Hujan & Banjir Bandang di Jeddah, Saudi Arabia

238

When the rain is pouring everywhere..

Now it’s in Jeddah, Saudi Arabia. 
Jeddah dan daerah sekitarnya dilanda hujan dan banjir bandang yang disertai guntur dan kilat. Akhirnya, dua orang meninggal dunia akibat bencana itu.
 
What just happened? 
Jadi, pada Kamis (24/11), hujan deras melanda Jeddah selama hampir enam jam nonstop sejak pukul 8 pagi. Kalo menurut Pusat Meteorologi Nasional (NCM), hujan dengan intensitas 179 mm terjadi di Jeddah selama dari pukul 08.00 sampe 14.00 hingga mengakibatkan dua orang tewas dan beberapa orang sempat terperangkap dalam kendaraan.
 
Go on. 
Selain aktivitas dan kegiatan terganggu, penerbangan dan lalu lintas juga terganggu selama beberapa jam karena jalan raya utama tergenang air. Penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz juga ditunda dan Tol Haramain dan sejumlah jalan utama juga ditutup selama beberapa jam. Terus, lalu lintas di Jalan Tol Makkah-Jeddah di kedua arah juga terganggu selama berjam-jam.
 
And then? 
Walikota dan Badan Meteorologi sih udah ngumumin soal keadaan waspada dan mengimbau warga buat nggak keluar rumah selama hujan. Soal penanganan korban, Juru Bicara Pertahanan Sipil Kolonel Muhammad al-Qarni bilang bahwa unit gawat darurat dan keterlibatan sejumlah lembaga buat nanganin kasus darurat. Perenang dari Jeddah Civil Defense 
Advertisement
juga ikut nyelametin banyak pengendara yang terjebak di terowongan King Abdullah Road yang tergenang air.
 
And the government takes the action.. 
Walikota Jeddah juga udah mengambil berbagai langkah demi ngatasin banjir. Mulai dari pengeringan kubangan air sampe pembuangan limbah dari sejumlah lokasi yang dilakuin sama kelompok kerja yang tersebar di 16 cabang kota dan 13 pusat dukungan.
 
Anything else? 
This reminds us about what happened in Jeddah, 25 November 2009. Waktu itu 122 orang tewas dan 3 ribu kendaraan hanyut atau rusak akibat banjir. Itu jadi banjir paling parah di Jeddah dalam 27 tahun.
Advertisement