H-1 KTT G20 di Indonesia

26

Here we are, at H-1 of…..

Konferensi Tingkat Tinggi G20 Indonesia.

Yup, guys. When G20 is counting the days to the main summit on 15-16 November 2022. Beneran H-1, guys.


Remind me, what is it?
 Jadi, KTT puncak dari G20 itu diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November mendatang. Buat kalian yang skip, jadi KTT G20 merupakan pertemuan puncak para pemimpin negara anggota G20, yang terdiri dari negara-negara dengan ekonomi maju dan berkembang di dunia untuk meeting buat ngebahas banyak isu global. Adapun isu-isu yang dibahas mulai dari perubahan iklim, transisi energi, situasi geopolitik, dan masih banyak lagi.

Then, who is coming?
Dari 20 negara anggota G20, 17 negara yang udah mengonfirmasi bakal dateng. So pasti, Presiden Jokowi sebagai tuan rumah dan penyelenggara ygy. Terus, ada Presiden AS Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, PM Kanada Justin Trudeau, PM Inggris Rishi Sunak, PM Italia Giorgia Meloni, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Arab Saudi Mohammed bin Salman, Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, Presiden Argentina Alberto Fernandez, PM Australia Anthony Albanese, PM India Narendra Modi, Presiden Afsel Cyril Ramaphosa, PM Jepang Fumio Kishida, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Uni Eropa Chrales Michel.

I think someone is missing… 
Of course yang udah ditunggu-tunggu kabarnya yang jelas Presiden Rusia Vladimir Putin nggak hadir secara fisik dan hanya diwakili sama Menteri Luar Negerinya, Sergei Lavrov.  Nggak cuma Rusia, Presiden Meksiko dan Brasil juga nggak hadir secara langsung ke Bali. Terus yang dari kemaren heboh diomongin, Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina juga mengkonfirmasi dia hadir secara virtual aja, guys. Melalui undangan Presiden Joko Widodo selaku penyelenggara. For context, Ukraina sendiri emang bukan bagian dari G20.

What are the preparations?
 
Yang jelas langkah pengamanan di KTT G20 Bali udah super ketat, guys. Sekitar 14.351 personel TNI juga dikerahkan buat pengamanan ini. Wilayah Nusa Dua sendiri juga penjagaannya udah super ketat, dan cuma orang-orang yang punya akses aja yang bisa masuk. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sendiri juga bilang kalo persiapan KTT di Bali udah 99,9% sih, gengs.

Let’s dive in deeper, what are the main topics? 
Jadi, ada tiga poin utama dari presidensi G20 yang dipegang Indonesia. Yang pertama, penguatan arsitektur kesehatan global. Agenda ini ditetapkan setelah adanya pandemi COVID-19. Selanjutnya ada soal transformasi digital. Ini jadi solusi tama dari perekonomian di kala pandemi. Terus yang ketiga, ada soal transisi energi, demi mewujudkan masa depan berkelanjutan dan menangani perubahan iklim secara nyata.

Terus, manfaat presidensinya buat Indonesia apa aja, sih?
Manfaatnya ya jelas banyaaak banget. Tapi yang jelas kalo manfaat di bidang ekonomi, terbukti dari peningkatan devisa negara. Kalo di bidang politik, KTT G20 bisa menghasilkan banyak kerjasama antar negara dan pihak-pihak lain. Terus sementara di bidang pembangunan ekonomi dan sosial berkelanjutan, itu jadi nunjukkin kalo Indonesia tuh open for business dan jadi ngebuka investasi di Indonesia juga. Kalo yang pasti sih, Presidensi G20 juga ningkatin sector pariwisata, perhotelan, transportasi, ekonomi kreatif sampe UMKM lokal.

Anything else? 
Since jalan-jalan udah diperketat untuk kedatangan para delegasi. Aturan ganjil genap buat kendaraan roda empat akhirnya diberlakukan di Bali. Aturan ini sih diberlakukan di sejumlah titik, terutama rute menuju Nusa Dua. Walaupun nggak ada tilang yang diterapkan, tapi kalo kendaraannya nggak sesuai sama aturan ganjil genap yang pasti bakal disuruh buat puter balik. Sooo, buat kalian yang mungkin lagi pada healing di Bali, coba deh cek-cek soal aturan lalu lintas ini.