Kebakaran Di Gedung Balai Kota Bandung

26

When fire is being the headlines….

This time, in Bandung.
Setiap hari adaaaa aja kejadian di negeri +62 ini ygy. Kalau kemarin yang kita omongin tuh banjir which is sama dengan waternow let’s talk about fire aka kebakaran yang terjadi kemarin di salah satu gedung di Balai Kota Bandung, Jawa Barat.

WHAT???
Iya, tepatnya di Gedung Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan yang letaknya ada di Kompleks Balai Kota Bandung. Ceritanya tuh gini, guys. Ada seorang saksi mengungkapkan bahwa api awalnya mulai keliatan dari lantai dua gedung itu pagi-pagi jam 10, terus orang-orang di sana juga udah mulai teriak, “Api! Api!” gitu kan. Heboh lah, panik evakuasi turun ke bawah semuanya. Sementara api di atas udah makin menjalar sampai atap juga udah mau tumbang.

Terus terus?
Padahal waktu itu Pak Walikota Yana Mulyana juga lagi rapat, guys di ruangan beliau yang cuman berjarak 100 meter dari titik api. Makin panik lah di situ. Rapat langsung dibubarin, Kang Yana dan jajarannya serta pegawai lain juga langsung menyelamatkan diri. Untungnya nggak ada korban dalam kejadian ini, guys. Cuman seluruh dokumen termasuk komputer nggak bisa diselamatkan.

Penyebabnya apa sih?
Well, disampaikan oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung, sampai saat ini penyebab kebakaran ini belum bisa dipastikan. Masih harus diperiksa dulu di Laboratorium Forensik, katanya. Tapi bersamaan dengan pemeriksaan itu, pihaknya juga sambil olah TKP dan memeriksa saksi-saksi buat dimintai keterangan. Fyi di gedung itu kan emang lagi ada pemeliharaan di bagian atapnya yah, jadi sejauh ini polisi mengamankan tiga orang, termasuk di antaranya si pekerja bangunan ini, sama staf juga ada.

I see. Anyone saying anything?
Yep. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga ikut menyampaikan rasa prihatinnya. Apalagi when it comes to Gedung Bapelitbang, Kang Emil tuh punya story-nya sendiri di mana Bandung Planning Gallery yang ada di bawah titik kebakaran tuh didesain sama Kang Emil langsung, guys. Lebih jauh, Kang Emil bilangnya sih beliau nggak tahu itu Bandung Planning Gallery kena juga apa enggak, tapi harusnya sih enggak since lantainya beton, katanya gitu.

Anything else?
Remember Walikota Bandung Yana Mulyana dan jajarannya lagi pada meeting waktu kejadian? Yep, disampaikan langsung oleh Kang Yana, mereka rupanya lagi rapat sama Dewan Pengupahan Kota Bandung membahas perubahan Upah Minimum Kota aka UMK. Cuman yha gitu, belum sampai ke kesimpulan, eh udah ada asap. Jadi rapatnya belum selesai. Fyi UMK Kota Bandung tahun 2022 tuh ada di angka Rp 3.774.860. Let’s see akan jadi berapakah UMK Kota Bandung dan kota-kota lain di tahun depan.