Kasus Covid-19 Kembali Naik PPKM Diperpanjang

30
Aturannya masih sama aja kan?
Yep, terkait aturan sih most likely masih sama aja, gengs. Segala kantor, tempat ibadah, mal, transportasi umum, dan fasilitas publik tuh boleh beroperasi dengan kapasitas maksimal aka 100% pake akses di aplikasi PeduliLindungi. Terus buat cafe dan restoran juga udah boleh beroperasi pake kapasitas maksimum sampai jam 10 malam atau sampai jam 2 dini hari kalau yang bukanya baru di malem. Nah kalau sekolah, berdasarkan Surat Keputusaan Bersama 4 Menteri, which is Mendikbud Ristek, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, sekolah cukup melakukan Pertemuan Tatap Muka terbatas aja, guys. Sedangkan sisanya melalui pembelajaran jarak jauh.

Noted….
Nah makanya dengan adanya PPKM ini, pemerintah berharapnya orang-orang bisa balik aware lagi sama Covid-19, prokesnya dikencengin lagi, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dimaksimalkan lagi, dan vaksinasi dosis ketiga aka booster ditingkatkan lagi. Secara dari berbagai data, angka vaksinasi booster tuh emang masih rendah banget, guys. Belum sampe 30% bahkan. Padahal jenis vaksin buat booster tuh udah lebih beragam dan masyarakat most likely bisa milih mereka maunya vaksin jenis apa. Mulai dari Pfizer, Moderna, dll. Bahkan, ada juga vaksin ori buatan dalam negeri yang kemarin banget nih baru keluar izin edarnya. So everybody, meet: Vaksin Merah Putih.

Have heard of it a lot…
Yep, nama vaksin Merah Putih ini emang udah nggak asing, guys. Secara vaksin ini emang udah dikembangkan dari lama sama tim dari Universitas Airlangga. Nah setelah proses produksi selesai, Vaksin Merah Putih atau yang juga dikenal sebagai Vaksin Inavac ini kan akhirnya didaftarkan oleh PT Biotis Pharmaceutical Indonesia ke BPOM buat izin edarnya kan. Izin edar darurat buat vaksin ini akhirnya keluar kemarin, guys. Penny Lukito, Kepala BPOM bilangnya gini: “Badan POM mengikuti bagaimana perjuangannya dari awal. Mudah-mudahan ke depan proses produksi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami kawal tentunya,” katanya gitu. Vaksin Merah Putih ini pun akan segera didistribusikan ke seluruh Indonesia.


Anything else?
Btw dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia dan PPKM yang diperpanjang lagi, most likely kita harus nge-hold dulu berbagai skenario mengenai peralihan Covid-19 dari pandemi jadi endemi. Kementerian Komunikasi dan Informatika sampai saat ini juga terus mewanti-wanti warga supaya nggak nyebar hoax dan nggak termakan hoax di ruang digital yang super bebas ini. Yep, selain fokus di laju penularan Covid-19 yang kudu ditekan, segala konten-konten hoax terkait Vaksin dan Covid-19 secara umum juga harus ditekan, gengs. So if the time has come, peralihan dari pandemi ke endemi juga jadi lebih efektif.