Jembatan Di Gujarat India Ambruk

28

Who’s making the headline in India?

The bridge. 
Yep, Minggu (30/10) kemarin, jembatan di Gujarat, to be exact di barat India, ambruk hingga menewaskan 132 orang. Parahnya, ini jadi salah satu insiden paling mematikan di India, for the past recent years. 

Tell me what happened. 
Jadi, semuanya bermula ketika jembatan penyeberangan di atas Sungai Macchu dipenuhi sama wisatawan lokal yang emang lagi JJS alias jalan-jalan santai, enjoying their weekend. Apalagi, ini juga bertepatan sama liburan perayaan Diwali. Saking banyaknya pengunjung, jadi ratusan orang memadati jembatan di saat yang bersamaan, sampe akhirnyaaa BREK.. ambruk pukul 18.40 waktu setempat. Sebenernya, sebelum kejadian, video yang beredar di media sosial udah nunjukkin kalo jembatan itu udah goyang-goyang sejak siang hari.

GEEZ. 
Saksi mata bilang kalo banyak anak-anak yang ada di atas jembatan saat insiden terjadi. Video yang beredar di sosmed juga menunjukkan terjadinya kekacauan saat para pengunjung yang berada di tepi sungai teriak histeris waktu jembatannya putus. Mereka juga berusaha buat ngebantu nyelametin korban sebisa mereka. Apalagi, waktu kejadian kan hari juga udah mulai gelap, bikin kondisinya makin chaos.
 
Kok bisa sih? 
Walaupun otoritas berwenang belom ngumumin penyebab resminya, tapi menurut berbagai sumber, salah satu kemungkinan terbesarnya adalah karena kelebihan muatan. Ditambah lagi, usia jembatan ini udah 100 tahun guys. Terus juga sebenernya jembatan ini sempet ditutup buat renovasi selama enam bulan, bahkan baru dibuka lagi pekan lalu, tapi ya tetep aja hal ini bisa terjadi.
 
How are the victims?
Salah seorang korban yang berhasil selamat dan lagi dirawat di rumah sakit, Siddikbhai bilang kalo kondisinya kacau banget. Doi sendiri ngaku bahwa dia kesulitan buat lari nyelametin diri. Terus, saksi mata lainnya, seorang penjual teh di sana bilang kalo dia trauma banget usai kejadian. Dia ngeliat sendiri gimana orang-orang bergelantungan dan teriak minta tolong. Apalagi ketika dia lihat ada ibu-ibu yang lagi hamil gede, ikut jadi korban.

🙁
Terus Polisi, militer dan tim tanggap bencana langsung dikerahkan dalam upaya penyelamatan. So far, ada lebih dari 177 orang yang udah berhasil diselamatkan. Menurut laporan, ada sekitar 400 orang yang berada di atas jembatan saat ambruk. PM Narendra Modi sih udah komen langsung terkait berita ini dan bilang kalo dia ikut sedih soal tragedi yang terjadi. Apalagi, tragedi ini terjadi nggak lama setelah tragedi Itaewon. So, pihak berwenang pun berjanji buat menyelidiki kejadian ini.

Anything else? 
FYI guys, jembatan yang dikenal sebagai Julto Pool ini emang udah jadi situs popular buat wisatawan di kawasan tersebut. Jembatan sepanjang 230 meter ini dibangun pas masa penjajahan Inggris di abad ke-19. Sooo, no wonder usianya udah 100 tahun lebih.