Hubungan Erat Antara Sepak Bola & Pendukungnya

44

Who’s more loyal than your boyfriend?

Pendukung bola di mana pun emang nggak main-main deh, guys. Termasuk di Indonesia. Nggak cuma loyal sama klub bola idola mereka, atau pemain favorit mereka, tapi hubungan antar supporter juga emang nggak bisa disepelein. And you know what? Indonesia masuk tiga besar negara di Asia yang masyarakatnya paling gila soal sepak bola. Menurut survei terbaru dari Nielsen, Lembaga riset dan penelitian di bidang informasi global, minat publik Indonesia soal sepak bola menempati tempat ketiga di Asia. Itu berdasarkan hasil survei pada periode 2019-2021 dan Januari-April 2022. Indonesia cuma ada ada di bawah dua negara, yakni di posisi pertama ada Vietnam dan kedua Uni Emirat Arab.
 
Setelah itu, negara ASEAN lain yang juga masuk top 12 adalah Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Ini artinya Asia tuh emang punya market yang gede banget soal sepak bola. Bahkan, bisa ngalahin Brasil, Spanyol dan Inggris. Dari survei yang sama, Piala Dunia juga jadi tontonan paling diminati, yaitu 34% populasi dunia. Terus diikuti sama Liga Champions Eropa dan Piala Eropa.
 
Tapi ternyata, nggak semua fans sepak bola aktif di sosmed pas lagi mantengin pertandingan. Kalo soal ini, yang menang sih China, Brasil, India dan AS. Jadi, kalo kalian fans klub bola apa nih, guys?