Jabodetabek tuh kan sampai sekarang masih jadi headline di mana-mana ygy. Nggak terkecuali ibu bapak di DPR RI yang lagi rapat bareng…. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika aka BMKG waktu gempa terjadi. Nah pas ini, berbagai macam sifat dan sikap manusia pun muncul di situ, guys.

Sikap gimana?
Well jadi gini ceritanya. Waktu gempa yang terjadi Senin siang kemarin itu, masyarakat kan pasti lagi melakukan berbagai aktivitas yah. Termasuk bapak ibu wakil rakyat ini. Mereka juga lagi qerja rapat membahas masalah negara, guys. Adapun salah satu rapat yang digelar adalah antara Komisi V bersama BMKG, BNPB, dan Basarnas membahas masalah kebencanaan yang akhir tahun ini banyak banget terjadi di Tanah Air. Nah waktu Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw buka rapatnya, then the earthquake happened di mana getarannya kerasa sampai Senayan, pas di tempat mereka rapat.

Ya ampun….
Nah sebagaimana orang yang udah punya knowledge terkait mitigasi bencana gempa, Kepala BMKG, Bu Dwikorita Karnawati yang hadir di situ langsung reflek berlindung di balik meja dong.  Orang-orang juga udah mulai panik kan di situ. Tapi belom pada masuk ke bawah meja, dan ada satu yang masih santuy duduk di kursinya. Yep, Pak Roberth Rouw, yang bahkan sempat ketawa-ketawa lucu gitu terus nge-joke, “Ini BMKG bikin gempa ini hahahaha.”

HAH GIMANA?

Iya beliau bilang gitu guys, terus nggak lama Bu Rita take the lead kan ngomong di mic supaya semuanya berlindung di bawah meja. Pak Roberth selaku pimpinan rapat pun akhirnya nyuruh orang-orang yang ada di ruangan itu buat ikut arahan Bu Rita, Kepala BMKG, buat masuk ke bawah meja. Nah one thing caught his attention is, selain Bu Rita, pihak BMKG yang lain, BNPB, sama Basarnas tuh nggak ada yang berlindung di bawah meja juga. Kontras banget sama sikap Bu Rita. Hal ini kemudian dikomenin sama Pak Roberth.

Apa katanya?
In his words, Pak Roberth bilang, “Ini lihat ini. Harus ikut Kepala BMKG. Kepala Basarnas belum ikut, Kepala BMKG udah duluan masuk meja.” Cuman yha gitu, karenaa udah kepalang panik (Iyalah namanya gempa), Bu Rita took the mic lagi buat langkah evakuasi dan rapat pun di-skors sama Pak Roberth. Nah sikap Pak Roberth ini ternyata diliat-liat lagi dinilai nggak tepat, guysMeanwhile, Pak Roberth-nya sendiri bilang dia ketawa karena emang nggak tahu kalau ada gempa kudu berlindung di bawah meja. Jadi kayak menertawakan diri sendiri dan temen-temennya sesama anggota dewan gitu deh, guys.

HMMMM…
Makanya di situ beliau juga menyampaikan mitigasi bencana mulai dari what to do and how we do it kalau lagi ada gempa either itu di bangunan tinggi atau di bangunan rendah tuh penting bukan cuma buat masyarakat tapi juga buat anggota DPR. Karena menurut beliau, hal ini tuh penting buat keselamatan anggota DPR. “Ini menjadi suatu catatan kita, ketua untuk juga sampaikan kepada Pamdal kita di DPR ini untuk ketika gempa seperti apa, supaya tenaga ahli, sekretariat di gedung DPR ini tahu seperti apa yang harus dilakukan,” katanya

Okay. Anyone saying anything?
Ada. Tindakan Pak Roberth Rouw tadi ini kan dinilai kurang tepat sama banyak pihak ygy. Nah merespons hal ini, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut nggak ada unsur kesengajaan dalam tindakan tersebut. Sebatas spontan aja, gitu. Karena emang jarang banget lagi rapat terus tiba-tiba masuk ke kolong meja despite itu emang SOP dalam mitigasi bencana. Makanya nggak perlu diperpanjang. “Intropeksi, agar tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini,” katanya gitu. Pak Robeth juga nggak diberi teguran, secara itu ranahnya Mahkamah Kehormatan Dewan aka MKD. Speaking of MKD, Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman bilangnya hal itu emang spontanitas Pak Roberth Rouw. Jadi kalau dianggap nggak pas dan nggak sesuai protokol, beliau cukup minta maaf aja karena nggak semua orang paham protokol situasi gempa, katanya.

Got it. Anything else?
Again, buat kamu yang sehari-hari ada di gedung tingkat tinggi, penting banget untuk kamu tahu kalau sebaiknya nggak usah keluar ketika lagi ada gempa ygy. Cukup berlindung di bawah meja atau lainnya buat melindungi kepala kamu dari apa aja yang bisa jatuh dari atas. Kalau kamu lagi deket sama daratan, then go cari tempat lapang. Oya, dari tadi talking about gempa Cianjur, saat ini udah tercatat 271 orang meninggal, sedangkan 151 orang masih dinyatakan hilang. Angka ini masih bakal terus di-update since pencarian dan proses evakuasi juga masih terus dilakukan.

When you need another shot but not your caffeine.

Covid Vaccine.
Aka Booster Pt. II
 
Yoi. Kemarin banget nih, Kementerian Kesehatan resmi kasih approval buat warga negara Indonesia supaya bisa dapatin vaksin Covid-19 booster kedua aka dosis keempat seiring dengan resiko Covid yang sekarang makin concerning ini, guys.

Wait, dosis keempat???
Well, dari jaman Covid-19 Circa Maret 2020 (see where we are today? Ehehehe), Corona virus tuh emang disebut lebih rentan terhadap sekelompok orang. Yep, orang itu adalah orang dengan komorbid aka penyakit bawaan dan para lansia. Dan as we all know yang namanya vaksin tuh terbukti ampuh banget buat mencegah Covid-19, guys. Mulai dari dosis pertama, kedua, sampai dosis ketiga aka booster.  Makanya untuk lebih melindungi kelompok rentan ini, in the midst of berbagai subvarian yang ribet banget spelling-nya itu lol, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akhirnya memberikan izin terkait pemberian vaksin dosis booster kedua alias dosis keempat buat para lansia yang rentan ini.

Oh wow. 
Adapun vaksin booster kedua ini sebelumnya ditujukan buat nakes aja, dan udah dapat izin edar dari BPOM. Sekarang baru boleh go public kan dengan catatan sasarannya ke kelompok lansia tadi. Nah yang harus di-clarify adalah yang dimaksud lansia di sini tuh orang-orang dengan usia di atas 60 tahun, guys. Kalau yang di bawah itu belum boleh. Terus, yang mau vaksin booster kedua ini juga kudu harus vaksin booster pertama dulu minimal enam bulan sebelumnya. Pemberian vaksinnya pun disesuaikan sama booster pertamanya kemarin. Ada ketentuannya gitu.

Bentar deh. Booster pertama aja tuh belom semuanya dapet nggak si?
That’s why. Disampaikan oleh Jubir Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, dengan dirilisnya booster kedua ini, percepatan vaksinasinya tuh bisa berjalan beriringan barengan sama yang primer satu, dua, dan booster pertama. Pelaksanaanya pun merata di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, masyarakat jadi nggak punya alasan lagi kenapa nggak booster. Toh semuanya udah ada berjalan beriringan, kelar dosis primer kedua, lanjut cus booster kalau udah tiga bulan. Buat lansia yang udah booster pertama, bisa langsung cus booster kedua, gitu.

I see. Anything else?
Fyi dengan adanya berbagai subvarian Covid-19 sekarang ini, itu virus Corona emang makin ganas bikin antibodi tubuh kita semakin melemah tau, guys. Ditambah mobilitas masyarakat yang sekarang udah most likely back to normal akhirnya bikin Covid-19 say hello again deh. In that sense, epidemiolog Dicky Budiman juga sangat amat merekomendasikan vaksin either itu booster pertama atau booster kedua supaya orang-orang juga semakin terproteksi dari ini penyakit.

Who’s celebrating football to the fullest?

Yang baru aja menang atas Argentina di Piala Dunia 2022. Atas kemenangan yang ngga disangka-sangka ini, pihak kerajaan KSA resmi mengumumkan hari libur nasional pada Rabu (23/11). Jadi guys, sebagai salah satu tim underdog di Piala Dunia 2022, banyak yang ngga nyangka ketika Arab Saudi berhasil menang dengan skor 2-1 dari salah satu jagoan Argentina. Hasil inipun dirayakan dengan jor-joran oleh pihak istana kerajaan Bin Salman, salah satunya dengan memberikan hari libur yang berlaku buat semua karyawan di sektor publik dan swasta. Terus, seluruh pelajar di sekolah yang berada di Arab Saudi juga kedapetan libur. Iri banget nggak, sih?
 
Kemenangan Arab Saudi jadi momen yang super mengejutkan sih buat semuanya. Soalnya, setelah ini, tim mereka jadi punya peluang buat lolos ke babak 16 besar. Arab Saudi sendiri sekarang nempatin puncak klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin. Sementara Argentina, harus pasrah atas kekalahannya.
 
Sebenernya, ini bukan pertama kalinya suatu negara ngumumin hari nasional buat warganya atas kemenangan di Piala Dunia.
 
Pemerintah Kamerun sebelumnya pernah nerapin hari libur nasional juga ketika timnya ngalahin Argentina dan menang 1-0 di Piala Dunia 1990.

“You won’t win”
 
Wowww gitu guys kata bek Arab Saudi Ali Al-Bulayhi ke kapten Argentina Lionel Messi ketika kedua negara bertanding di gelaran Piala Dunia 2022 pada Selasa waktu setempat. Dalam pertandingan bersejarah yang dimenangkan oleh Arab Saudi dengan skor 2-1 itu, ternyata Al-Bulayhi bilang bahwa Messi ga bakal menang, dan emang pertandingan berakhir dengan kemenangan Arab Saudi.
 
Now everybody,  please welcome… football drama(s)

Announcement

No one bought us coffee today 🙁 
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
Been doing intermittent fasting? Find out about these studies first.